Beranda » Religi » Haji » Manfaat dan Kandungan Buah Tin

Buah tin terkenal dengan Tanaman Ara atau tanaman dengan nama latin  Ficus carica, tanaman ini merupakan tanaman yang istimewa. tanaman ini juga ada dalam Al-Quran dalam Surah At-Tin. “Demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina” (At-Tin: 1-2). Abu Darda radhiallahu’anhu  meriwayatkan bahwa Nabi bersabda : “Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Sebab, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok“  (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad ). Berikut penjelasan mengenai manfaat dan kandungan buah tin.

Tanaman Ara

Tanaman Ara tumbuh di daerah Asia Barat, mulai dari pesisir pantai Balkan hingga Afganistan. Saat ini tanaman ini juga dibudidayakan di negara Australia, Cile, Argentina dan Amerika Selatan. Tanaman ini mampu tumbuh di daerah yang beriklim tropis. dan ketika ia tumbuh di negara yang memiliki 4 musim memerlukan perawatan yang lebih. Tanaman tin yang tumbuh di iklim tropis akan menghasilkan buah yang berwarna ungu. 

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi dan pendaftaran kunjungi Andalus Travel Batu Malang.

 

Buah Tin

Buah tin yang masih muda akan terlihat berwarna hijau dan warna buah tin yang sudah tua akan berwarna kuning, ungu dan coklat. meskipun masih muda, rasa buah tin sangat enak untuk disantap secara langsung. atau diolah menjadi makanan lainnya seperti kismis dan selai. Cita rasa yang muncul akan cukup manis, sedikit berair, bijinya kecil-kecil dan berserabut. sayangnya buah tin tidak bisa bertahan lama jika sudah masak. dengan memasukkan buah tin kedalam lemari es atau dikeringkan di bawah terik matahari akan membuat buah tin bertahan sedikit lebih lama. terlebih jika dikeringkan akan bertahan sampai 6 bulan lamanya. 

Daun Tanaman Tin

Bentuk daun Tanaman Tin seperti jari sebanyak 3 atau lima ruas. daunnya tumbuh tunggal dan berwarna hijau terang dengan panjang 12 sampai 25 cm dan lebar 10 sampai 18 cm.Terlihat berbulu halus pada permukaan daunnya. tanaman ini mampu berbuah sepanjang tahun dan cukup mudah dalam perawatannya dan bisa dibudidayakan.

Kandungan Buah Tin

Mengkonsumsi buah tin akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. yakni menjaga tekanan darah tinggi dan serangan jantung, menurunkan berat badan atau obesitas, mengurangi resiko kanker payudara. resiko kanker prostat, mencegah anemia dan menyembuhkan wasir. mengurangi kolesterol darah, zat anti tumor dan sebagai penangkal virus pada tubuh manusia. manfaat lebihnya adalah meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang. Buah tin juga dapat digunakan sebagai obat herbal tradisional. karena banyak mengandung vitain C, vitamin A, Phenol, kalsium, kalium, laksatif. coumarin, flavonoid, kalium, omega 3, omega 6, Gula, asam-asam dan enzim-enzim lain.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.