Beranda » Religi » Tips Umrah Bersama Anak

Menunaikan ibadah Umroh bersama si kecil bisa jadi tantangan tersendiri. Mulai dari kebutuhan anak yang berbeda hingga mengajarkan serta membiasakan anak dengan tata cara serta aturan dalam menjalankan ibadah Umroh merupakan pekerjaan yang tidaklah mudah. Kurangnya persiapan Umroh bersama anak bisa berujung pada ibadah yang tidak khusyuk serta terganggu. Simak tips umrah bersama anak berikut ini.

 

Untuk kamu yang memiliki rencana beribadah Umroh bersama anak-anak, merencanakan dan mempersiapkan Umroh bersama anak dengan baik dan benar tentu bisa membantumu menghindari berbagai gangguan yang mungkin muncul pada saat menjalankan ibadah. Berikut tips-tips ibadah Umroh bersama anak yang bisa diikuti untuk meminimalisir berbagai masalah yang dapat mengganggu berjalannya ibadah.

 

Persiapan Umroh Bersama Anak Kecil

Sepertinya sangat klise bahwa persiapan pertama melakukan umroh yakni menanamkan niat yang tulus dan ikhlas karena Allah SWT. Hal ini merupakan hal yang paling penting. Bila kita sudah berniat ikhlas ibadah umroh sebab Allah Ta’ala, maka segala tantangan dan hambatan saat umroh dengan anak akan mudah saja dilewati. Niat kuat, umrohnya juga akan kuat. Anda juga dapat melakukan persiapan yang dasar seperti menyiapkan kesehatan dan juga belajar tentang umroh bersama anak kecil. Anda dapat menyimak video tentang umroh, belajar rukun dan doa-doa umroh, serta menjelaskan kepada anak mengapa kita beribadah umroh. Hal ini dapat memacu anak juga semangat dalam menjalankan ibadah umroh.

 

Lengkapi Dokumen

File yang diperlukan untuk anak tidak jauh berbeda dengan file orang dewasa. Anda harus ekstra mengurus file untuk semua anggota keluarga, terutama jika Anda mengajak lebih dari satu anak untuk umroh. Jagalah berkas-berkas anak agar tidak terlewati sehingga perjalanan Anda lebih mudah.

 

Jangan Lupa Vaksin Meningitis

Anak-anak umur diatas 2 tahun sudah wajib mendapatkan suntikan vaksin meningitis. Anda bisa memperoleh suntikan ini dengan berkunjung ke kantor Kesehatan Pelabuhan atau ke rumah sakit yang menyediakan dan membayar sekitar 300 ribuan per orang. Untuk anak kurang dari 2 tahun, belum memerlukan vaksinasi meningitis. Namun, Anda harus ekstra waspada untuk menjaga anak Anda dari serangan virus selama di Makkah. Dikarenakan sistem kekebalan tubuh anak belum matang dan sempurna, konsultasikanlah pada dokter anak untuk mengetahui tambahan vaksin atau suplemen apa saja yang perlu dimiliki si kecil agar daya tahan tubuhnya bisa maksimal saat menjalankan ibadah Umroh di tanah suci.

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang.

 

Isi Koper Anak

Bawalah pakaian ihram anak 2-3 set sebab pakaian anak biasanya lebih cepat kotor. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan beberapa pasang baju di luar ihram dan baju tidur. Perlengkapan lain seperti pakaian dalam, kaos kaki, alas kaki, topi, kacamata, dan lain-lain sebaiknya anda buat checklist-nya agar tidak ada yang tertinggal.

 

In-Flight Entertainment

Jarak Indonesia dengan Arab Saudi cukup jauh, memakan waktu setidaknya 9 jam perjalanan. Durasi selama itu bagi anak-anak pasti sangat membosankan. Oleh karena itu, pastikan penerbangan Anda ada in-flight entertainment-nya. Bila tidak, maka Anda harus kreatif mengalihkan kebosanan anak dengan membawakannya mainan, krayon, atau bermain tablet (jika perlu). Siapkan makanan ringan juga ya, kalau anak lapar dan ingin ngemil makanan ringan kesukaan mereka.

 

Perhatikan Jarak Hotel dan Masjid

Jika dana Anda memungkinkan, pesanlah paket umroh dari travel umroh Anda dengan jarak hotel yang paling dekat dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Biasanya, hotel yang dekat dengan kedua masjid tersebut biayanya lebih mahal, namun ada keuntungan yang bisa Anda petik. Ketika Anda membawa anak-anak umroh, hotel yang dekat akan menyingkat waktu Anda & anak pun tak merasa kelelahan bolak-balik masjid & hotel. Saat Anda bisa meninggalkan anak-anak ke masjid (karena anak masih tidur, misalnya), Anda tidak akan terlampau jauh menuju hotel sehingga terasa lebih tenang dan nyaman melaksanakan ibadah.

 

Bawa Obat-obatan Anak

Obat-obatan dasar untuk anak sebaiknya disiapkan dari tanah air. P3K, obat demam/pusing, minyak kayu putih, suplemen, dan madu merupakan hal penting yang harus dibawa agar anak dapat lebih terjaga staminanya dan Anda tidak kerepotan saat anak jatuh sakit.

 

Makanan Ringan dan Minuman/Susu Anak

Makanan ringan seperti camilan yakni salah satu pengusir rasa bosan untuk anak. Anda dapat membawa makanan ringan cukup banyak supaya bisa berbagi dengan anak-anak lain yang ada di Masjidil Haram. Orang-orang di Masjidil Haram pun biasanya suka memberi anak kecil permen, coklat, biskuit, atau kurma, sehingga Anda bisa menirunya sebagai sedekah Anda selama berumroh. Untuk minuman atau susu, Anda bisa membawanya dari tanah air, kalau-kalau ada rasa khawatir anak Anda tidak mau susu yang dijual di Arab Saudi.

Meskipun bukan berarti Anda tak bisa menemukan makanan untuk anak-anak di Tanah Suci, mempersiapkan cadangan makanan khusus untuk anak dari Tanah Air adalah hal yang tak boleh disepelekan. Tubuh anak yang masih dalam masa tumbuh kembang bisa saja belum terbiasa mencicipi cita rasa makanan dan masakan yang berbeda dari di Indonesia. Belum lagi resiko alergi makanan pada anak. Maka dari itu, bawalah cadangan makanan seperti sereal, biskuit bayi, susu, atau berbagai jenis makanan anak lainnya yang bisa dikonsumsi anak selama berada di Tanah Suci.

 

Membawa Mainan dan Hiburan

Selain camilan, membawa mainan dan hiburan lainnya juga penting bagi anak-anak. Untuk membantu anak tidak cepat bosan selama perjalanan Umroh, bawalah mainan favorit anak ataupun berbagai hal lain yang bisa membantu si kecil melakukan aktivitas favoritnya seperti buku mewarnai atau rekaman video favoritnya.

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang.

 

Membawa Stroller, Perlukah?

Ini bukan barang wajib. Jika perlu, Anda bisa membawanya. Namun, disarankan strollernya yang tidak terlalu mahal, sebab rawan hilang. Tergantung, anak Anda usia berapa dan terbiasa dengan stroller atau tidak. Jangan sampai sudah bawa jauh-jauh, tapi tidak terpakai. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan kursi roda. Biasanya hotel menyediakan gratis, namun ada juga yang bisa disewa di seputaran Masjidil Haram. Gunakan saat anak Anda sudah mulai lelah untuk berjalan, sehingga kondisinya tetap terjaga tidak sampai kelelahan.

 

Agar Anda Tetap Khusyu Beribadah

Tips berikutnya adalah Anda harus bisa bekerjasama dengan pasangan agar bisa melaksanakan ibadah dengan khusyu’. Bergantian menjaga anak adalah alternatif saat Anda melakukan rukun umroh dan ibadah lainnya. Aturlah agar ibadah Anda menjadi nyaman dan tetap khusyu, karena membawa anak kecil saat umroh tentu berbeda dengan ketika Anda pergi sendiri atau bersama orang dewasa saja.

 

Jangan Paksa Jika Anak Sudah Lelah

Seringkali orang tua tidak menyadari bahwa anaknya sudah terlalu lelah, mengantuk, dan sebagainya. Hal ini harus mendapat perhatian lebih. Karena Anda umroh tidak hanya 1 hari saja, namun beberapa hari di tanah suci. Selalu berdoa kepada Allah agar dilancarkan dalam menunaikan ibadah umroh, diberikan kesehatan dari awal hingga akhir, dan berakhir dengan predikat mabrur.

 

Nah, itulah tips beribadah umroh bersama anak kecil. Anda bisa mengaturnya sesuai dengan kebiasaan anak dan kebijaksanaan Anda sebagai orang tua agar ibadah umroh Anda dengan anak semakin berkesan.

 

Sumber:

https://blog.erahajj.co.id/read/135/tips-menunaikan-umroh-bersama-anak-kecil

https://www.tokopedia.com/blog/tips-ibadah-umroh-dengan-anak/

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.