Beranda » Religi » Haji » Cara Shalat di Pesawat Bagi jamaah Haji dan umrah

Cara Shalat di Pesawat Bagi jamaah Haji dan umrah. Dalam menjalankan ibadah haji dan umrah, jamaah asal Indonesia harus menempuh jarak perjalanan hingga 10 jam dengan pesawat untuk sampai di tanah suci Arab Saudi. lalu bagaimana dengan ibadah shalat mereka saat dalam perjalanan diatas udara? bagaimana mereka melalui waktu-waktu shalat itu? Jama’ dan qasar menjadi pilihan yang tepat untuk tetap melakukan kewajibannya untuk beribadah. Sholat jama’ dan qasar ini merupakan kemudahan yang diberikan oleh Allah SWT kepada umatnya yang sedang bepergian. 

Shalat Jama’

Sholat jama’ adalah mengumpulkan  dua  sholat wajib  untuk dikerjakan  dalam  satu  waktu  yang  sama. Sholat yang dapat di-jama’ adalah shalat Dzuhur dengan shalat Ashar, Maghrib dengan Isya. SHalat jama’ dapat dilakukan dengan dua cara. yakni dengan jama’ taqdim dan jama ta’khir. .

 

Jama’ Taqdim dilakukan dengan cara menggabungkan dua sholat yang dilaksanakan pada   waktu sholat  yang  pertama,  misalnya  sholat Dzuhur dijama’  dengan  sholat  Ashar  dikerjakan  pada waktu   sholat   Dzuhur; atau sholat Maghrib digabungkan  dengan  sholat  Isya  dikerjakan pada waktu sholat Maghrib. 

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi dan pendaftaran kunjungi Andalus Travel Batu Malang.

 

Sedangkan Jama’  ta’khir dilakukan dengan  menggabungkan dua sholat yang  dilaksanakan  pada  waktu  sholat yang   belakangan,   misalnya sholat Dzuhur digabung   dengan   sholat   Ashar   dikerjakan pada  waktu  sholat  Ashar dan sholat  Maghrib digabung dengan sholat Isya’ dikerjakan pada waktu sholat Isya. 

Shalat Qashar

Sholat qashar adalah meringkas sholat dari empat rakaat menjadi dua rakaat (Dzuhur, Ashar, dan Isya). Sholat jama’-qashar adalah praktek menggabungkan  dua  sholat  wajib secara bersamaan  memendekkan rakaat  kedua sholat dari empat  menjadi dua rakaat. Sholat jama’-qashar  dilakukan antara  Dzuhur  dengan  Ashar  atau sebaliknya, dan antara   Maghrib dengan Isya atau sebaliknya. Sholat jama’-qashar dapat dilakukan dengan cara taqdim atau ta’khir.

 

Dengan Jama’ dan Qasar, jamaah haji atau umrah yang sedang menempuh perjalanan di pesawat dapat menunaikan kewajiban mereka dengan shalat berdiri atau duduk. Ketika terdapat ruangan khusus yang disediakan kuhusus untuk shalat di dalam pesawat maka harus dilakukan sambil berdiri. namun jika situasi dan kondisi tidak memungkinkan, maka shalat dapat dilakukan sambil duduk di kursi penumpang.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.