Hotline 081331333840
Informasi lebih lanjut?
Home » Religi » Haji » 6 Kendaraan Laut yang Angkut Jamaah Haji pada Masa Kolonial
6 Kendaraan Laut yang Angkut Jamaah Haji pada Masa Kolonial

Sumber: Foto oleh Aleksi Schmid: https://www.pexels.com/id-id/foto/laut-samudra-kapal-karat-7131220/

Pada 1920-an, angkutan laut (kapal laut) menjadi kendaraan utama jamaah haji Indonesia. Para jamaah haji Indonesia diangkut oleh kapal-kapal laut milik perusahaan asing. Seperti yang dikisahkan dr. Abdoel Patah, dalam bukunya yang berjudul “Segi Kegiatan Perjalanan Ziarah ke Makkah” bahwa ada enam kapal laut milik asing yang beroperasi dan populer pada saat itu. Enam kapal laut tersebut diantaranya adalah “Stoomvaart Maatschappij Nederland”, “de Rotterdamsche Lloyd”, “de Ocean”, Holt-lijn(Singapura), “Stmoorvaart Maatschappii Nemazee (Batavia), dan Nemazze (Singapura). 

 

Ada perusahaan pelayaran milik Belanda yang dikenal Kongsi Tiga, yaitu Rotterdamsche Llyod, Stoomvaart Maatschappij Nederland, dan Stoomvaart Mij Ocean. Ongkos kapal dari masing-masing perusahaan tersebut relatif terjangkau, tergantung peran dari syekh yang membimbing perjalanan haji. Harga tiket masing-masing perusahaan pelayaran selalu berbeda, ada yang memberikan harga sekaligus dengan upah syekh ada juga yang terpisah. Kapal dengan bendera prancis memiliki harga tiket lebih murah dibandingkan dengan perusahaan Kongsi Tiga. Harga tiket untuk pelayaran Singapura-Jeddah sekitar ƒ.7,50 sampai ƒ.10. Akibat perbedaan ongkos tersebut menimbulkan persaingan tidak sehat antara perusahaan pelayaran tersebut. Pemerintah Belanda tidak menginginkan jamaah memilih berangkat dari Singapura karena ini akan sulit dipantau. 

 

Namun, dalam catatan Snouck Hurgronje hal tersebut tidak terlalu dikhawatirkan oleh pemerintah Belanda. Karena pada umumnya penduduk menyangka bahwa mereka akan mengecewakan pemerintah jika menumpang kapal selain Nederland dan Rotterdamsche Lloyd. Karena mereka menganggap bahwa kapal-kapal tersebut adalah kapal milik pemerintah atau kapal dines.

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang.

 

Pada tahun 1927, sebanyak 2138 jamaah diangkut kapal Neymar J Batavia dan 5230 jamaah yang diangkut kapal Nemazee Batavia, 5237 jamaah yang meninggal di kapal Namazee Batavia sebanyak 12 orang dan di kapal Nemazee Singapura sebanyak 18 orang. 

 

Apakah ini ada pernyataan bahwa diperoleh angka kematian akan merugikan bagi perusahaan Nemazee, sehingga kapal-kapalnya tidak lagi di charter untuk menunggu pada jamaah.

 

“Saya tidak mengetahui. Namun ini kelengkapan, data tetap harus dituliskan, agar didapatkan gambar yang benar tentang angka-angka kematian pada kapal-kapal yang sejak tahun 1951 terus menerus menyelenggarakan angkutan haji,” ungkapnya.

 

Angka-angka kematian selama tahun 1921 sampai dengan tahun 1931 dicatat dalam permil. Hal yang luar biasa kata dia yaitu pada tahun 1931 keadaan kesehatan di kapal-kapal dapat dikatakan aman. Menurutnya, bahwa bukan suatu kebetulan jika angka-angka tahun 1931 memperlihatkan keadaan lebih baik dibandingkan dengan angka puluhan tahun sebelumnya.

 

“Penurunan ini saya hubungkan juga dengan lebih tepatnya perjalanan laut para jamaah yang menggunakan kapal-kapal baru,” katanya. 

 

Abdoel menyatakan, keadaan kapal aman bagi kesehatan jamaah ini karena keadaan kebersihan serta penataan ruangan yang lebih baik bagi tempat tinggal pada jamaah, dan juga perbaikan pada pengobatan dan perawatan.

 

Sumber:

Hindasah Iin dan Amung Ahmad SM. 2018. TRANSPORTASI JAMAAH HAJI MASA KOLONIAL ABAD XIX. 

Hafil, Muhammad. 2022. Enam Kendaraan Laut yang Populer Angkut Jamaah Haji Masa Kolonial. https://ihram.republika.co.id/berita/rhgv66430/enam-kendaraan-laut-yang-populer-angkut-jamaah-haji-masa-kolonial, diakses pada 29 Agustus 2022 pukul 09.35.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Batas-batas Tanah Haram

Batas-batas Tanah Haram

30 Agustus 2022 484x Haji, Religi, Tips Haji & Umrah, Umrah

Sebuah keharusan bagi umat muslim untuk mempelajari dan memahami seluk beluk agama islam. Begitu banyak pembelajaran yang dapat membuat iman kita semakin kuat. Salah satunya adalah mempelajari garis batas-batas tanah haram. Batas tersebut tidak hanya ditemukan di Makkah saja, melainkan di Madinah juga. Tak hanya itu, Dajjal nantinya tidak bisa masuk ke dalam... selengkapnya

Tak Ada Kuota Pendamping Lansia di Haji 2024, Ini Solusinya

Tak Ada Kuota Pendamping Lansia di Haji 2024, Ini Solusinya

6 Maret 2024 141x Haji, Religi

Tak Ada Kuota Pendamping Lansia di Haji 2024, Ini Solusinya Jelang musim haji tahun depan, pemerintah memutuskan untuk tak ada kuota pendamping jamaah haji lanjut usia (lansia). Namun pemerintah menyatakan program bagi peserta haji akan disusun berdasarkan kebutuhannya. Kurangnya pendamping bagi lansia disebabkan oleh kebijakan yang mengutamakan sistem tungg... selengkapnya

Isi Visa Umroh

13 September 2022 372x Religi, Umrah

    Visa merupakan salah satu dokumen penting bagi seseorang yang pergi ke suatu negara termasuk umrah. Ibadah umrah sudah menjadi bagian dari umat muslim dunia, termasuk Indonesia. Setelah diguncang pandemi, Arab Saudi akhirnya membuka kembali gelombang umrah ke Tanah Suci. Menurut laman Kementerian Agama, pengajuan visa umrah sudah dibuka per 14 ... selengkapnya

Our Office

Dreamholidays.co.id
Jl.Dewi Sartika No.3 Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
E-mail : dreamholidays.co.id@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Minggu (08:00 – 22:00) WIB

PT. Kangmas Global Travelindo

Dreamholidays.co.id merupakan salah satu brand dari biro perjalanan wisata yaitu PT. Kangmas Global Travelindo.

Nomor Induk Berusaha : 9120203100972

Hubungi Kami :

Hot Line :

Admin 1 : 081230661206

Admin 2 : 081331333840

Office : 0341-3381284
email : dreamholidays.co.id@gmail.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.