Masjid Jama

3 Agustus 2019 88x Creative, India, Photography, Travel

Beranda » Creative » Masjid Jama

Masjid Jama

Masjid Jama (जामा मस्जिद, Masjid-i Jahān-Numā) adalah masjid utama yang berada di kawasan Old Delhi di India. Masjid ini dibangun oleh Kaisar Mogul, Syah Jahan yang juga membangun Taj Mahal. Kaisar mengerahkan kurang lebih dari 5.000 pekerja untuk membangun Masjid Jama ini. Masjid Jama selesai dibangun pada tahun 1656 dan merupakan yang terbesar di India. Pembangunan masjid ini mendapat perhatian khusus dari Syah Jahan dengan mengutus perdana menterinya Saadullah Khan untuk mengawasi langsung proses pembangunan masjid ini. Ada dua hal yang menjadi benar-benar menjadi perhatian Syah Jahan yaitu pembuatan kaligrafi Al-Qur’an yang menghiasi dinding masjid ini dan mimbar di mihrab, mimbar masjid Jami harus lebih tinggi dari Singgasana Sultan yang terletak di Red Fort.

Interior Masjid

Masjid Jama

Masjid Jama mempunyai daya tampung 2.500 jemaah ini tak hanya ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, wisatawan asing juga mengagumi kemegahan masjid ini. Masjid ini memiliki aturan masuk untuk pengunjung terutama dalam hal berpakaian dan waktu berkunjung. Dalam segi pakaian semua pengunjung harus menutup aurat, bagi laki-laki harus memakai celana panjang dan untuk perempuan diharuskan tertutup minimal dari batas leher sampai ke bawah mata kaki. Namun jangan khawatir jika anda tidak memakai pakaian yang sesuai ketentuan, karena pihak pengurus masjid nenyediakan kain penutup aurat berupa sarung bagi laki-laki dan kain jubah bagi pengunjung perempuan.

Dan tidak lupa, seperti ketentuan di setiap tempat ibadah, pengunjung maupun umat diharuskan melepaskan alas kaki. Begitu juga untuk waktu berkunjung, untuk wisatawan non muslim bisa berkunjung diluar jam ibadah sholat sampai jam 7 malam. Untuk bisa mengunjungi masjid ini, wisatawan terlebih dahulu melewati susunan tangga yang cukup tinggi.

Di tangga bagian utara memiliki 39 anak tangga, bagian selatan terdiri atas 33 anak tangga, sedangkan bagian timur memiliki 35 anak tangga. Pada area tangga itu banyak dijajakan ragam makanan, kerajinan, dan pernak-pernik khas India. Setelah melewati anak-anak tangga, anda akan disambut oleh teras terbuka yang sangat luas. Di sini, tampak bangunan masjid secara utuh. Masjid menghadap ke barat, layaknya masjid-masjid di Indonesia. Seluruh sisinya dikelilingi oleh tiang-tiang melengkung. Di tengah barisan lengkungan, pada setiap sisi masjid berdiri sebuah pintu gerbang yang dihiasi ornamen-ornamen khas Islam.

Masjid Jama ini dibangun dengan batu bata sebagai bahan utama. Masjid ini memiliki 2 menara utama (tempat muadzin mengumandangkan adzan) dengan ketinggian 41 meter. Dengan menaiki 135 anak tangga pengunjung dapat menikmati pemandangan Kota Old Delhi dari puncak menara. Pada bagian atap masjid ini terdapat 3 buah kubah berukuran besar, kuba ini dihiasi dengan puala hitam dan putih dan bagian atasnya berhiaskan emas.

Info Lainnya

Untuk dapat masuk ke dalam kawasan Masjid Jama ini tidak dipungut biaya apapun. Tetapi jika anda membawa kamera  dan sejenisnya akan dikenakan biaya sebesar 200 rupee, dan untuk mengakses 2 menara utama masjid ini dikenakan biaya administrasi sebesar 100 rupee per orang.

Tidak hanya wisata pengetahuan, jika anda lelah setelah mengunjungi Masjid ini, anda dapat menikmati wisata kuliner olahan kambing, ayam, dan kuliner non-vegan lainnya.

Tertarik untuk mengunjungi Masjid Jama? Silahkan menghubungi kami DreamHolidays.co.id, kami menyediakan berbagai tour ke luar negeri termasuk India & Kashmir dengan harga yang kompetitif.

Tour Provider : indonesiaholiday.co.id – indonesiaholiday.id – wisata-batumalang.com – dreamholidays.co.id – batumalangtransco.com – Tourtoindonesia.com

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.