Beranda » Religi » Haji » Amalan Sederhana yang Bisa Dilakukan Saat Umrah

Photo by Manprit Kalsi from Pexels: https://www.pexels.com/photo/mosque-1537086/

Bagi mayoritas masyarakat Indonesia yang beragama Islam, pergi umroh merupakan sebuah impian yang ingin segera diwujudkan. Terbukti semakin banyaknya jamaah haji Indonesia yang terus meningkat di setiap tahunnya.

 

Kerinduan akan kehadiran Tanah Suci membuat banyak jamaah yang memutuskan untuk berangkat umroh terlebih dahulu. Ketika berada di tanah suci, kebanyakan dari jamaah akan memanfaatkan waktunya untuk beribadah semaksimal mungkin. Sayangnya, banyak juga jamaah Muslim yang kurang memaksimalkan kegiatan amal saat menjalani umroh. Sepatutnya para jamaah mempunyai rencana dan strategi agar ibadah di tanah suci bisa maksimal.

 

Selain tuntutan dan kegiatan wajib saat umroh, ada pula amal-amal yang seharusnya dimaksimal guna menunjang banyaknya pahala. Ibadah haji merupakan ibadah wajib umat Muslim yang waktunya jatuh di bulan Dzulhijjah.

 

Untuk memaksimalkan ibadah umroh, ada baiknya untuk melakukan kegiatan amalan lain saat menjalani umroh di Arab Saudi. Berikut Amalan Sederhana yang Bisa Dilakukan Saat Umrah

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang.

  • Tersenyum

Siapa sangka kalau tersenyum ini juga masuk dalam jenis amalan sederhana yang bisa kamu amalkan di tanah suci. Mungkin kamu pernah dengar bahwa sebuah senyum dapat dihitung sebagai sedekah. Hal ini diterangkan pada sebuah Hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah.” (Hadits Riwayat At Tirmidzi).

Setelah mengetahui hal ini, tentunya kamu akan sering tersenyum di hadapan orang lain. Jangan lupa untuk juga menyapa mereka. Akan lebih baik juga jika kamu berjabat tangan dan berkenalan dengan jamaah lain di sana. Tapi ada catatan juga lho mengenai hal ini. Berikanlah senyummu hanya pada jemaah yang sesama jenis ya. Saat bertemu lawan jenis, akan lebih baik jika kamu menundukkan pandangan. Karena hal itu juga salah satu amalan sederhana yang bisa kamu amalkan.

  • Membantu Membawakan Barang Bawaan Orang Lain

Selain itu, kamu juga bisa membantu orang lain untuk membawakan barang bawaannya lho. Terlebih jika yang kamu bantu adalah seseorang yang sudah sangat tua. Pastinya apa yang Anda lakukan ini terhitung sebagai amalan baik. Rasulullah SAW bersabda, “Seorang mukmin dengan mukmin yang lain bagaikan sebuah bangunan, satu dengan yang lainnya saling menguatkan.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Musa Al-Asy’ari radhiyallahu’anhu].

Dari Hadits di atas, dapat kita petik bahwa sejatinya sesama muslim seharusnya saling membantu dan saling menguatkan. Oleh karenanya, ringankanlah tangan kamu untuk membantu jemaah yang ada di tanah suci. Setidaknya banyak bantuan yang bisa kamu berikan bagi sesama jamaah umroh di tanah suci. Salah satunya dengan membantu mereka membawakan barang bawaannya. Pada ibadah haji, hal serupa juga berlaku. Salah satu momen yang bisa Anda manfaatkan adalah untuk membantu mengumpulkan batu saat lempar jumroh. Jadi, mereka yang kesulitan mendapat batu akan dimudahkan oleh bantuan Anda. Pastinya hati Anda pun akan senang setelah membantu jemaah lain. 

  • Berdzikir Sepanjang Hari

Berdzikir bisa kamu lakukan di setiap saat. Di sela suapan nasi saat makan, di sela percakapan dengan jamaah lain, di saat Anda tidak melakukan apa-apa, pergunakanlah untuk mengucapkan dzikir. Insya Allah setiap dzikir yang terucap dari lisan kamu akan mendapatkan keberkahan oleh Allah SWT. Namun ingat, ada satu tempat dimana kamu dilarang berdzikir di dalamnya, yaitu di kamar mandi. Makanya, pastikan untuk mawas diri akan situasi dan kondisi ya. 

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang.

 

  • Menghadiri Kajian Keagamaan 

Menghadiri kajian keagamaan atau majelis ilmu yang ada disana juga bisa menambah pundi-pundi amal kamu. Bisa kamu bayangkan, menghadiri majelis ilmu itu pahalanya besar banget, apalagi jika menghadiri majelis ilmu di tanah suci.

  • Menyapa Sesama

Bila tersenyum merupakan makanan, maka menyapa bagaikan minuman. Dua hal yang saling berkaitan ini perlu dipadukan untuk mencari ridha Allah SWT. Dalam kaitannya, kegiatan ini menambah keberkahan dalam mencari pahala. Makkah seakan menjadi saksi atas banyaknya amal yang harus diraih. Menyikapi hal ini, tidak salah rasanya memberikan rasa nyaman dan hangat dengan jamaah lain.

Sumber:

https://pergiumroh.com/blog/amalan-sederhana-yang-dapat-dilakukan-saat-umroh, diakses pada 02 September 2022 pukul 09.13

https://www.tokopedia.com/blog/amalan-umroh-selama-di-tanah-suci/

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.