Hotline 081331333840
Informasi lebih lanjut?
Home » Religi » Haji » Makanan Khas Ramadhan di Tanah Suci, Simak Baik-baik

makanan khas ramadhanBulan puasa menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim karena pada bulan ini banyak pahala dan berkah di dalamnya. Selain itu, ada hal-hal yang menarik selama bulan puasa. Salah satunya adalah momen berbuka puasa yang selalu identik dengan makanan khas ramadhan yang lezat. Setiap negara memiliki menu berbuka atau takjil khas masing-masing, tak terkecuali Arab Saudi. 

Saat datang bulan puasa, banyak orang Makkah yang menyiapkan sendiri makanan-makanan tradisional di rumah mereka. Namun, tak jarang orang-orang akan memenuhi pusat perbelanjaan untuk membeli makanan tersebut. Rutinitas orang-orang Makkah biasanya akan membatalkan puasa dengan melakukan beberapa teguk air putih dan sebagian besar air yang diminum saat berbuka puasa adalah berasal dari mata air zam-zam. Setelah itu, mereka akan memakan beberapa butir kurma dan minum jus aprikot yang dikenal dengan nama Qamar al-Din. Minuman ini tidak hanya rasanya saja yang nikmat, namun minuman ini juga dipercaya mengandung elektrolit dan menjadi sumber energi yang baik, serta mampu menghidrasi tubuh. 

Berikut ini adalah macam-macam makanan khas Arab Saudi biasanya menjadi daya tarik tersendiri selama bulan Ramadhan. Banyak orang yang mulai menggemari makanan-makanan dari Timur Tengah. 

Kurma

Bulan puasa selalu identik dengan kurma. Tidak hanya di Tanah Air saja yang menjadi hidangan wajib saat berbuka puasa di Tanah Suci. Kurma biasanya disajikan bersama dengan qamar al-Din setelah para jamaah membatalkan puasa dengan air zam-zam. 

Qamar al-Din

Qamar al-Din merupakan sejenis jus aprikot dengan rasa yang segar dan manis. Makanan ini sangat populer di mesir hingga suriah. 

Nasi Kabsa

Nasi Kabsa merupakan makanan berat khas arab. Makanan ini merupakan nasi yang disajikan dengan campuran daging ayam atau domba, bawang merah, bawang putih, tomat segar, potongan wortel, dan parutan kulit buah lemon. 

Sambusa

Sambusa merupakan makanan ringan sejenis pastry yang diisi dengan daging cincang, keju, dan beragam sayuran, Di Arab Saudi, sambusa sering dijadikan appetizer setelah jamaah berbuka dengan air zam-zam dan kurma. 

Falafel

Falafel adalah makanan yang terbuat dari kacang arab yang dicampur sedikit tepung terigu dan bumbu khas Mediterania. Makanan ini diproses dengan cara digiling, dipadatkan, dibuat berbentuk bola-bola, kemudian digoreng. Dalam penyajiannya, falafel biasanya dibungkus dalam sebuah roti pipih yang bernama lafa.

Baklava

Baklava menjadi salah satu takjil yang tersaji di meja makan saat berbuka di Tanah Suci. Makanan ini berupa roti lapis yang tiap lapisannya terdapat madu dan potongan kacang yang dapat membuat setiap gigitannya terasa manis. 

Qatayef

Salah satu hidangan penutup yang populer di Tanah Suci ketika Ramadhan adalah qatayef. Kue ini hampir mirip seperti pancake dengan isian krim dan kacang. Qatayef rasanya manis dan diyakini sudah ada sejak zaman Dinasti Fatimiyah. 

Muhallabia

Muhallabia biasanya menjadi makanan penutup setelah menyantap makanan berat. Makanan ini merupakan sejenis puding yang terbuat dari beras giling dan susu, lalu diberi perasan jeruk atau air mawar serta dihias dengan kacang almond dan pistachio.

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Haji dan Umroh: 9 Keutamaan Menjalankannya

5 November 2022 562x Haji, Religi, Tips Haji & Umrah, Umrah

Terdapat sebuah  kaidah fiqih yang berbunyi “ An-ni’mah bi qadrin niqmah, wan niqmah bi qadrin ni’mah” atau yang berarti “Kadar kenikmatan selalu seimbang dengan sakit, pengorbanan, demikian sebaliknya, sakit pengorbanan akan terbayar kontan oleh kenikmatan”. Kaidah ini merupakan suatu kaidah yang mampu mewakili suara-suara umat muslim yang raji... selengkapnya

Asiatique

Asiatique

31 Agustus 2018 499x Photography, Thailand, Travel

ASIATIQUE Asiatique ini dulunya adalah dermaga kapal laut, jadi awal mulanya kalau ga salah pada tahun 1990an Raja Yang berkuasa di daerah ini yaitu Raja Chulalongkorn ( agak sulit nulis namanya) sedang waspada karena ada gerakan invasi dan penjajahan bangsa Eropa ke Siam (Thailand). Raja pun memiliki ide untuk berkerjasama dengan Denmark agar bisa menghadap... selengkapnya

Mrs Macquarie's Chair

Mrs Macquarie’s Chair

21 Agustus 2019 689x Australia, Photography, Travel

Mrs Macquarie’s Chair Mrs Macquarie’s Chair (Lady Macquarie’s Chair) adalah batu pasir terbuka yang dipahat sedemikian rupa menjadi bentuk bangku. Monumen ini dipahat oleh narapidana pada tahun 1810, untuk Elizabeth Macquarie, istri dari Mayor Jenderal Lechlan Macquarie, Gubernur New South Wales. Monumen ini terletak di semenanjung Sydney H... selengkapnya

Our Office

Dreamholidays.co.id
Jl.Dewi Sartika No.3 Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
E-mail : dreamholidays.co.id@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Minggu (08:00 – 22:00) WIB

PT. Kangmas Global Travelindo

Dreamholidays.co.id merupakan salah satu brand dari biro perjalanan wisata yaitu PT. Kangmas Global Travelindo.

Nomor Induk Berusaha : 9120203100972

Hubungi Kami :

Hot Line :

Admin 1 : 081230661206

Admin 2 : 081331333840

Office : 0341-3381284
email : dreamholidays.co.id@gmail.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.