Hotline 081331333840
Informasi lebih lanjut?
Home » Religi » Haji » 8 Hal yang Disunnahkan Ketika Pulang Haji

disunnahkanMenurut Ulama Fikih, Wahbah az-Zuhaili, ada sejumlah hal yang disunnahkan bagi jamaah haji yang telah kembali ke kampung halamannya. Hal ini dijelaskan oleh Wahbah az-Zuhaili dalam kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu Juz 3. Ada beberapa sunnah bagi orang yang baru pulang haji maupun musafir lainnya adalah mengucapkan doa ketika dalam perjalanan, masuk ke masjid lalu menunaikan shalat dua rakaat begitu tiba di rumah, hingga berperilaku lebih baik dari sebelumnya. 

Berikut Hal yang Disunnahkan bagi Orang yang Pulang Haji

  • Mengucapkan Doa sebagaimana Dilakukan Rasulullah

Orang yang pulang haji disunahkan untuk mengucapkan doa sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Umar, bahwa dalam perjalanan pulang setelah melakukan peperangan, haji atau umrah, biasanya Rasulullah SAW bertakbir tiga kali setiap berjalan di tanjakan, lalu beliau berkata:

 

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ، وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، آيِبُوْنَ تَائِبُوْنَ عَابِدُوْنَ، سَاجِدُوْنَ لِرَبِّ حَامِدُوْنَ، صَدَقَ اللهُ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَهَزَمَ الأَحْزَابَ وَحَدَهُ

 

Lâ ilâha illallâhu wahdahû lâ syarîka lahû, lahul mulku, wa lahul hamdu, wa huwa ‘alâ kulli syai’in qadîr, âyibûna, tâ’ibûn, ‘âbidûn, sâjidûn li rabbinâ hâmidûn, shadaqallâhu wa’dahû, wa nashara ‘abdahû, wa hazamal ahzâba wahdahû. 

Artinya: “Tiada tuhan selain Allah, tiada sekutu bagi-Nya. Segenap kekuasaan dan pujian adalah milik-Nya, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Kami pulang, bertobat, beribadah, bersujud, dan memuji Tuhan kami. Allah telah menepati janji-Nya, memenangkan hamba-Nya, dan mengalahkan persekutuan kaum kafir sendirian.”

  • Memberi Kabar setelah Dekat Kampung Halaman

Jemaah haji juga disunnahkan untuk mengutus seseorang untuk memberi kabar kepada keluarga (istri) setelah dekat dengan kampung halaman. Menurut Wahbah az-Zuhaili, hal ini dilakukan agar keluarga di rumah tidak terkejut dengan kedatangannya yang tiba-tiba.

  • Mengucapkan Doa Apabila Melihat Perbatasan Kampung Halaman

Apabila telah melihat perbatasan kampung halamannya, dianjurkan untuk mengucapkan doa berikut

باسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ إنِّي أسألُكَ خَيْرَها وَخَيْرَ أهلها وَخَيْرَ ما فِيها وأعُوذُ بِكَ مِنْ شَرّها وَشَرّ أهلها وَشَرّ مَا فِيهَ

Bismillâh allâhumma innî as-aluka khaira hâdzihi-s-sûqi wa khaira mâ fîhâ wa a’ûdzubika min syarrihâ wa syarri mâ fîhâ. Allâhumma innî a’ûdzubika an ushîba fîhâ yamînan fâjiratan au shafqatan khâsiratan

Artinya: “Ya Allah, aku memohon Engkau memberiku kebaikan negeri ini, kebaikan penduduknya, dan kebaikan apa saja yang ada di dalamnya; dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini, kejahatan penduduknya, serta kejahatan apapun yang ada di dalamnya.”

Sementara itu, sebagian ulama menganjurkan untuk membaca doa yang diriwayatkan oleh Ibnus Sunni sebagaimana ditulis Imam an-Nawawi dalam Kitab al-Adzkaar. Berikut artinya:

“Ya Allah, berilah kami kedamaian dan rezeki yang baik di kampung ini. Ya Allah, berilah kami rezeki yang lapang disini, lindungilah kami dari wabah penyakit di sini, jadikanlah kami dicintai oleh penduduknya, dan buatlah penduduknya yang saleh dicintai oleh kami.”

  • Tidak Mendatangi Keluarga pada Malam Hari

Apabila telah tiba, Wahbah az-Zuhaili mengatakan untuk tidak mendatangi keluarga (istri)nya pada malam hari. Namun, hendaklah masuk ke kampung pada pagi hari atau sore hari. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Muslim, dari Anas bahwa Rasulullah SAW tidak pernah mendatangi keluarganya (sekembalinya dari perjalanan jauh) pada malam hari; beliau mendatangi mereka pada pagi atau sore hari.

Disunnahkan Masuk Dulu ke Masjid dan Shalat 2 Rakaat

Setelah sampai di rumah, disunnahkan masuk dulu ke masjid untuk menunaikan shalat dua rakaat. Setelah masuk rumah, hendaknya juga menunaikan shalat dua rakaat, berdoa, dan bersyukur kepada Allah SWT.

  • Memberikan Ucapan Selamat seperti Dicontohkan Rasulullah

Bagi orang yang memberikan ucapan selamat kepada orang yang baru pulang haji, disunnahkan untuk mengucapkan:

قَبَّلَ اللهُ حَجَّكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَأَخْلَفَ نَفَقَتَكَ

Qabballallâhu hajjaka, wa ghafara dzanbaka, wa akhlafa nafaqataka.

Artinya: “Semoga Allah menerima hajimu, mengampuni dosamu, dan mengganti biaya yang telah kau keluarkan.”

Ucapan ini diriwayatkan oleh al-Hakim dari Ibnu Umar dan Abu Hurairah. al-Hakim mengatakan, “Hadits ini shahih, sesuai dengan syarah Muslim.”

  • Membaca Doa setelah Masuk Rumah

Setelah masuk rumah, dianjurkan membaca doa seperti yang diucapkan oleh Nabi SAW sebagaimana diriwayatkan Ibnu Abbas bahwa setelah pulang dari perjalanan jauh dan sesudah masuk rumah menemui keluarganya, biasanya Nabi SAW berkata

تَوْبًا تَوْبًا، لِرَبِّنَا أَوْبًا، لَا يُغَادِرُ حُوْبً

Tauban, tauban, li rabbinâ awban, lâ yughâdiru hûban.

Artinya: “(Ya Allah) kami memohon Engkau memberi kami tobat yang sempurnah. Kami kembali kepada Tuhan kami, semoga tak tersisa lagi dosa kami.”

  • Berperilaku Lebih baik dari Sebelumnya

Terakhir, orang yang pulang menunaikan haji dianjurkan untuk berperilaku lebih baik dari sebelumnya. Sebab, kata Wahbah az-Zuhaili, hal itu merupakan tanda diterimanya ibadah haji seseorang.

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Negara aman setelah corona berakhir

Negara Aman Setelah Corona Berakhir

29 Desember 2020 583x Travel

Negara Aman Setelah Corona Berakhir Pandemi Covid-19 masih meningkat dan jumlahnya besar, itulah sebabnya orang tidak bisa bepergian dengan bebas. Tentunya hal ini berdampak besar pada semua sektor di dunia. Tapi yakinlah, berita tentang vaksin sudah mulai disebarluaskan ke masyarakat. Perjalanan ke luar negeri akan segera dibuka kembali. Karenanya, ini adal... selengkapnya

Menginap di Hotel Unik, Senyum World Hotel

24 Juni 2023 554x Budaya, Travel

Kota Batu, yang terletak di lereng Gunung Panderman, menjadi tujuan wisata populer bagi wisatawan lokal maupun internasional. Dengan berbagai tempat wisata alami dan buatan seperti Jatim Park, Museum Angkut, Paralayang dan Secret Zoo, Kota Batu menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Jika Anda berencana berlibur ke Kota Batu, Maka penting untuk me... selengkapnya

Batas-batas Tanah Haram

Batas-batas Tanah Haram

30 Agustus 2022 471x Haji, Religi, Tips Haji & Umrah, Umrah

Sebuah keharusan bagi umat muslim untuk mempelajari dan memahami seluk beluk agama islam. Begitu banyak pembelajaran yang dapat membuat iman kita semakin kuat. Salah satunya adalah mempelajari garis batas-batas tanah haram. Batas tersebut tidak hanya ditemukan di Makkah saja, melainkan di Madinah juga. Tak hanya itu, Dajjal nantinya tidak bisa masuk ke dalam... selengkapnya

Our Office

Dreamholidays.co.id
Jl.Dewi Sartika No.3 Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
E-mail : dreamholidays.co.id@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Minggu (08:00 – 22:00) WIB

PT. Kangmas Global Travelindo

Dreamholidays.co.id merupakan salah satu brand dari biro perjalanan wisata yaitu PT. Kangmas Global Travelindo.

Nomor Induk Berusaha : 9120203100972

Hubungi Kami :

Hot Line :

Admin 1 : 081230661206

Admin 2 : 081331333840

Office : 0341-3381284
email : dreamholidays.co.id@gmail.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.