Hotline 081331333840
Informasi lebih lanjut?
Home » Religi » Haji » 5 Penyakit yang Harus Diwaspadai Jamaah Haji dan Umrah

PenyakitJamaah haji dan umroh yang akan berkunjung ke tanah suci harus menjaga kesehatannya. Pasalnya, di Kota Makkah dan Madinah biasanya terjadi cuaca ekstrim. Pusat Meteorologi Nasional (NCM) Arab Saudi memperkirakan suhu rata-rata di sana bisa mencapai 42-45 derajat Celcius pada siang hari. Selain suhu, ada berbagai penyakit yang harus diwaspadai jamaah haji maupun umrah. Meskipun Covid-19 saat ini sudah sedikit mereda, namun masih menjadi ancaman. Penyakit tersebut bisa terjadi kepada siapa saja. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengingatkan kepada para jamaah haji dan umroh untuk mewaspadai beberapa penyakit selama menjalankan ibadah di Tanah Suci. Hal ini juga sebagai langkah upaya mencegah angka kematian para jamaah.

Beberapa penyakit yang harus diwasapadai, diantaranya:

  • Heat Stroke

 

Serangan panas atau heat stroke merupakan penyakit yang rawan menyerang di tengah cuaca panas ekstrim. Hal ini terjadi karena saat badan tidak bisa mengontrol suhu tubuh, akibatnya suhu tubuh akan naik cepat sampai 41 derajat celcius dalam kurun waktu 10-15 menit. 

Koordinator Promosi Kesehatan PPIH Bidang Kesehatan dr Edi Supriyatna menyampaikan bahwasannya perbedaan suhu yang ekstrim ditambah dengan kelembaban yang rendah di Arab Saudi dapat menimbulkan potensi dehidrasi bagi jamaah haji. Kondisi ini dapat menimbulkan situasi yang parah yaitu heat exhausted bahkan heat stroke. 

Gejala heat stroke antara lain:

  • Pusing atau sakit kepala
  • Mual
  • Kulit lembab dan dingin
  • Terlihat pucat, terutama di bagian bibir, wajah, telapak tangan atau telapak kaki
  • Nafas lebih cepat dibandingkan biasanya
  • Keluar keringat berlebih
  • Nyeri otot

Asupan mineral yang cukup menjadi kunci penting dalam menjaga jamaah haji tetap terhidrasi dengan baik. Kunci agar tidak dehidrasi adalah mineral loss yaitu harus minum air yang dicampur dengan elektrolit. Fungsi elektrolit adalah bukan sebagai obat diare melainkan sebagai pengganti mineral yang hilang selama menjalankan aktivitas di tengah cuaca yang terik dan minim kelembaban. Mengkonsumsi elektrolit dilakukan dengan mencampurkan 1 sachet oralit dengan 600 ml air. Konsumsi elektrolit dilakukan setelah jamaah haji melakukan aktifitas di luar hotel. 

Jamaah juga diminta untuk minum air 5-6 botol sehari dengan takaran 600 ml air setiap botolnya. Selain itu, para jamaah juga diharuskan menggunakan topi dengan bibir (pinggiran) yang lebar sehingga kepala bisa terhindar dari sengatan langsung. Para jamaah juga harus selalu menggunakan sunblock atau tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan. 

  • Kolera

Kolera adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Beberapa gejalanya berupa air besar encer alias diare, mual dan muntah. Gejala ini bisa timbul pada 8-27 jam setelah terpapar bakteri penyebab kolera. 

  • Influenza

Penyakit gangguan pernapasan yang biasa disebut flu ini menimbulkan beberapa gejala. Gejala yang ditimbulkan yaitu gejala demam, batuk, pilek, nyeri kepala, badan lemas, pegal, dan sakit tenggorokan. Jamaah haji yang beresiko tinggi mengalami penyakit ini adalah mereka yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah. Resiko ini akan menjadi tinggi apabila mereka memiliki penyakit kronis seperti diabetes, infeksi paru kronis, dan penyakit jantung. 

  • Gangguan stres

Menurut Kementerian Kesehatan, jamaah haji maupun umrah bisa saja terserang stres. Hal yang memicu terjadinya stres ini yaitu mereka harus menghadapi suasana dengan lautan manusia yang berbeda budaya dan kebiasaan. Perbedaan cuaca dan antrean panjang juga dapat menyebabkan stres. Belum lagi jika lokasi penginapan jauh dari tempat ibadah. 

  • Meningitis

Jamaah haji maupun umrah biasanya harus disuntik vaksin meningitis ketika ingin berangkat ke Tanah Suci. Meningitis adalah penyakit yang menginfeksi selaput otak dan sumsum tulang belakang. Gejala awalnya yaitu mual, ruam di kulit, muntah, panas mendadak, dan nyeri di kepala. Meningitis bisa ditularkan saat di Tanah Suci karena disana orang-orang dari berbagai negara di dunia bertemu.

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

shinjuku gyoen

Taman Shinjuku Gyoen

24 Juli 2019 466x Creative, Jepang, Photography, Travel

Taman Shinjuku Gyoen Shinjuku Gyoen (新宿 御苑) adalah salah satu taman terbesar dan terpopuler di Tokyo. Taman seluas 58 hektar ini letaknya sangat strategis dan berdekatan dengan Stasiun Shinjuku. Taman Nasional Shinjuku Gyoen ini menyajikan segudang pemandangan indah, anda dapat duduk tenang di bangku taman sambil menikmati sejuknya udara, dan melihat... selengkapnya

Tips Menghilangkan Kecemasan Pada Perjalanan Jamaah Haji

17 September 2022 223x Haji, Religi, Tips Haji & Umrah, Umrah

Mual, pusing dan cemas adalah salah satu penyebab ketidaknyamanan dalam perjalanan, termasuk dengan ibadah haji. Gejala ini menjadi kasus yang sering dialami oleh calon jamaah haji terutama pada saat pesawat terbang (take off) dan mendarat (landing). Sehingga para jamaah dianjurkan mengikuti beberapa aturan tim tenaga kesehatan. Berikut Tips Menghilangkan Ke... selengkapnya

5 Desa Belanda

5 Desa Belanda Yang Wajib Dikunjungi

Selain negara dan perekonomiannya yang maju, Belanda juga memiliki desa-desa bersejarah. Desa-desa ini cantik dan memiliki kisah sejarahnya masing-masing. Tertarik berkunjung? Inilah 5 Desa Belanda yang wajib untuk dikunjungi. Volendam Volendam merupakan desa nelayan kuno yang terletak di IJsselmeer, Belanda. Desa ini menawarkan busana-busana tradisional, ac... selengkapnya

Our Office

Dreamholidays.co.id
Jl.Dewi Sartika No.3 Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
E-mail : dreamholidays.co.id@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Minggu (08:00 – 22:00) WIB

PT. Kangmas Global Travelindo

Dreamholidays.co.id merupakan salah satu brand dari biro perjalanan wisata yaitu PT. Kangmas Global Travelindo.

Nomor Induk Berusaha : 9120203100972

Hubungi Kami :

Hot Line :

Admin 1 : 081230661206

Admin 2 : 081331333840

Office : 0341-3381284
email : dreamholidays.co.id@gmail.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.