Beranda » Adventure » Kashmir, Surga Bumi Yang Tersembunyi di India

KashmirBerlibur ke India dan pergi ke Taj Mahal atau Agra sudahlah biasa. Namun pernahkan anda berlibur ke India dan pergi ke dataran tinggi yang penuh dengan salju? Jika anda ingin merasakannya maka pergi Kashmir adalah jawabannya. Kashmir sendiri merupakan negara bagian dari India yang terbagi menjadi 3 wilayah yaitu Jammu, Kashmir, dan Ladakh. Lokasinya yang berada di ketinggian dan dekat dengan Pegunungan Himalaya menjadikan Kashmir ini berbeda dengan wilayah lain, daerah ini memiliki suhu udara yang dingin sehingga membuat Kashmir dijuluki sebagai Swiss nya India. Tertarik untuk berkunjung ke Kashmir? Berikut adalah daftar tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi.

 

  • Indira Gandhi Tulip Garden

Tempat wisata yang satu ini cocok untuk anda yang suka menikmati pemandangan alam dengan bunga-bunga yang cantik. Di tempat ini terdapat taman rekreasi yang dipenuhi dengan Bunga Tulip. Hamparan kebun dengan bunga yang berwarna-warni ini tentunya dapat memanjakan mata setiap pengunjungnya. Jumlah bunga tulip nya yang banyak dapat menjadikan kebun bunga ini spot foto yang banyak digemari pengunjung. Terlebih lagi kebun bunga ini dikelilingi oleh pegunungan yang akan menambah keindahan foto anda. Karena lokasinya yang ada di pegunungan maka tentunya para wisatawan dapat merasakan sejuknya udara saat berkunjung ke taman ini.

 

  • Jamiq Mosque

Selain kenampakan alam yang menakjubkan mata, di Kashmir para wisatawan juga dapat berwisata religi nan syahdu. Salah satunya adalah pergi ke Jamiq Mosque. Saking populernya, masjid ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan muslim saja, namun wisatawan non muslim juga banyak yang berkunjung ke masjid Jamiq ini. Masjid ini dikenal sebagai masjid terbesar yang ada di Kashmir serta mampu menampung ribuan jamaah sekaligus. Jamiq Mosque mampu menarik perhatian banyak mata karena selain untuk beribadah masjid ini juga memiliki desain yang menawan.

 

  • Shri Amernath Cave Temple

Tempat wisata ini cocok untuk para pecinta olahraga ekstrim. Kuil ini memiliki keindahan alami yang diciptakan oleh alam itu sendiri sehingga semakin menambah keindahan. Amernath Cave ini merupakan gua bawah tanah yang berlokasi di Anatnag, Kashmir. Gua ini memang berada jauh dari pusat Kashmir dengan medan terjal dan sulit. Akan tetapi keindahan pemandangan di gua tersebut membuat perjalanan yang sulit terbayarkan setimpal. 

 

  • Shalimar Bagh

Shalimar Bagh ini cocok untuk para wisatawan yang suka bersantai sambil belajar sejarah. Apakah anda tahu bahwa Shalimar Bagh ini merupakan sebuah taman bersejarah di India. Taman ini berada di pelataran kerajaan dan merupakan peninggalan dari Kerajaan Mughal. 

 

  • Danau Dal

Danau Dal ini adalah tempat wisata yang tidak boleh untuk dilewatkan. Terletak di Srinagar, danau ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Para wisatawan dapat berkeliling area danau dengan menaiki perahu kayu dengan atap kain yang biasa disebut Shikara. 

 

  • Thajiwas Glacier

Tempat ini cocok untuk wisatawan yang hobi mendaki. Berada kurang lebih n3 kilometer dari Kota Sonamarg dan memiliki ketinggian 3000 meter diatas permukaan laut membuat area ini selalu tertutup salju sepanjang tahun. Tidak suka mendaki? Tidak usah khawatir. Para wisatawan dapat pula berkeliling area ini dengan cara menyewa kuda poni untuk sampai di lokasi gletser. 

 

  • Baisaran Hills

Gunung Baisalan juga menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Kashmir. Baisaran Hills atau Bukit Baisaran sering disebut sebagai “mini Swiss” karena memiliki padang rumput hijau yang luas seperti Swiss. Bukit Baisaran adalah sebuah bukit yang indah sekitar 5 km dari Pahalgam. Hutan pinus yang lebat dengan padang rumput hijau yang luas dan pegunungan yang diselimuti salju di sekitarnya tampaknya menjadi kombinasi paling menakjubkan yang bisa Anda lihat. Ada juga camping area yang merupakan rest area bagi para pendaki yang ingin menuju ke Danau Tulian.

 

  • Betaab Valley

Wisata yang dapat dikunjungi selanjutnya adalah Lembah Betaab. Awalnya lembah ini dikenal dengan nama Hagan Valley atau Hagoon, namun kemudian orang banyak mengenalnya dengan nama Betaab Valley karena kawasan ini digunakan sebagai lokasi syuting salah satu film Bollywood yang terkenal yaitu Betaab. Lembah ini berada sekitar 15 kilometer dari Pahalgam, Distrik Anantnag, Kashmir. Disini para wisatawan akan disaksikan dengan pemandangan rumput nan hijau serta pegunungan salju di atasnya. Para wisatawan juga dapat menikmati indahnya aliran sungai Lidder dengan air yang jernih dan pepohonan yang mengelilingi sehingga dapat menciptakan suasana yang tenang dan sejuk. 

 

  • Sungai Nilagrad

Sungai ini mengalir dari Lembah Sonamarg dari pegunungan. Nilagrad sangat dihormati oleh masyarakat Kashmir karena dianggap memiliki manfaat serta memiliki kekuatan untuk menyembuhkan. Tahukah anda, sungai ini menyatu dengan Sungai Indus yang dijuluki sebagai sungai terpanjang di dunia.Tentunya sungai ini memiliki aliran dari ketinggian pegunungan menuju pegunungan lain sehingga memiliki air yang sangat jernih dan bersih.

 

  • Gulmarg

Wisata ini cocok untuk para pecinta ski. Terletak di ketinggian 2730 mdpl membuat Gulmarg menjadi salah satu tempat ski yang populer. Gulmarg sendiri berada diantara Karakoram di sebelah utara, Pegunungan Pir Panjal di sebelah selatan dan barat, serta Pegunungan Zanskar di timur. Tidak hanya ski, Gulmarg juga memiliki lapangan golf tertinggi di dunia, hutan cemara, padang rumput, serta gondola tertinggi di dunia. 

 

Itulah 10 destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Kashmir. Banyak tempat tempat indah yang sayang apabila dilewatkan. Yuk segera berlibur ke Kashmir untuk bisa merasakan pengalaman-pengalaman di atas. Kami menyediakan paket tour ke Kashmir yang pastinya memiliki harga terjangkau serta destinasi wisata yang sesuai dengan keinginan anda. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.