Beranda » Religi » Haji » Kawasan Kumuh yang Diubah Menjadi Situs Wisata, Inilah Qatif

QatifKawasan kumuh tidak hanya ada di Indonesia saja, melainkan di berbagai negara lainnya termasuk Arab Saudi. Kawasan kumuh di Arab Saudi yang bernama Qatif akan dirombak dan diubah menjadi tempat yang bisa bernilai wisata bagi pemerintah Arab Saudi. Hal ini dilakukan agar kawasan tersebut menjadi lebih rapi, bersih tertata, dan meningkatkan pembangunan. 

Qatif

Qatif adalah perkampungan kumuh di Arab Saudi yang kemudian disulap oleh pemerintah menjadi tempat yang bagus serta layak menjadi obyek wisata. Pengembangan kota itu diresmikan pada hari Rabu tanggal 30 Januari 2019 lalu waktu setempat. 

Pangeran Saud bin Naif bin Abdul Aziz, Gubernur Provinsi Timur, telah membuka proyek pusat Awamiyah di Qatif. Dalam acara peresmian itu, Pangeran Saud mengatakan bahwasannya mimpi untuk mengembangkan pusat Awamiyah telah terwujud dalam waktu kurang dari setahun. Beliau mengatakan bahwa tim telah mengubah daerah kumuh yang berbahaya tersebut menggambarkan ancaman lingkungan dan sosial itu. Kawasan tersebut diubah menjadi situs warisan kota bahkan lebih baik daerah lain. 

Proyek Qatif

Raja Salman juga menyambut para pemilik properti sepanjang musim panas ketika pembangunan dimulai. Fahad Al-Jubair, walikota setempat juga mengatakan bahwa dirinya merasa senang dengan kemajuan yang dibuat di pusat Awamiyah. Beliau menyebutkan bahwa proyek tersebut sebagai salah satu transformasi paling ambisius di Kerajaan Arab Saudi dan harapan untuk menjadi lebih baik dari kawasan kumuh. 

Walaupun pengubahan kawasan terbilang sulit karena mengubah sesuatu yang masih kotor dan berantakan menjadi suatu kawasan madani. Hebatnya para pemerintah Arab Saudi bisa menyulapnya dalam kurun waktu satu tahun. Walikota setempat, Fahad Al-Jubair, mengatakan senang dengan kemajuan yang dibuat di pusat Awamiyah. Beliau menyebut proyek tersebut sebagai salah satu transformasi paling ambisius di Kerajaan. 

Kekayaan budaya

Kawasan tersebut ternyata menyimpan banyak kekayaan budaya terbukti dengan adanya pernyataan dari Fahad Al-Jubair.  Proyek itu adalah suar yang memungkinkan bagi masyarakat Awamiyah. Pusat Awamiyah adalah sebuah mahakarya arsitektur dengan menara-menaranya yang tinggi, halaman luas, Souq (pasar) tradisional dan pusat budaya. Beliau optimis bahwasannya Awamiyah akan menjadi sumber kebanggan bagi Qatif selama bertahun-tahun mendatang. 

Perusahaan yang terlibat dalam pembuatan kawasan ini terbilang luar biasa dalam menggelontorkan pekerjanya yang berjumlah 1.200 orang untuk proyek ini. Kurang dari setahun kawasan ini menjadi daerah yang rapi dan mengangkat kembali derajat Qatif. Arab Saudi semakin membenahi diri dan kawasannya untuk kepentingan masyarakat dan turis mancanegara. Tidak hanya pada kawasan Masjidil Haram, namun juga daerah-daerah lainnya.

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.