Beranda » Religi » Haji » Keistimewahan Umrah di Bulan Ramadhan

Dalam menjalankan Indah Umrah, Seseorang pernah mengatakan. Rasulullah SAW bersabda, “Melakukan umrah di bulan puasa Ramadhan sama atau menyamai ibadah haji”. Dari Ibnu Abbas RA ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘Umrah di bulan Ramadhan menyamai ibadah haji,’” (HR Ibnu Majah). Sabda Rasulullah SAW ini dengan sangat jelas menunjukkan keutamaan atau anjuran untuk menjalankan ibadah umrah di bulan Ramadhan. Dalam hadits ini dikatakan bahwa ibadah umrah yang dilaksanakan di bulan puasa Ramadhan akan sama atau menyamai haji. Lantas, apa yang dimaksudkan dengan menyamai ibadah haji? 

 

Abdurrauf Al-Munawi dalam At-Taysir bi Syarhi Jami‘is Shaghi mengatakan yang dimaksud dengan umrah di bulan ramadhan menyamai ibadah haji adalah dari sisi pahalanya. Umrah yang dilakukan pada saat puasa ramadhan memang sama dengan pahala melakukan ibadah haji. Namun tidak berarti menggukurkan kewajiban untuk melaksanakan haji. 

 

Dikutip dari laman 77bisnis.com, setidaknya ada 5 keistimewaan umrah di bulan ramadhan sebagai berikut. 

  1. Meraup Pahala Melimpah Selain nilainya setara dengan haji, bahkan haji bersama Rasulullah, umroh ramadhan memberi Anda kesempatan untuk mendulang pahala berlimpah ruah. Bagaimana tidak, setiap amal kebajikan di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan minimal sepuluh kali lipat. Tidak hanya itu namun juga dilipatgandakan maksimal tak terbatas dari Allah SWT. 
  2. Amalan Cerdas di Waktu Terbatas Jika kita ingin pahala umroh senilai haji. Pelipatgandaan pahala ibadah-ibadah wajib dan sunnah di masjidil haram. Pelipatgandaan pahala di waktu Ramadhan itu sendiri, maka kita sepatutnya berjuang agar bisa berumroh di bulan Ramadhan. 
  3. Biaya yang Mahal Akan Dihitung Sebagai Fi Sabilillah Biaya untuk umroh Ramadhan nilainya bisa berkali-kali lipat dari umroh reguler (di bulan-bulan lainnya). Anda tidak perlu khawatir, sebab setiap rupiah yang Anda keluarkan untuk umroh akan dinilai sebagai amal fi sabilillah. Artinya, seluruh pengeluaran Anda akan diganti oleh Allah dengan yang lebih baik lagi. Ya, semuanya akan diganti oleh Allah saat Anda dengan ikhlas mengeluarkan uang untuk beribadah umroh. 
  4. Umroh di Bulan Ramadhan Mendatangkan Rezeki Sudah kita ketahui bersama bahwa salah satu fadhilah dari umroh adalah mendatangkan rezeki. Sebab umroh adalah penghapus kefakiran. Jika Allah menghapus kefakiran kita, maka rezeki baik secara materi, kesehatan, kebahagiaan, kesuksesan, dan sebagainya akan datang dengan sendirinya. ke dalam hidup kita 
  5. Terkabulnya Doa-doa Ingat, lakukan seluruh ibadah umroh hanya karena Allah. Jangan sampai terselip rasa bangga karena Anda berhasil umroh dengan biaya yang banyak, dan waktu yang diidamkan oleh umat islam di seluruh dunia. 

Nah itulah beberapa keistimewaan umrah di bulan ramadhan yang memberikan banyak pahala. Tunggu apalagi, buruan daftar umroh sekarang di Andalus Travel Batu Malang gratis dan pasti berangkat. Atau hubungi kami melalui:

Admin : +62 811-3056-4888

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.