Hotline 081331333840
Informasi lebih lanjut?
Home » Australia » Fakta dan Sejarah Sydney Opera House

Sydney Opera HouseApabila anda mendengar nama Australia maka Sydney akan langsung terlintas di pikiran anda. Seperti yang telah kita tahu,  di Sydney terdapat bagunan ikonik yang telah lama berdiri. Ya, apalagi kalau bukan Sydney Opera House. Bangunan yang bersejarah ini telah menjadi suatu ikon yang wajib dikunjungi apabila seseorang datang ke Sydney. Bangunan ini memiliki bentuk yang unik hingga nilai sejarah yang tinggi. 

Banyak sekali fakta unik serta sejarah berdirinya bangunan ini. Yuk, mari kita bahas!

Desain Hasil Sayembara

Dari segi arsitektur, bangunan ini memiliki bentuk yang menyerupai cangkang kerang dan berlapis. Bentuk ini menjadikan Sydney Opera House banyak digemari untuk dijadikan sebagai latar berfoto para wisatawan. Desain unik ini adalah karya dari seorang seniman asal Denmark yang bernama Jorn Utzon. 

Jorn memenangkan sayembara yang telah diselenggarakan oleh Joseph Cahill sehingga dia bisa menjadi arsitek dari bangunan bersejarah ini. Ia berhasil menyingkirkan 233 sketsa milik arsitek lain. Karya milik Jorn ini dinilai paling pas untuk menggambarkan sebuah aula besar yang dapat menampung 3000 orang dengan aula tambahan yang dapat menampung sekitar 1200 orang.

Izin Pembangunan Yang Sulit

Sebelum bangunan ini berdiri, meloloskan izin terlebih dahulu adalah hal sulit. Proses mengurus perizinan saja memakan waktu puluhan tahun oleh pemerintah setempat. Selain itu pada saat penentuan lokasi, terjadi beberapa negosiasi yang dilakukan. Joseph Cahill sempat menginginkan bangunan ini agar dibangun di dekat stasiun dan pusat bisnis. Sementara itu, Direktur Conservatorium Musik New South Wales menginginkan untuk dibangun di area Bennelong Point. Setelah negosiasi panjang, akhirnya Sydney Opera House dibangun di area pilihan DIrektur tersebut.

Penghargaan Tertinggi: Pritzker Architecture Prize

Karena berhasil mendesain Sydney Opera House, Jorn pun mendapatkan penghargaan tertinggi dalam bidang arsitektur pada tahun 2003. Penghargaan tersebut adalah Pritzker Architecture Prize. Penghargaan ini menilai bahwa Sydney Opera House adalah karya besar dan ikonik yang ada pada abad ke-20. 

Dibangun dengan Beberapa Tahap

Konstruksi pertama pembangunan gedung opera ini dimulai pada Maret 1959. Tahap pertama pembangunan dilaksanakan pada 1959-1963 yang terdiri dari pembangunan podium atas. Tahap kedua dilaksanakan pada tahun 1963-1967 dengan pembangunan kerang luar. Dan tahap terakhir pada tahun 1967-1973 yang dilakukan pengerjaan desain serta konstruksi interior. 

Dengan proses yang amat panjang tersebut maka selesailah pembangunan dari Sydney Opera House. Dan dengan nilai sejarahnya yang tinggi, gedung opera ini berhasil masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2007. 

Nah untuk  melihat secara langsung dari bangunan megah ini, yuk segera berlibur ke Sydney. Kami menyediakan paket tour ke Sydney yang pastinya memiliki harga terjangkau serta destinasi wisata yang sesuai dengan keinginan anda. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Ketentuan Pakaian Ihram dan Larangan Selama Berihram

Ketentuan Pakaian Ihram dan Larangan Selama Berihram

2 September 2022 177x Haji, Religi, Tips Haji & Umrah, Umrah

Ihram adalah niat masuk (mengerjakan) ibadah haji dan umrah dengan menghindari hal-hal yang dilarang selama berihram (Buku Tuntutan Manasik Haji dan Umrah, Kementerian Agama, 2020). Ihram ditandai dengan mengambil miqat di lokasi yang telah ditentukan, berpakaian ihram, dan membaca niat haji/umrah. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai ketentuan pakaian i... selengkapnya

Milan

Milan: Menikmati Keindahan Budaya dan Arsitektur yang Abadi

23 Mei 2023 158x Budaya, Eropa, Photography, Sejarah, Travel

Milan, kota mode terkenal di Italia, tidak hanya menawarkan dunia fashion yang mempesona, tetapi juga destinasi wisata yang kaya akan budaya dan arsitektur yang abadi. Dari Katedral Milan yang megah hingga kanal-kanal Navigli yang indah, Milan memikat pengunjung dengan pesonanya yang tak tergoyahkan. Berikut adalah beberapa destinasi wisata yang populer di M... selengkapnya

Bled

Bled, Menikmati Keindahan Wisata yang Memikat

25 Mei 2023 377x Eropa, Travel

Bled, Slovenia adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alami yang memikat. Terletak di wilayah Pegunungan Alpen Julian, Bled dikenal karena pesona Danau Bled yang indah serta pemandangan spektakuler dari Kastil Bled yang menjulang di atasnya. Saat mengunjungi Bled, Anda akan terpesona oleh keindahan alam yang luar biasa dan berbagai aktivitas menar... selengkapnya

Our Office

Dreamholidays.co.id
Jl.Dewi Sartika No.3 Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
E-mail : dreamholidays.co.id@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Minggu (08:00 – 22:00) WIB

PT. Kangmas Global Travelindo

Dreamholidays.co.id merupakan salah satu brand dari biro perjalanan wisata yaitu PT. Kangmas Global Travelindo.

Nomor Induk Berusaha : 9120203100972

Hubungi Kami :

Hot Line :

Admin 1 : 081230661206

Admin 2 : 081331333840

Office : 0341-3381284
email : dreamholidays.co.id@gmail.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.