Beranda » Religi » Haji » Dahulukan Umrah Atau Haji?

Dahulukan Umrah atau haji?
Sumber: Photo by Afif Kusuma on Unsplash

Disaat Mendaftar haji harus antri yang mencapai puluhan tahun, apakah boleh mendahulukan umrah?Manakah yang harus kita dahulukan? Dahulukan umrah atau haji? Sebagai Umat islam yang ada di Indonesia, untuk menunaikan ibadah ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dikarenakan ibadah Umrah dan haji ini dilakukan di Makkah dan Madinah. Melihat keadaan calon jamaah haji di Indonesia yang harus mengantri terlebih dahulu dalam waktu yang hampir puluhan tahun, baru bisa menunaikan haji dan berangkat ke tanah suci karena kuota haji terbatas.

Belum lagi adanya kendala lain atau calon jamaah haji tersebut meninggal sebelum sempat berangkat haji, maka beberapa orang menyampaikan pandangan mereka, bahwa hendaknya melaksanakan ibadah Umrah terlebih dahulu.  karena umrah bagi orang yang mampu dan belum pernah melakukannya sekali dalam hidupnya hukumnya wajib. Dan ini merupakan pendapat yg rojih (nampak kuat dan benar) dari sejumlah sahabat Nabi dan ulama sunnah, seperti IbnuAbbas, Ibnu Umar, Jabir bin Abdullah radhiyallahu anhum, imam Asy-Syafi’i, imamAhmad bin Hanbal, imam Al-Bukhari, syaikh Bin Baz, syaikh Ibnu ‘Utsaiminrahimahumullah, dan komite tetap utk urusan fatwa n riset ilmiyah di SaudiArabia. 

Dalil Umrah

Berikut ini kami akan sebutkan beberapa dalil syar’i dan perkataan para ulama sunnah yg menunjukkan wajibnya Umroh: 

Dari Aisyah radhiyallahu anha, ia berkata Aku pernah bertanya, 

“Wahai Rasulullah, apakah para wanita WAJIB berjihad?”

Beliau jawab: 

“Iya, para wanita WAJIB berjihad namun tanpa peperangan didalamnya, yaitu Haji dan Umroh.” (HR. Ibnu Majah no.2901. Hadits inidinyatakan SHOHIH oleh imam An-Nawawi di dlm kitab Al-Majmu’ IV/7, dan syaikhAl-Albani di dlm Shohih Ibnu Majah). 

 

Sehingga, sebenarnya kita sudah dituntun untuk melaksanakan ibadah umrah dan haji tanpa harus bingung untuk mendahulukan yang mana. Hal ini sebenarnya cukup mudah, dari kedua kewajiban bagi umat muslim tersebut maka haji dululah yang harus didahulukan. Tapi beberapa dari kita umat muslim mungkin tidak mengetahui mengapa kita harus memprioritaskan ibadah naik haji di atas umroh. Sebenarnya hal ini sendiri telah dibahas di ayat suci Al-Quran tepatnya di surat Ali Imran ayat 97 yang berisi kurang lebih bahwa mengerjakan haji merupakan kewajiban bagi umat manusia terhadap Allah terutama bagi manusia yang sanggup untuk melakukan ibadah haji ke baitulah dan barang siapa yang mengingkarinya meskipun mampumaka Allah maha kaya.

 

Dari firman Allah pada surat Ali Imran ayat 97 di atas maka bisa diambil kesimpulan atau pengertian bahwa ibadah haji merupakan prioritas utama bagi umat muslim yang mampu untuk mengerjakannya.Tentunya umat muslim tersebut harus mampu secara mental, fisik dan juga keuangan. 

Bisa dahulukan Umrah

Lalu bagaimanakah dengan ibadah umroh sendiri? Apakah wajib untuk kita lakukan?Ibadah umroh tentunya juga wajib untuk kita lakukan apalagi apabila kita mampu untuk melaksanakannya. Terutama di jaman sekarang ini pada saat ibadah haji masih menunggu antrian yang sangat panjang. Maka umat muslim bisa melakukan umroh terlebih dahulu. Ya benar sekali dalam beberapa kondisi pilihan umroh atau haji dulu, kita bisa mendahulukan umroh.

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi dan pendaftaran kunjungi Andalus Travel Batu Malang.

 

Nah apabila saudara ingin melakukan ibadah umrah terlebih dahulu maka saudara akan mendapatkan beberapa keuntungan. Diantaranya saudara bisa melihat gambaran kondisi mengenai situasi di tanah suci. Kemudian jika suatu saat ternyata usia dan takdir tidak memberikan kesempatan untuk melakukan ibadah haji maka setidaknya anda sudah menunaikan ibadah umrah. Akan tetapi perlu diingat apabila ada dua pilihan umroh atau haji dulu. Dan kedua kesempatan itu datang pada anda dimana anda bisa melakukan keduanya maka pilihlah haji terlebih dahulu. Karena itulah salah satu kewajiban dari umat muslim. Atau lebih dahsyat lagi jika anda bisa melakukan Haji Qiran yaitu Hajidan umrah yang anda lakukan bersamaan. haji dulu lalu umrah atau sebaliknya itu lebih hebat lagi.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.