Hotline 081331333840
Informasi lebih lanjut?
Home » Religi » Haji » Hal yang Dilakukan pada Hari Tasyrik

Hal yang Dilakukan pada Hari Tasyrik

Pada kalender Hijriah, Hari Tasyrik akan jatuh dua hingga tiga hari setelah Idul Adha. Jamaah yang menunaikan ibadah haji sedang berada di Mina untuk melempar jumrah. Di hari tasyrik, umat islam dilarang untuk berpuasa. 

Beberapa ulama berpendapat bahwa hari tasyrik berjumlah dua hari. Sementara sebagian ulama lainnya mengatakan bahwa hari tasyrik terdiri dari tiga hari. 

“Hari Tasyrik adalah sebutan bagi tiga hari [11, 12, 13 Zulhijah) setelah hari nahar [10 Zulhijah]. Tiga hari itu dinamai demikian karena orang-orang menjemur daging kurban di waktu tersebut, yaitu mendendeng dan menghampar daging pada terik matahari” (Al-Imam An-Nawawi, Al-Minhaj, Syarah Shahih Muslim Ibnil Hajjaj, juz IV).

Tak cuma itu, sejumlah ulama juga berpendapat bahwa di hari Tasyrik, umat Islam menjemur daging untuk menjadikannya dendeng. Lain pendapat mengatakan, dinamai hari Tasyrik karena hewan kurban tidak disembelih, kecuali setelah matahari memancarkan sinarnya.

 

Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan para jamaah haji di hari tasyrik

Hal yang dilakukan di hari tasyrik biasanya meliputi beberapa hal dibawah ini:

Tanggal 11 : Melontar jumroh setelah matahari tergelincir ke barat, sesudah shalat dzuhur. Melontar jumroh Ula 7 batu; setiap melontar sambil bertakbir, kemudian berdoa. Lalu melontar jumroh Wustha 7 batu; setiap melontar sambil bertakbir, kemudian berdoa. lalu melontar jumroh ‘Aqobah 7 batu, setiap melontar sambil bertakbir dan selesai, tidak perlu lagi berdoa. 

Tanggal 12 : Pada tanggal 12 Dzulhijjah, melontar jumroh setelah matahari tergelincir ke barat, sesudah shalat dzuhur. Melontar jumroh Ula 7 batu; setiap melontar sambil bertakbir, kemudian berdoa lalu-Melontar jumroh Ula 7 batu, sambil bertakbir, kemudian berdoa. Lalu melontar jumroh Wustha 7 batu; setiap melontar sambil bertakbir, kemudian berdoa. Lalu melontar jumroh ‘Aqabah 7 batu; setiap melontar sambil bertakbir dan selesai, tidak perlu lagi berdoa.

Setelah selesai boleh melakukan nafar awwal, meninggalkan Mina sebelum terbenam matahari menuju Mekkah untuk thawaf Wada’, kemudian pulang ke negeri (tanah air).

Tanggal 13 Dzulhijjah, melontar jumroh setelah matahari tergelincir ke barat, seusai shalat Dzuhur. Melontar jumroh Ula 7 batu; setiap melontar sambil bertakbir, kemudian berdoa. Lalu melontar jumroh Wustha 7 batu; setiap melontar sambil bertakbir, kemudian berdoa. Lalu melontar jumroh ‘Aqabah 7 batu; setiap melontar sambil bertakbir dan selesai, tidak berdoa. 

Kemudian semua jamaah haji boleh meninggalkan Mina. Bagi yang ingin pulang ke negerinya atau ingin ke Madinah, maka dia wajib thawaf Wada’ di Mekkah, baru dia pulang ke negerinya. Adapun yang masih ingin tinggal di Mekkah, maka ia melakukan thawaf Wada’ saat akan meninggalkannya.

Beberapa hal tersebut yang umum dilakukan di hari tasyrik oleh para jemaah haji ketika menunaikan ibadah haji di tanah suci.

 

Dapatkan paket murah umrah atau haji melalui Andalus Travel Batu Malang. Konsultasi dan pendaftaran Haji & Umrah dapat anda lakukan disini atau menghubungi kami disini.

 

Sumber:

https://www.ihram.asia/wawasan/hal-yang-dilakukan-pada-hari-tasyriq

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220708142242-284-819037/apa-itu-hari-tasyrik-dan-amalan-yang-bisa-dilakukan#:~:text=%22Hari%20Tasyrik%20adalah%20sebutan%20bagi,Syarah%20Shahih%20Muslim%20Ibnil%20Hajjaj%2C

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Diperbolehkan?

1 Oktober 2022 230x Haji, Religi, Umrah

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menerbitkan surat edaran tentang larangan mengambil gambar di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Surat edaran tersebut termasuk aturan tentang Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Larangan ini ditujukan kepada seluruh negara pengirim jamaah haji dan umrah. Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Setjen Kemenag Mastu... selengkapnya

Ko Samui

Ko Samui

31 Agustus 2018 588x Thailand

KO SAMUI Tempat yang satu ini memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Pantai yang berpasir putih, serta pohon kelapa yang menjulang tinggi dan terumbu karang yang indah, sehingga banyak menarik minat wisatawan untuk datang ke pulau ini. Selain itu, Ko Samui sangat disukai bagi para wisatawan dari berbagai belahan dunia yang ingin Menikmati keindaha... selengkapnya

Gyeongbok Palace

Gyeongbok Palace

17 Agustus 2019 910x Creative, Korea, Photography

Gyeongbok Palace Gyeongbok Palace (경복궁) adalah sebuah istana yang terletak di sebelah utara Kota Seoul, Korea Selatan. Istana ini termasuk dari lima istana besar dan merupakan yang terbesar yang dibangun oleh Dinasti Joseon. Istana ini juga menjadi simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea. Istana Gyeongbok ini dibangun pada tahun 1395 dan digunakan... selengkapnya

Our Office

Dreamholidays.co.id
Jl.Dewi Sartika No.3 Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
E-mail : dreamholidays.co.id@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Minggu (08:00 – 22:00) WIB

PT. Kangmas Global Travelindo

Dreamholidays.co.id merupakan salah satu brand dari biro perjalanan wisata yaitu PT. Kangmas Global Travelindo.

Nomor Induk Berusaha : 9120203100972

Hubungi Kami :

Hot Line :

Admin 1 : 081230661206

Admin 2 : 081331333840

Office : 0341-3381284
email : dreamholidays.co.id@gmail.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.