Hotline 081331333840
Informasi lebih lanjut?
Home » Religi » Haji » Perbedaan Haji Reguler dan Haji Khusus

Perbedaan haji reguler dan haji khusus terjadi di beberapa aspek, termasuk dari sisi persiapan hingga pelayanan yang diberikan. sebelum melaksanakan ibadah haji, calon jamaah perlu mengetahui perbedaan persiapan antara haji reguler dan haji khusus. Hal ini dilakukan supaya calon jamaah haji bisa memilih dan mendaftar paket haji sesuai dengan kebutuhannya, misal dalam segi biaya, fasilitas, akomodasi dan waktu tunggu keberangkatan yang dibutuhkan. Berikut beberapa perbedaan antara haji reguler dan haji khusus:

Penanggungjawab

Haji reguler dihandle langsung oleh Kementerian Agama dengan pengelolaan, pembiayaan, dan pelayanan standar. Sementara haji khusus dihandle oleh pihak swasta atau biro travel penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) sesuai aturan pemerintah dengan pengelolaan, pembiayaan, dan pelayanan khusus.

Masa Tunggu

Masa tunggu bagi jamaah haji reguler harus rela mengantri lebih lama yaitu 16-18 tahun, sementara haji khusus hanya berkisar 6-8 tahun. 

Biaya Haji

Biaya naik haji reguler rata-rata sebesar US$2.481 atau Rp35,23 juta (kurs Rp 14.200). Sedangkan untuk biaya haji khusus bisa mencapai dua kali lipat lebih besar daripada haji reguler, namun tetap mengikuti penetapan biaya haji plus dari Kementerian Agama yaitu minimal US$8.500 atau setara Rp120 juta (kurs Rp 14.200).

Waktu Pelaksanaan

Calon jamaah haji reguler akan menempuh waktu sekitar 40 hari dihitung dari waktu keberangkatan sampai pulang ke Tanah Air dan dibagi menjadi dua gelombang, yaitu antara Makkah dan Madinah. Sedangkan haji khusus dilakukan lebih cepat dengan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Arbain di Masjid Nabawi dengan lama pelaksanaan 26 hari dan non arbain dengan waktu lebih singkat yaitu 15 sampai 19 hari. 

Fasilitas Penginapan

Calon jamaah reguler biasanya disediakan hotel yang telah ditentukan pemerintah dan dibagi sesuai wilayah dan kloter. Jarak tempuh hotel ke masjidil haram, misalnya dapat mencapai 3-5 km. Sedangkan untuk jamaah haji khusus biasanya penyelenggara akan menyediakan akan menyediakan penginapan di hotel bintang lima yang letaknya berdekatan dengan masjidil haram maupun masjid nabawi. 

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi dan pendaftaran kunjungi Andalus Travel Batu Malang.

 

Alur Pendaftaran Haji Reguler

Dalam pelaksanaan haji, calon jamaah tidak perlu bingung dan khawatir mengenai alur pendaftaran haji reguler. Berikut alur pendaftaran haji reguler:

  • Calon jamaah haji menuju bank

Calon jamaah haji menuju bank dengan membawa KTP dan uang 25 juta rupiah. Kemudian, buka tabungan haji dan lakukan setoran awal ke rekening BPKH. Setelah membuka tabungan, calon jamaah mendapat buku tabungan, dokumen bukti setoran awal dan nomor validasi. 

  • Calon jamaah haji menuju kemenag

Setelah membuka tabungan haji, calon jamaah melakukan pendaftaran haji di Kementerian Agama Kab/Kota dengan membawa dokumen dari bank dan persyaratan lainnya. Setelah mendaftar, maka calon jamaah akan mendapat dokumen pendaftaran haji (SPPH) dan nomor porsi. 

Syarat-syarat yang diperlukan yaitu:

  • Fotokopi rekening tabungan haji sebanyak 2 lembar.
  • Fotokopi KTP sebanyak 5 lembar.
  • Fotokopi Kartu Keluarga sebanyak 2 lembar.
  • Fotokopi buku nikah atau akta lahir atau ijazah sebanyak 2 lembar. 
  • Fotokopi surat kesehatan yang mencantumkan tinggi badan, berat badan, dan golongan darah, sebanyak 2 lembar. 
  • Foto ukuran 3×4 sebanyak 17 lembar, ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar. Foto harus 80 persen wajah dengan latar belakang putih. 
  • 2 map untuk menyimpan berkas-berkas. 
  • Lembar validasi dari bank asli sebanyak 4 lembar.
  • Surat pernyataan bank (materai) asli 1 lembar.
  • Surat kuasa dari bank (materai) asli 1 lembar. 
  • Slip setoran awal bank Rp 25 juta asli  lembar.

 

Sumber:

Rengganis, Aulia Oktavia. 2022. Perbedaan Haji Reguler dan Haji Khusus, Apa Saja?. https://haji.okezone.com/read/2022/06/01/392/2603809/perbedaan-haji-reguler-dan-haji-khusus-apa-saja?page=1, diakses pada 25 Agustus 2022 pukul 11.13.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

hie shrine

Hie Shrine

25 Juli 2019 586x Creative, Ecommerce, Jepang, Photography, Travel

Hie Shrine Hie Shrine (日枝神社 Hie Jinja) ini dibangun pada tahun 830 atau hampir 1200 tahun yang lalu. Tetapi pada tahun 1607, Tokugawa Leyasu (penguasa pada tahun tersebut) memindahkan kuil ini ke sisi timur Istana Kaisar Tokyo. Hie Shrine ini dibangun sebagai tempat ibadah agam Shinto sekaligus tempat tinggal roh leluhur pelindung keluarga Tokugawa... selengkapnya

Dal Lake

Dal Lake

3 Agustus 2019 466x India, Kashmir, Photography, Travel

Dal Lake Dal Lake adalah sebuah danau yang ada di Srinagar, Jammu dan Kashmir, India. Dal Lake merupakan danau terbesar kedua di Kashmir dan merupakan pusat dari pariwisata dan rekreasi di Kashmir. Nama lain danau ini adalah “Lake of Flower”, “Jewel in Crown of Kashmir”, atau “Srinagar’s Jewel”. Danau ini juga merupa... selengkapnya

Adventures of Trekking to the Everest Base Camp in Nepal

1 Agustus 2017 2.646x Nature

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Fusce at est ut tortor aliquet molestie. Etiam porttitor quis nulla vitae condimentum. Nunc sit amet pretium sem. Curabitur non nulla elit. Ut sagittis euismod aliquet. Maecenas mollis consectetur turpis, nec feugiat ligula vestibulum sed. Quisque in venenatis sem. Aenean luctus vel lacus a posuere. Na... selengkapnya

Our Office

Dreamholidays.co.id
Jl.Dewi Sartika No.3 Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
E-mail : dreamholidays.co.id@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Minggu (08:00 – 22:00) WIB

PT. Kangmas Global Travelindo

Dreamholidays.co.id merupakan salah satu brand dari biro perjalanan wisata yaitu PT. Kangmas Global Travelindo.

Nomor Induk Berusaha : 9120203100972

Hubungi Kami :

Hot Line :

Admin 1 : 081230661206

Admin 2 : 081331333840

Office : 0341-3381284
email : dreamholidays.co.id@gmail.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.