Wat Arun

31 Agustus 2018 67x Photography, Thailand, Travel

Beranda » Photography » Wat Arun

Wat ArunWAT ARUN

Wat Arun adalah candi Buddha yang terletak di distrik Bangkok Yai di Bangkok, Thailand, tepatnya di barat hulu sungai Chao Phraya. Nama panjang dari candi ini adalah Wat Arunratchawararam Ratchaworamahavihara.

Sungai Chao Phraya 

Sebelum menikmati kuil indah di Bangkok, jalur yang dapat dilalui wisatawan adalah menyusuri sungai Chao Phraya. Sungai ini membelah Bangkok menjadi dua bagian yang hampir sama. Panjang sungai Chao Phraya ini sekitar 372 kilometer, dan mengalir sepanjang bagian Thailand. Jadi, sungai ini merupakan sungai utama di Thailand.

Dari sungai inilah, pariwisata Thailand mendapatkan angin segar, karena salah satu jenis transportasi yang dijadikan sebagai andalan pariwisata di Thailand adalah perahu-perahu wisata. Sungai ini nampak terawat, tak banyak sampah yang tertangkap oleh mata, sedangkan perahu dengan bebas berlalu-lalang dan mengantarkan wisatawan. Bisa di bilang, sungai inilah yang memutar roda pariwisata Thailand. Sungguh luar biasa.

Kuil Fajar

Wat Arun disebut juga sebagai kuil fajar atau candi fajar. Candi ini merupakan Candi budha yang terletak di distrik Bangkok Yai, kota Bangkok, di tepi barat sungai Chao Phraya. Dikutip dari wikipedia, Nama panjang Wat Arun adalah Wat Arunratchawararam Ratchaworamavihara. Wat Arun dibangun pada masa kerajaan Ayutthaya, yang dikenal dengan sebuat Wat Makok. Setelah Raja Rama II & Raja Rama IV berkuasa, Wat Makok kemudian diganti nama menjadi Wat Arun seperti sekarang.

Dari sungai Chao Phraya, Wat Arun terlihat megah dan terlihat indah. Apabila senja maupun matahari terbit, keindahan Wat Arun tak tertandingi. Banyak momen yang bisa diabadikan pada dua waktu tersebut. Menikmati sebuah bangunan dengan tinggi sekitar 70 meter ini, bisa memberikan rasa senang, karena memang Wat Arun terkenal dengan sebutan “Temple of Dawn“, kuil atau candi yang indah saat terbenam matahari.

Detail ornamen Wat Arun mengingatkan pada sebuah guci yang terbuat dari porselen dan keramik dari Tiongkok. Dinding candi ini berwarna-warni layaknya keramik dari Tiongkok. Berkeliling Wat Arun haruslah ektra hati-hati karena tangganya memiliki sudut yang sangat sempit dan memiliki tangga yang sempit dan cukup menukik. Namun, apabila telah sampai pada puncaknya, pemandangan yang sangat indah akan terlihat dengan jelas. Sebuah lukisan alami yang bisa dilihat dengan mata telanjang sebuah pemandangan aktivitas sungai Chao Phraya dan kota Bangkok.

Disekitar Wat Arun, terdapat tempat penyewaan baju tradisional Thailand, dan dapat digunakan untuk berfoto-foto ria. Dalam kompleks Wat Arun, terdapat beberapa kuil disekitar Wat Arun, bagunan tersebut sebetulnya merupakan tempat pemujaan terhadap Budha. Sedangkan, waktu ideal untuk berkunjung adalah sekitar sore menjelang tutup, disamping tidak panas, wisatawan juga dapat mengabadikan Wat Arun saat senja tiba.

Saat turun dari perahu yang digunakan menyebrang dari Dermaga N8 (Membayar 3 Bath), banyak penjual yang menjajakan barang dagangannya. Pada saat disana, saya sempat ditawari beberapa produk souvenir, namun saya tidak tertarik. Namun, alangkah bijaknya, apabila wisatawan dapat menawar, karena kemungkinan harganya telah dinaikan sebelumnya.

TIPS BERWISATA

  1. Memakai pakaian yang sopan
  2. Jangan menduduki/manaiki bangunan kuil
  3. Bersikap sopan, Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah bersikap sopan. Misalnya saja seperti halnya dalam menggunakan kamera. Anda sebaiknya tahu mana yang pantas untuk diabadikan dan mana yang kurang pantas. Demi menghargai budaya setempat, Anda sebaiknya pula mematuhi larangan-larangan yang telah ditetapkan di sana.
  4. Tidak Mengganggu Orang yang Berdoa
  5. Siapkan biaya kuil.

FASILITAS

  1. Toilet
  2. Area parkir kendaraan
  3. Tempat makan
  4. Hotel di sekitar destinasi wisata
  5. Temapt belanja oleh-oleh

Tour Provider : indonesiaholiday.co.idindonesiaholiday.id – wisata-batumalang.com – dreamholidays.co.id – batumalangtransco.com – Tourtoindonesia.com

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.