Beranda » Religi » Wisata Ramah Muslim, Ini Masjid Tersembunyi di Bangkok

masjid bangkokThailand merupakan destinasi wisata yang ramah muslim, hal ini karena ada hidden gem masjid yang bisa dikunjungi. Meskipun mayoritas penduduk Thailand adalah Buddha, tapi mereka memiliki toleransi yang baik terbukti dari adanya sejumlah masjid yang berdiri di sana. Berikut beberapa masjid di Bangkok yang bisa dikunjungi, diantaranya adalah :

Masjid Bang Luan

Pertama, ada Masjid Hidden gem yang bisa kamu kunjungi yakni Bang Luang Mosque atau Masjid Bang Luang yang berlokasi di Distrik Thon Buri. Masjid Bang Luang disebut menjadi satu-satunya masjid di Thailand yang mengadopsi gaya arsitektur tradisional Thailand. Ketika berkunjung ke masjid ini, pengunjung akan melihat pilar-pilar yang menopang atas masjid. Di mana adanya pilar-pilar tersebut menjadi tanda kalau rekomendasi tempat wisata sekaligus ibadah ini dibangung di masa pemerintahan Raja Rama III (1824-1851).

Masjid Tonson

Kedua, Masjid hidden gem selanjutnya untuk pengunjung muslim yang sedang mampir ke Bangkok yaitu Masjid Tonson. Masjid Tonson ini berada di 447 Arun Amarin Rd, Khwaeng Wat Arun, Khet Bangkok Yaki, Krung Thep Maha Nakhon 10600, Thailand. Dulunya tempat ibadah ini diberi nama Kudi Yai. Hal ini karena sesuai dengan arsitektur masjid yang berbentuk seperti rumah dari kayu jati, mirip vihara Buddha. Namun, pada masa pemerintahan Raja Rama II (1809-1824), masjid ini pun direnovasi. Di mana kayu jati pada bangunan diganti kayu bata dan kembali diganti jadi beton pada 1952. Setelah beberapa kali melewati tahap renovasi, rekomendasi tempat wisata religi ini pun diberi nama Masjid Tonson. 

Masjid Jawa

Ketika anda berkunjung ke Bangkok, cobalah untuk berkunjung ke Masjid Jawa yang berlokasi di Jalan Soi Charoen Rat 1 Yaek 9, Sathorn, Bangkok. Masjid ini terinspirasi dari kebudayaan Jawa. Masjid ini dibangun oleh H Muhammad Saleh, mertua dari pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan. 

Walaupun usia Masjid Jawa lebih dari 100 tahun, ketika berkunjung ke tempat ini yang terlihat adalah masjid yang masih berdiri kokoh. Bahkan arsitektur Jawa bisa dibilang sangat kental terlihat dari bangunan masjid ini. Karena masjid Jawa beratapkan limas bersusun tiga. Sama halnya dengan Masjid Demak yang menunjukkan akulturasi kebudayaan Islam dan Hindu di Jawa. 

Masjid Haroon

Masjid Haroon yang terletak di Jalan Charoenkrung, Bang Rak, Bangkok ini menjadi rekomendasi tempat ibadah yang bisa kamu kunjungi saat di Thailand. Nama Haroon diambil dari salah satu nama putra seorang pedagang Indonesia-Arab, Musa Bafadal. Musa Bafadal yang migrasi datang pada tahun 1837 dan memutuskan tinggal di Bangrak. Dulu Bangrak merupakan desa kecil bernama Ton Samrong. 

Awal dibangun, Masjid Haroon terbuat dari kayu dan diduga dirancang dengan perpaduan gaya Ayutthaya-Jawa. Kemudian pada tahun 1934, putra Haroon, Muhammad Yusuf memperbarui masjid tersebut. Masjid tersebut menjadi bentuk bata dan kapur, yang kini bisa kamu lihat saat berkunjung langsung.

Anda bosan berlibur di sekitar Indonesia dengan menggunakan paket tour indonesia seperti mengambil paket tour malang maupun staycation dengan membooking villa di batu malang. Kali Dreamholidays.co.id akan memberikan ulasan liburan ke Thailand dengan destinasi wisata unggulan. Yuk segera berlibur ke Thailand untuk merasakan langsung bagaimana masjid hidden gem yang ada di Thailand bersama dengan Dream Holidays. Kami memiliki berbagai program liburan ke Thailand yang bisa anda pilih sebagai pelengkap liburan anda bersama dengan keluarga. Hubungi kami segera untuk mendapat info selengkapnya.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.