Beranda » Religi » Haji » Perbedaan Haji Reguler dan Haji Khusus

Perbedaan haji reguler dan haji khusus terjadi di beberapa aspek, termasuk dari sisi persiapan hingga pelayanan yang diberikan. sebelum melaksanakan ibadah haji, calon jamaah perlu mengetahui perbedaan persiapan antara haji reguler dan haji khusus. Hal ini dilakukan supaya calon jamaah haji bisa memilih dan mendaftar paket haji sesuai dengan kebutuhannya, misal dalam segi biaya, fasilitas, akomodasi dan waktu tunggu keberangkatan yang dibutuhkan. Berikut beberapa perbedaan antara haji reguler dan haji khusus:

Penanggungjawab

Haji reguler dihandle langsung oleh Kementerian Agama dengan pengelolaan, pembiayaan, dan pelayanan standar. Sementara haji khusus dihandle oleh pihak swasta atau biro travel penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) sesuai aturan pemerintah dengan pengelolaan, pembiayaan, dan pelayanan khusus.

Masa Tunggu

Masa tunggu bagi jamaah haji reguler harus rela mengantri lebih lama yaitu 16-18 tahun, sementara haji khusus hanya berkisar 6-8 tahun. 

Biaya Haji

Biaya naik haji reguler rata-rata sebesar US$2.481 atau Rp35,23 juta (kurs Rp 14.200). Sedangkan untuk biaya haji khusus bisa mencapai dua kali lipat lebih besar daripada haji reguler, namun tetap mengikuti penetapan biaya haji plus dari Kementerian Agama yaitu minimal US$8.500 atau setara Rp120 juta (kurs Rp 14.200).

Waktu Pelaksanaan

Calon jamaah haji reguler akan menempuh waktu sekitar 40 hari dihitung dari waktu keberangkatan sampai pulang ke Tanah Air dan dibagi menjadi dua gelombang, yaitu antara Makkah dan Madinah. Sedangkan haji khusus dilakukan lebih cepat dengan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Arbain di Masjid Nabawi dengan lama pelaksanaan 26 hari dan non arbain dengan waktu lebih singkat yaitu 15 sampai 19 hari. 

Fasilitas Penginapan

Calon jamaah reguler biasanya disediakan hotel yang telah ditentukan pemerintah dan dibagi sesuai wilayah dan kloter. Jarak tempuh hotel ke masjidil haram, misalnya dapat mencapai 3-5 km. Sedangkan untuk jamaah haji khusus biasanya penyelenggara akan menyediakan akan menyediakan penginapan di hotel bintang lima yang letaknya berdekatan dengan masjidil haram maupun masjid nabawi. 

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi dan pendaftaran kunjungi Andalus Travel Batu Malang.

 

Alur Pendaftaran Haji Reguler

Dalam pelaksanaan haji, calon jamaah tidak perlu bingung dan khawatir mengenai alur pendaftaran haji reguler. Berikut alur pendaftaran haji reguler:

  • Calon jamaah haji menuju bank

Calon jamaah haji menuju bank dengan membawa KTP dan uang 25 juta rupiah. Kemudian, buka tabungan haji dan lakukan setoran awal ke rekening BPKH. Setelah membuka tabungan, calon jamaah mendapat buku tabungan, dokumen bukti setoran awal dan nomor validasi. 

  • Calon jamaah haji menuju kemenag

Setelah membuka tabungan haji, calon jamaah melakukan pendaftaran haji di Kementerian Agama Kab/Kota dengan membawa dokumen dari bank dan persyaratan lainnya. Setelah mendaftar, maka calon jamaah akan mendapat dokumen pendaftaran haji (SPPH) dan nomor porsi. 

Syarat-syarat yang diperlukan yaitu:

  • Fotokopi rekening tabungan haji sebanyak 2 lembar.
  • Fotokopi KTP sebanyak 5 lembar.
  • Fotokopi Kartu Keluarga sebanyak 2 lembar.
  • Fotokopi buku nikah atau akta lahir atau ijazah sebanyak 2 lembar. 
  • Fotokopi surat kesehatan yang mencantumkan tinggi badan, berat badan, dan golongan darah, sebanyak 2 lembar. 
  • Foto ukuran 3×4 sebanyak 17 lembar, ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar. Foto harus 80 persen wajah dengan latar belakang putih. 
  • 2 map untuk menyimpan berkas-berkas. 
  • Lembar validasi dari bank asli sebanyak 4 lembar.
  • Surat pernyataan bank (materai) asli 1 lembar.
  • Surat kuasa dari bank (materai) asli 1 lembar. 
  • Slip setoran awal bank Rp 25 juta asli  lembar.

 

Sumber:

Rengganis, Aulia Oktavia. 2022. Perbedaan Haji Reguler dan Haji Khusus, Apa Saja?. https://haji.okezone.com/read/2022/06/01/392/2603809/perbedaan-haji-reguler-dan-haji-khusus-apa-saja?page=1, diakses pada 25 Agustus 2022 pukul 11.13.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.