Beranda » Pantai » Pantai Phra Nang

Phra Nang

Di Thailand, tepatnya di wilayah yang menjadi bagian dari semenanjung Railay terdapat sebuah pantai yang memiliki pemandangan menakjubkan. Nama pantai tersebut adalah Phra Nang. Di sana terdapat sebuah gua yang dijadikan sebagai tempat pemujaan bagi putri laut Phra Nang. Di dalam gua yang terbentuk dari ceruk batu karang itu terdapat sebuah altar pemujaan bagi sang putri yang juga dipercaya sebagai dewi kesuburan kuno. Konon gua itu merupakan tempat bersemayamnya sang putri.
Phra Nang Cave Beach merupakan pantai yang memiliki pasir pantai yang halus dan air sebening kristal, pantai ini merupakan pantai yang ideal untuk berjemur dan berenang. Di dekat Phra Nang Cave Beach terdapat Gua dan Lagoon Phra Nang yang menawarkan pemandangan yang luar biasa yang dilatar belakangi dengan Karst yang menjulang tinggi, yang dapat dijadikan hiking trails bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualang.
Menurut legenda yang dikutip Atlas Obscura, Phra Nang adalah seorang putri India yang tewas ketika kapalnya terdampar di pantai Railay. Sementara versi legenda yang lain menyebutkan kalau Phra Nang adalah istri seorang nelayan yang hilang di tengah laut.
Konon Phra Nang menunggu sang suami yang sedang berlayar untuk menangkap ikan. Tetapi suaminya tak kunjung kembali, hingga Phra Nang sendiri kemudian lenyap ditelan ombak ganas. Masyarakat setempat percaya jiwa Phra Nang kemudian bangkit kembali sebagai putri laut.
Sejak itu para nelayan di sekitar daerah tersebut rutin memberikan sesaji dan persembahan di gua Phra Nang agar mereka diberkahi keselamatan saat berlayar di laut. Persembahan ini biasanya berupa lingga, ukiran patung berbentuk kelamin pria yang menjadi simbol Dewa Siwa.
Menurut situs Thaizer, hingga saat ini area sekitar gua dipenuhi dengan lingga-lingga ini. Para wanita pun ikut memberikan persembahan untuk memohon berkah kesuburan kepada sang putri laut berkisah tragis.

Tips berwisata

1. Waktu terbaik mengunjungi Krabi adalah antara November dan April untuk menghindari cuaca yang tidak menentu. Hindari bulan Januari dan Februari karena biasanya turun hujan lebat dan bisa mengakibatkan banjir.
2. Jangan buang sampah sembarangan
3. Bawalah kamera yang bagus karna spot fotonya sangat bagus
4. Pilihan penerbangan dengan waktu sekitar 1 jam dari Bangkok ke Krabi dengan menggunakan AirAsia, Thai Smiles ataupun Bangkok Airways seharga mulai 1.000 Baht atau Rp 380.000 sekali jalan.

Fasilitas

1. Toilet
2. Penyewaan perahu
3. Tempat makan
4. Spot diving
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.