Hotline 081331333840
Informasi lebih lanjut?
Home » Religi » Haji » Larangan Ihram bagi Laki-laki dan Perempuan Saat Naik Haji

larangan ihramIhram adalah salah satu rukun utama dalam pelaksanaan ibadah haji atau umroh. Ihram merupakan keadaan khusus yang diwajibkan bagi setiap jamaah yang akan melakukan ibadah haji atau umroh. Dalam keadaan ini, seseorang harus mematuhi serangkaian larangan ihram yang telah ditetapkan oleh syariat Islam. Larangan-larangan ini berlaku  bagi laki-laki maupun perempuan yang sedang menjalankan ibadah haji atau umroh.

Pengertian Ihram

Sebelum membahas larangan-larangan ihram bagi laki-laki dan perempuan, penting untuk memahami pengertian ihram secara keseluruhan. Ihram adalah suatu kondisi khusus yang ditandai dengan mengenakan pakaian khusus yang terdiri dari dua lembar kain putih yang tidak dijahit dan tanpa jahitan, serta meniatkan dalam hati untuk melakukan ibadah haji atau umroh. Ihram ini menjadi simbol kesucian dan kesederhanaan yang harus dipertahankan selama menjalankan ibadah haji atau umroh.

larangan ihram

Larangan Ihram bagi Laki-laki dan Perempuan

  1. Melakukan Hubungan Suami-Istri

    Salah satu larangan utama saat berada dalam keadaan ihram adalah melakukan hubungan suami-istri. Hal ini sejalan dengan tujuan ibadah haji yang menuntut kesucian dan ketakwaan.

  2. Melakukan Perbuatan Maksiat

    Berada dalam keadaan ihram juga berarti menjauhkan diri dari segala bentuk perbuatan maksiat, seperti berdusta, mencuri, dan sebagainya.

  3. Bertengkar

    Menghindari pertengkaran dan perselisihan adalah hal yang sangat dianjurkan saat berada dalam keadaan ihram. Ketenangan hati dan pikiran menjadi kunci dalam menjalani ibadah haji dengan baik.

  4. Memotong Kuku dan Mencukur Bulu Badan

    Selama berada dalam keadaan ihram, laki-laki dan perempuan dilarang memotong kuku dan mencukur bulu badan. Hal ini sebagai simbol kesucian dan ketaatan dalam menjalankan ibadah.

  5. Menikah, Menikahkan, atau Melangsungkan Akad Nikah

    Segala bentuk pernikahan, termasuk menikah, menikahkan, atau melangsungkan akad nikah tidak diperbolehkan saat berada dalam keadaan ihram.

  6. Membunuh Hewan Hasil Berburu dan Memakan Dagingnya

    Tindakan membunuh hewan hasil berburu dan mengonsumsi dagingnya juga termasuk dalam larangan-larangan saat berada dalam keadaan ihram.

  7. Menggunakan Parfum di Badan

    Penggunaan parfum atau wewangian lainnya juga dilarang saat berada dalam keadaan ihram, sebagai bentuk menjaga kesucian dan ketakwaan.

Larangan Ihram bagi Laki-laki

Selain larangan umum yang berlaku bagi semua jamaah haji, terdapat juga larangan khusus bagi laki-laki yang berada dalam keadaan ihram:

  1. Memakai Sepatu Sampai Mata Kaki

    Laki-laki dilarang memakai sepatu yang menutupi mata kaki saat berada dalam keadaan ihram. Mereka dianjurkan untuk menggunakan sandal atau alas kaki terbuka lainnya.

  2. Memakai Penutup Kepala dan Pakaian Berjahit

    Mengenakan penutup kepala dan pakaian berjahit juga termasuk dalam larangan bagi laki-laki yang sedang berada dalam keadaan ihram.

Larangan Ihram bagi Perempuan

Perempuan juga memiliki larangan-larangan khusus yang harus dipatuhi saat berada dalam keadaan ihram:

  1. Berhias Wajah

    Saat berada dalam keadaan ihram, perempuan dilarang untuk berhias wajah dengan segala macam jenis makeup atau perhiasan lainnya.

  2. Menutup Wajah dan Mengurai Rambut

    Larangan ini berkaitan dengan penggunaan hijab. Perempuan yang berihram tidak diperbolehkan menutup wajah dengan cadar atau kerudung yang menutupi seluruh wajah. Begitu juga dengan mengurai rambut, perempuan dianjurkan untuk mengikat rambutnya.

Dengan mematuhi larangan-larangan ihram yang telah ditetapkan, diharapkan setiap jamaah dapat menjalankan ibadah haji atau umroh dengan baik, serta mendapatkan keberkahan dan ridha dari Allah SWT. Semoga artikel ini dapat menjadi panduan yang bermanfaat bagi para calon jamaah haji dan umroh.

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

larangan ihram

Larangan Ihram bagi Laki-laki dan Perempuan Saat Naik Haji

1 April 2024 18x Haji, Religi, Tips Haji & Umrah

Ihram adalah salah satu rukun utama dalam pelaksanaan ibadah haji atau umroh. Ihram merupakan keadaan khusus yang diwajibkan bagi setiap jamaah yang akan melakukan ibadah haji atau umroh. Dalam keadaan ini, seseorang harus mematuhi serangkaian larangan ihram yang telah ditetapkan oleh syariat Islam. Larangan-larangan ini berlaku  bagi laki-laki maupun perem... selengkapnya

Asiatique

Asiatique

31 Agustus 2018 499x Photography, Thailand, Travel

ASIATIQUE Asiatique ini dulunya adalah dermaga kapal laut, jadi awal mulanya kalau ga salah pada tahun 1990an Raja Yang berkuasa di daerah ini yaitu Raja Chulalongkorn ( agak sulit nulis namanya) sedang waspada karena ada gerakan invasi dan penjajahan bangsa Eropa ke Siam (Thailand). Raja pun memiliki ide untuk berkerjasama dengan Denmark agar bisa menghadap... selengkapnya

Berlibur Ke Taiwan

Ingin Berlibur ke Taiwan? Inilah Hal Yang Perlu Anda Ketahui

27 Oktober 2022 200x Adventure, Backpacker, China, Travel

Taiwan merupakan salah satu negara di kawasan Asia yang patut untuk dikunjungi. Disini banyak destinasi menarik yang akan membuat pengalaman berlibur para turis menjadi menyenangkan. Negara ini memiliki berbagai hal untuk  ditawarkan kepada wisatawan dengan pengalaman budaya yang tak terlupakan, festival, serta kuliner yang memanjakan lidah. Namun, di luar ... selengkapnya

Our Office

Dreamholidays.co.id
Jl.Dewi Sartika No.3 Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
E-mail : dreamholidays.co.id@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Minggu (08:00 – 22:00) WIB

PT. Kangmas Global Travelindo

Dreamholidays.co.id merupakan salah satu brand dari biro perjalanan wisata yaitu PT. Kangmas Global Travelindo.

Nomor Induk Berusaha : 9120203100972

Hubungi Kami :

Hot Line :

Admin 1 : 081230661206

Admin 2 : 081331333840

Office : 0341-3381284
email : dreamholidays.co.id@gmail.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.