Hotline 081331333840
Informasi lebih lanjut?
Home » Religi » Haji » Eatmarna Solusi Umroh Saat Pandemi
Aplikasi Eatmarna

Sumber: Photo by Pixabay: https://www.pexels.com/photo/facebook-application-icon-147413/

Pandemi ini menjadikan banyak kejadian yang tak terduga dan membuat kita harus terus beradaptasi dan berusaha semaksimal mungkin untuk tetap bekerja dan juga menerapkan protokol kesehatan, terlebih berbagai fasilitas umum di seluruh dunia. Tidak terkecuali bagi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang merupakan tempat dilaksanakannya umroh. Berbagai inovasi aplikasi digital terus dikembangkan, salah satunya aplikasi Eatmarna. Berikut aplikasi Eatmarna Solusi Umroh Saat Pandemi.

 

Aplikasi Sebagai Solusi Bagi Umat

 

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi menerapkan upaya pencegahan untuk menekan risiko penularan COVID-19 pada jamaah. Menghadapi kondisi ini, jamaah yang sedang umroh sekarang bisa pesan tempat sholat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi lewat aplikasi online. Aplikasi ini dinamakan Eatmarna yang tersedia dalam versi Android dan iOS sejak 27 September lalu. Aplikasi ini dan berbagai aplikasi lain yang diluncurkan pemerintah Arab Saudi merupakan aplikasi yang digunakan jamaah saat umroh di tanah suci, sehingga saat ini hanya bisa diakses jamaah yang melaksanakan umroh di tanah suci, dan belum bisa diakses di luar wilayah pelaksanaan umroh. 

 

Aplikasi ini sangat unik, karena memungkinkan jamaah merencanakan umroh selama pandemi. Perencanaan ini termasuk kunjungan jamaah dan tempat (slot) sholat jamaah di masjid suci. Tempat sholat ini diatur karena harus sesuai dengan kapasitas yang tersedia yang disetujui oleh pihak berwenang. Hal tersebut memastikan tersedianya suasana spiritual yang aman, nyaman dan tentunya mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang.

 

“Aplikasi Eatmarna kini dapat digunakan untuk memesan tempat untuk sholat di Masjidil Haram, serta giliran beribadah (slot to pray) di Raudhah, Masjid Nabawi,” tulis Twitter @HaramainInfo dilihat detikcom. Eatmarna ini ditujukan untuk dapat membantu dan memudahkan pengaturan jamaah serta penerapan protokol kesehatan sebagai usaha dari menekan penyebaran COVID-19, seperti jaga jarak antar orang yaitu minimal 1 meter.

 

Aplikasi yang Memberi Perlindungan Berlapis

 

Selain Eatmarna, pemerintah Arab Saudi juga meluncurkan aplikasi lainnya yang bernama Tawakkalna. Aplikasi ini ditujukan untuk jamaah dan pengunjung Masjidil Haram serta Masjid Nabawi yang harus mengisi aplikasi tersebut dengan menyertakan hasil negatif pemeriksaan COVID-19 milik mereka masing-masing.

 

Pengisian aplikasi Tawakkalna ini merupakan bagian dari layanan emergency medical permit (izin kesehatan) yang disediakan oleh Arab Saudi, bagi siapa saja yang mendatangi dua masjid tersebut.

 

Menanggapi mulai dibukanya ibadah umroh oleh Arab Saudi, pemerintah Indonesia melakukan berbagai persiapan. Walau Indonesia belum menerima izin untuk pergi umroh dari pemerintah Arab Saudi di umroh ini, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag sudah mulai menyusun mitigasi risiko penyelenggaraan umroh di masa pandemi. Hal itu dilakukan sebagai bentuk acuan jamaah umroh dari Indonesia.

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang.

 

“Bentuknya bisa Keputusan atau Peraturan Menteri Agama. Kita masih rumuskan, semoga regulasi ini bisa segera selesai,” terang Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim dalam keterangan tertulis yang dikutip detikcom. Lebih lanjut, ia mengungkapkan pihaknya juga akan memprioritaskan para jamaah umroh yang telah tertunda sejak Februari kemarin. Sebab, ada sekitar 36 ribu jamaah yang tertunda keberangkatannya padahal telah melakukan pembayaran ke Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

 

“Jika memang Indonesia diizinkan, prioritas kami memberangkatkan jamaah umroh yang tertunda sejak 27 Februari, karena kebijakan Saudi menutup akses masuk,” sambungnya. Dalam acara yang sama, Staf Ahli Menag Bidang Manajemen Komunikasi Oman Fathurahman mengatakan bahwa rancangan tersebut bisa menjadi bekal kesiapan haji bila berhasil dijalankan. “Sukses mitigasi penyelenggaraan umroh di masa pandemi akan berpengaruh pada kesiapan mitigasi haji tahun depan. Jadi mitigasi ini bisa menjadi bekal mitigasi penyelenggaraan haji,” papar dia.

 

Sumber:

https://pergiumroh.com/blog/berbagai-inovasi-aplikasi-digital-untuk-solusi-umroh-saat-pandemi

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Munich

Munich, Menikmati Keindahan Sejarah di Jantung Jerman

24 Mei 2023 346x Eropa, Travel

Munich, ibu kota Bayern, merupakan destinasi wisata yang menakjubkan di Jerman. Kota ini memiliki segalanya, mulai dari keindahan arsitektur bersejarah hingga kehidupan malam yang meriah. Dengan berbagai atraksi menarik dan festival terkenal, Munich adalah tempat yang sempurna untuk liburan yang tak terlupakan. Inilah mengapa Munich menjadi tujuan favorit ba... selengkapnya

Serbia

Serbia: Memperkaya Liburan Anda dengan Mengunjungi 7 Tempat Wisata Menakjubkan di Serbia

5 April 2024 27x Eropa, Sejarah

Memperkaya Liburan Anda dengan Mengunjungi 7 Tempat Wisata Menakjubkan di Serbia Serbia, sebuah negara yang kaya akan sejarah, budaya, dan keindahan alam yang menakjubkan, menjadi destinasi liburan yang menarik bagi para pelancong. Dari kota-kota bersejarah hingga pegunungan yang memukau, Serbia memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada para pengunjung. Ji... selengkapnya

Kebiasaan yang Dilarang di Tanah Suci, Calon Jamaah Harus Berhati-hati

Kebiasaan yang Dilarang di Tanah Suci, Calon Jamaah Harus Berhati-hati

6 September 2022 211x Haji, Religi, Tips Haji & Umrah, Umrah

Lain ladang, lain belalang, lain tempat lain budaya dan aturan kebiasaan suatu tempat atau negara. Saat ini, masih banyak jamaah haji Indonesia yang lupa bahwa ada kebiasaan dan aturan yang berlaku di tanah suci. Berikut penjelasan Kebiasaan yang Dilarang di Tanah Suci, Calon Jamaah Harus Berhati-hati.   Misalnya salah satu jamaah asal Bekasi Jawa Barat... selengkapnya

Our Office

Dreamholidays.co.id
Jl.Dewi Sartika No.3 Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
E-mail : dreamholidays.co.id@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Minggu (08:00 – 22:00) WIB

PT. Kangmas Global Travelindo

Dreamholidays.co.id merupakan salah satu brand dari biro perjalanan wisata yaitu PT. Kangmas Global Travelindo.

Nomor Induk Berusaha : 9120203100972

Hubungi Kami :

Hot Line :

Admin 1 : 081230661206

Admin 2 : 081331333840

Office : 0341-3381284
email : dreamholidays.co.id@gmail.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.