Hotline 081331333840
Informasi lebih lanjut?
Home » Religi » Haji » Tak Ada Kuota Pendamping Lansia di Haji 2024, Ini Solusinya

Tak Ada Kuota Pendamping Lansia di Haji 2024, Ini Solusinya

Tak Ada Kuota Pendamping Lansia di Haji 2024, Ini Solusinya

Jelang musim haji tahun depan, pemerintah memutuskan untuk tak ada kuota pendamping jamaah haji lanjut usia (lansia). Namun pemerintah menyatakan program bagi peserta haji akan disusun berdasarkan kebutuhannya. Kurangnya pendamping bagi lansia disebabkan oleh kebijakan yang mengutamakan sistem tunggu haji yang berkeadilan.

Namun karena kurangnya pendamping bagi lansia, jamaah lansia yang tahun ini berjumlah 67 ribu orang harus didampingi petugas haji. Namun karena proporsi peserta dan lansia yang tidak proporsional, banyak peserta haji tahun ini yang menjalankan tugas di luar tanggung jawabnya. Pemerintah juga menyadari situasi ini.

“Kami sudah menghitung itu untuk lanjut usia yang mungkin tidak memiliki cukup pendamping di kamar masing-masing atau mungkin tanpa pendamping. Kami juga menyiapkan semua petugas kami untuk bersiaga jika diperlukan. Secara teknis, itu tidak mudah, tetapi itu akan menjadi apalagi kalau memberikan kuota kepada sahabatnya,” kata Menteri Agama (Menag) Yakut Cholil Kumas di Jeddah.

“Setelah pendamping (slot) kita terisi, maka kuota akan diklaim oleh pendamping tersebut, sehingga jamaah yang berangkat harus pindah. Kami tidak ingin hal itu terjadi. Kami ingin masyarakat ini bisa beribadah secara adil,” kata Menteri Agama Yakut.

Solusi dari Pemerintah

Oleh karena itu, dalam program yang disusun tanpa pendampingan senior, Menteri Agama tidak lagi mewajibkan kehadiran petugas berdasarkan proporsi, melainkan berdasarkan kebutuhan pos. Hal ini tidak terlepas dari pengalaman di Al-Muzna (Arafah, Muzdalifah, Mina).

Tahun ini, 4,2 juta personel haji siap melayani 210 ribu jamaah haji dengan mengusung slogan “Haji Ramah Usia”. Sistem baru ini diharapkan semakin meningkatkan pelayanan haji.

“Kemarin kita bertemu dengan Pak Tawfik, Menteri Haji (Menteri Haji) Arab Saudi, saya sampaikan bahwa kuota petugas yang ditugaskan ke Indonesia masih jauh dari ideal, karena 50 Karena kalau dihitung kemungkinan 1 di 50 jamaah akan jadi petugas, tentu sulit. Padahal kita tahu petugas tersebar di mana-mana, ada di bandara, di Mekkah, di Madinah. Tentu saja banyak yang bertugas,” kata Gus Men.

“Ditentukan melalui perundingan, ke depan petugas akan dialokasikan berdasarkan kebutuhan dan bukan berdasarkan proporsi. Misalnya kebutuhan di Almuzna akan berbeda dengan kebutuhan di luar Armuzna. Kedepannya kami akan berdiskusi dengan pemerintah Saudi bagaimana personel Armuzna akan bekerja hanya untuk saat ini dan kembali ke tanah air setelah rmuzna,” tutupnya.

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

wisata kuliner kuala lumpur

Wisata Kuliner Kuala Lumpur yang Wajib Dicoba

2 Maret 2023 432x Kuliner, Malaysia

Wisata kuliner merupakan salah satu kegiatan yang disukai oleh sebagian besar orang, mulai dari remaja, orang dewasa, maupun anak-anak. Dengan berwisata kuliner, kamu dapat menikmati berbagai makanan mulai dari yang asam, manis, gurih, hingga pedas. Salah satu kuliner yang wajib di coba adalah kuliner dari Negara tetangga yaitu Kuala Lumpur karena memiliki j... selengkapnya

Dahulukan Umrah atau haji?

Dahulukan Umrah Atau Haji?

26 Agustus 2022 330x Haji, Religi, Tips Haji & Umrah, Umrah

Sumber: Photo by Afif Kusuma on Unsplash Disaat Mendaftar haji harus antri yang mencapai puluhan tahun, apakah boleh mendahulukan umrah?Manakah yang harus kita dahulukan? Dahulukan umrah atau haji? Sebagai Umat islam yang ada di Indonesia, untuk menunaikan ibadah ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dikarenakan ibadah Umrah dan haji ini dilakukan di ... selengkapnya

Makna Kain Ihram yang Dikenakan Jamaah Umrah dan Haji

Makna Kain Ihram yang Dikenakan Jamaah Umrah dan Haji

7 Oktober 2022 401x Haji, Religi, Umrah

Pada saat melakukan ibadah haji dan umrah, para jamaah pasti akan menggunakan kain putih atau kain ihram. Modelnya yang menyerupai kain panjang dan diselempangkan bagi kaum adam. Ini digunakan sebagai pengganti pakaian ketika kita bertamu ke rumah Allah. Berikut Makna Kain Ihram yang Dikenakan Jamaah Umrah dan Haji.   Melakukan ibadah umroh dan haji bis... selengkapnya

Our Office

Dreamholidays.co.id
Jl.Dewi Sartika No.3 Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
E-mail : dreamholidays.co.id@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Minggu (08:00 – 22:00) WIB

PT. Kangmas Global Travelindo

Dreamholidays.co.id merupakan salah satu brand dari biro perjalanan wisata yaitu PT. Kangmas Global Travelindo.

Nomor Induk Berusaha : 9120203100972

Hubungi Kami :

Hot Line :

Admin 1 : 081230661206

Admin 2 : 081331333840

Office : 0341-3381284
email : dreamholidays.co.id@gmail.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.