Hotline 081331333840
Informasi lebih lanjut?
Home » Religi » Haji » Rombongan Haji Ditolong Jin yang Sholeh dari Rasa Dahaga

jin yang sholehSahabat Nabi yaitu Ali bin Abi Thalib kerap sekali menyinggung mengenai kebajikan soal jin yang sholeh pada momen khutbah Jumat. Ali juga kerap berkata pada jamaah khutbah, “Wahai kalian semua, gemarlah berbuat kebajikan dan ingatlah apa yang telah dilakukan oleh si jin”. 

Kisah Orang Saleh Penuh Hikmah

Diceritakan oleh Imam Ibnul Jauzi dalam buku 500 Kisah Orang Saleh Penuh Hikmah, Muhammad Al Quraisy yang mendengar itu pun berkata pada Al Asytar, “Mari kita pergi menemui Amirul Mukminin untuk menanyakan jin yang dimaksud dan bagaimana ceritanya karena dia sering menyinggungnya”. Al Quraisy dan Al Asytar menemui Ali yang tengah berada di baitul mal. Saat itu juga, keduanya menodong cerita pada Ali tentang kisah jin yang sholeh tersebut. 

Ali bin Abi Thalib juga bercerita bahwa kisah tersebut dialami oleh Malik bin Khuzaim Al Hamad saat sedang menunaikan haji bersama temannya. Hingga suatu ketika, ia berkata pada teman-temannya untuk beristirahat dan tertidur. 

Mereka semua terbangun ketika mulai terbit. Lantas, mereka beranjak menuju ke hewan yang ditunggangin masing-masing dan mulai berjalan mencari air. Di tengah perjalanan mencari air, mereka tersesat dan tidak mendapatkannya. 

Jin yang Sholeh

Hingga seekor ular yang disebut jelmaan jin sholeh pun melihat apa yang mereka alami. Lantas ular tersebut menyeru mereka dari atas gunung:

Wahai para musafir, tidak ada di depan kalian hingga kalian memacu tunggangan kalian. Kemudian, berbeloklah ke arah kanan. Disana ada air, sumber mata air yang tawar dan segar air yang bisa menghilangkan kepenatan”. 

Malik bin Khuzaim Al Hamad dan temannya yang mendengar itu pun menuruti apa kata jin tersebut dan berbelok. Apa yang didengar mereka benar, mereka menemukan sebuah sumber mata air menggenang. Lalu, mereka minum dan memberi minum unta-unta mereka dan pergi melanjutkan perjalanan. 

Di tengah perjalanan pulang, tepatnya saat kawanan tersebut sampai di bawah gunung, salah seorang kawan Malik bin Khuzaim Al Hamad berkata, “Wahai Abu Khuzaim, mari kita mengambil air dari sumber mata air tersebut.” Lantas, mereka kembali berbelok menuju ke lokasi sumber mata air tadi. Mereka mendapati air yang mengalir di bawah bebatuan tanpa terkena sinar matahari.

“Hai Malik, semoga Allah memberi balasan kebaikan kepadamu atas jasa baikmu kepadaku. Selamat tinggal dan semoga selamat. Jangan kau segan untuk berbuat kebajikan kepada siapapun. Sesungguhnya orang yang tidak mau berbuat kebajikan maka dia akan terhalang dari memperoleh kebaikan. Aku adalah ular yang telah kau selamatkan dari bahaya. Aku berterima kasih, dan itu adalah sesuatu yang telah ditetapkan siapa berbuat kebaikan, maka dia tidak akan kehilangan hasilnya selama dia masih hidup. Karena sikap mengingkari jasa baik dan tidak tahu berterima kasih adalah sesuatu yang tercela”. 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

tipd berbuka puasa

Tips Berbuka Puasa di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

3 November 2022 317x Haji, Religi, Tips Haji & Umrah, Travel, Umrah

Bagi sebagian orang, menunaikan ibadah umrah pada saat bulan Ramadhan merupakan sesuatu hal yang istimewa. Bagaimana tidak, dibulan yang penuh berkah melimpah, kita bisa merasakan langsung suasana Ramadhan di Kota Rasulullah. Di hari biasa saja banyak umat muslim yang ingin beribadah ke Tanah Suci, apalagi bulan Ramadhan, semua akan berlomba untuk bisa berib... selengkapnya

Umroh

Keistimewaan Melaksanakan Ibadah Umroh di Bulan Ramadhan

31 Oktober 2022 206x Haji, Religi, Umrah

Umroh di Bulan Ramadhan Ibadah umroh memang memiliki banyak keutamaan. Umroh di bulan ramadhan pun memiliki keutamaan tersendiri dan terasa istimewa jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Melaksanakan ibadah umroh di bulan ramadhan senilai dengan haji bahkan seperti bersama nabi SAW. Dari Ibnu Abbas RA, beliau berkata bahwa Rasulullah SAW pernah berta... selengkapnya

Prancis

Tips dan Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Prancis

15 Mei 2023 228x Eropa, Travel

Prancis adalah negara yang memiliki banyak tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi. Beberapa destinasi wisata populer di Prancis antara lain: Menara Eiffel Menara Eiffel adalah salah satu ikon paling terkenal di dunia dan menjadi destinasi wisata utama di Prancis. Tinggi menara ini mencapai 324 meter ini menawarkan pemandangan yang luar biasa dari kota P... selengkapnya

Our Office

Dreamholidays.co.id
Jl.Dewi Sartika No.3 Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
E-mail : dreamholidays.co.id@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Minggu (08:00 – 22:00) WIB

PT. Kangmas Global Travelindo

Dreamholidays.co.id merupakan salah satu brand dari biro perjalanan wisata yaitu PT. Kangmas Global Travelindo.

Nomor Induk Berusaha : 9120203100972

Hubungi Kami :

Hot Line :

Admin 1 : 081230661206

Admin 2 : 081331333840

Office : 0341-3381284
email : dreamholidays.co.id@gmail.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.