Hotline 081331333840
Informasi lebih lanjut?
Home » Religi » Haji » Kisah Warsini, Tukang Bubur Naik Haji

tukang bubur naik hajiMasih ingat sinetron Tukang Bubur Naik Haji? tayang tiap hari dan digemari masyarakat, sinetron yang dibintangi Mat Solar, Uci Bing Slamet, Nani Wijaya, dan sederet artis lainnya  memiliki episode hingga  2.185. Berkisah tentang sosok Sulam (Mat Solar), yang bekerja sebagai penjual bubur ayam keliling, karena kesabaran, ketekunan dan  kebiasaan menabung, cita-citanya naik haji akhirnya terlaksana. Cerita nyata dialami oleh Warsini (60) jemaah haji asal Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kisah Perjuangan Warsini Tukang Bubur Naik Haji

Kisah perjuangan Warsini untuk naik haji ke Tanah Suci tidaklah mudah, butuh waktu bertahun-tahun untuk menabung dari hasil jualan bubur. Sejak muda ia merantau dari tanah kelahirannya di Kediri Jawa Timur ke Balikpapan. Setelah suaminya berhenti sebagai karyawan perusahaan sementara anak-anaknya masih kecil, Warsini memutuskan berjualan bubur kacang ijo, bubur ketan item, dan bubur sumsum dibantu suami. 

Sejak muda, Warsini, tukang bubur naik haji ini sudah bercita-cita ingin naik haji. Bertahun-tahun dia menyisihkan penghasilannya lalu ditabung. “Sehari-hari saya jualan bubur kacang ijo, bubur ketan item, bubur sumsum, saya yang jualan, suami bantu-bantu. Dulu suami pernah kerja di perusahaan, sudah berhenti, sementara anak masih kecil-kecil,” ungkap Warsini saat ditemui di sela pelepasan jamaah pertama pulang ke Tanah Air. 

Penghasilan jualan bubur

“Penghasilan dari jualan bubur tak tentu, tapi setiap harinya saya sisihkan untuk nabung pergi haji, cita-cita saya sejak muda, pergi haji. Lama nabungnya, tapi saya  tetap sabar,” ucapnya.

Ibu beranak tiga dan sudah memiliki cucu ini sejak  memulai usahanya sudah mencanangkan program Jumat Berkah. Pada hari-hari biasa harga setiap porsi buburnya dihargai Rp7.000,00, maka setiap Jumat menjadi Rp5.000,00. Ia pun menggratiskan buburnya bagi orang yang ingin makan bubur tapi tidak punya uang.

“Setiap Jumat saya punya program Jumat berkah, saya turunkan harga jualannya, di hari biasa saya jual Rp7.000,00 setiap Jumat jadi Rp5.000. Jumat berkah ini sudah saya lakukan sejak memulai usaha ini. Saya cari berkahnya dengan menurunkan harga jualan saya,” ujar wanita tukang bubur naik haji yang selalu melafalkan kalimat syukur saat berbincang.

“Saya juga sering memberi bubur gratis pada yang  mau bubur tapi ngga punya uang, saya kasih, saya ikhlas sekali, yang saya cari kan tabungan nanti di akhirat, yang penting ikhlas, itu kuncinya,” kata Warsini tukang bubur naik haji yang tinggal di wilayah Muara Jawa Balikpapan.

Ia mengaku, di setiap Jumat ia terkadang mendapat pesanan bubur dari dari perusahaan-perusahaan yang  berada di sekitar tempat ia jualan. “Perusahaan tahu Jumat berkah itu, sehingga banyak pesan untuk karyawannya, jumlahnya nggak tentu, 50-100 porsi. Alhamdulillah senang, disyukuri saja,” terang Warsini yang ketiga anaknya melanjutkan pendidikannya hingga perguruan tinggi.

Saat Pelaksanaan Ibadah Haji

Selama melaksanakan rangkaian ibadah haji, ia merasa dimudahkan, semuanya berjalan lancar. Ketika di Arafah ia merasakan panas, tapi hal serupa juga dialami jemaah lainnya, Saat bermalam di Mina dan melempar jumrah, Warsini dan suaminya tidak menemui kendala, seluruhnya berjalan lancar, dan terakhir saat tawaf Ifadah.

“Saat lempar jumrah dan tawaf Ifadah, seluruhnya alhamdulillah lancar,” katanya. 

Menurutnya, saat pertama kali melihat Ka’bah, ia mengaku bahagia, haru, sedih dan bersyukur. Tidak banyak doa yang ia langitkan pada Tuhan saat itu. 

“Sedih, senang, bersyukur, ya Allah. Doa saya, hanya minta sehat, minta rezeki yang berkah, dan minta ke sini lagi sama anak, cucu, menantu, doa saya begitu saja, sama dengan doa yang dipanjatkan saat di Arafah,” kata Warsini, tukang bubur naik haji yang menunggu haji selama 12 tahun.

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Desa Wisata Jepang

Desa Wisata Indah di Jepang, Wajib Dikunjungi

19 Mei 2023 575x Jepang, Travel

Punya kesempatan liburan ke Jepang? Jangan hanya menghabiskan waktu dan uang di pusat kota seperti Tokyo saja. Wisatawan wajib tahu bahwa masih banyak daerah di Negeri Sakura yang luar biasa indah. Misalnya beberapa desa wisata yang akan dibahas berikut ini. Selain jauh dari hiruk pikuk hingga sorot lampu kota yang berkilau, sejumlah desa di Jepang... selengkapnya

pisa

Pisa: Menikmati Arsitektur dan Budaya di Kota Ikonik Eropa

25 Mei 2023 332x Budaya, Eropa, Photography, Sejarah, Travel

Pisa adalah salah satu destinasi wisata paling terkenal di Eropa, terletak di wilayah Tuscany, Italia. Kota ini menawarkan kekayaan sejarah, arsitektur yang menakjubkan, dan budaya yang memikat. Di tengah-tengah kota ini terletak Menara Pisa yang ikonik, yang menarik ribuan wisatawan setiap tahunnya. Namun, Pisa memiliki lebih banyak daya tarik wisata yang l... selengkapnya

Dubai Desert

Dubai Desert Safari, Memacu Adrenalin di Gurun Dubai

17 Oktober 2022 445x Travel

Selama ini Dubai menjadi negara impian para traveler. Selain sebagai kota metropolitan, Dubai juga menawarkan sederet atraksi wisata bertabur kemewahan, mulai dari Burj Khalifa yang merupakan gedung tertinggi di dunia, The Palm Jumeira yang mewah, hingga pasar tradisional yang memanjakan mata. Segala kemewahan Dubai seolah menjadi ikon dari kota Uni Emirat A... selengkapnya

Our Office

Dreamholidays.co.id
Jl.Dewi Sartika No.3 Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
E-mail : dreamholidays.co.id@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Minggu (08:00 – 22:00) WIB

PT. Kangmas Global Travelindo

Dreamholidays.co.id merupakan salah satu brand dari biro perjalanan wisata yaitu PT. Kangmas Global Travelindo.

Nomor Induk Berusaha : 9120203100972

Hubungi Kami :

Hot Line :

Admin 1 : 081230661206

Admin 2 : 081331333840

Office : 0341-3381284
email : dreamholidays.co.id@gmail.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.