Beranda » Religi » Haji » Berdoa di Taman Surga Saat Umrah

Taman SurgaKita sebagai manusia yang masih hidup di muka bumi ini pastinya belum merasakan surga. Manusia harus melewati beberapa fase setelah kematian mereka. Tempat indah sesuai apa yang kita impikan serta berbagai kenikmatan tersaji di surga. Tapi, ternyata di bumi ada juga “Taman Surga” yang bisa kamu kunjungi. Taman Surga yang dimaksud adalah Raudhah atau Raudhatul Jannah yang terletak di Madinah.

Raudhah atau Raudhatul Jannah

Raudhah adalah tempat yang istimewa di Madinah, dan selalu menjadi tujuan wajib para jamaah umroh dan haji. Tepatnya berada di antara rumah yang kini jadi makam Rasulullah SAW dengan mimbar yang beliau gunakan untuk berdakwah. Luasnya kurang lebih 330 meter persegi. Dahulu Raudhah terletak di luar halaman Masjid Nabawi, yaitu di antara rumah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa salam dan mihrab atau mimbar di Masjid Nabawi. Kini setelah Masjid Nabawi diperluas, lokasi Raudhah terletak di dalam masjid, dengan ukurannya yang hanya 22 x 15 meter. Lokasi itulah yang menjadi taman surga yang tak pernah sepi oleh jamaah haji dan umroh. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Tempat yang di antara rumahku dan mimbarku adalah raudhah (taman) diantara taman-taman surga.” (HR. Bukhari). 

 

Kawasan Raudhah ditandai dengan karpet berwarna hijau muda yang sangat berbeda dengan warna karpet di ruangan lain di dalam masjid Nabawi. Motif karpet yang cantik berwarna hijau muda menghiasi lantai dan menjadi penanda bagi setiap pencari taman surga. Ruangan lain di dalam masjid Nabawi didominasi dengan karpet yang berwarna merah. Di waktu tertentu seperti pada bulan Desember hingga Januari, karpet hijau tersebut bisa diperluas hingga ke beberapa lantai yang pada bulan lain adalah karpet berwarna merah. Dengan ukuran 22 x 15 meter, Raudhah pun hanya cukup untuk menampung beberapa puluh jamaah.

Waktu Istimewa untuk Perempuan

Kawasan Raudhah juga memiliki 5 pilar atau tiang yang berwarna putih dengan atap yang berhiaskan ornamen kaligrafi klasik. Raudhah adalah tempat yang sangat mulia dimana dahulu Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam melakukan ibadah, memimpin shalat, menerima wahyu dan juga menjadi tempat ibadah bagi para sahabat. Lokasi Raudhah sebenarnya merupakan tempat shaf bagi para laki-laki dan hanya terbuka bagi kaum perempuan pada jam-jam tertentu. Yaitu pada saat waktu dhuha, waktu dhuhur, dan waktu isya. Banyak cerita dari para jamaah perempuan yang berdesak-desakan dan bergemuruh ketika antri untuk mendapatkan tempat di Raudhah. Perjuangan perempuan untuk mendapatkan keistimewaan Raudhah yaitu berkali lipat dibandingkan laki-laki.

 

Area dalam masjid yang ada di Raudhah tersebut biasanya diberi sekat kain di beberapa bagian dan dijaga oleh Askar (polisi Mekkah). Jamaah antri di belakang kain tersebut dan baru boleh maju selangkah demi langkah setelah Askar membukakan tirai kain. Inilah yang membuat para jamaah umroh dan haji semakin berlomba-lomba mendapat kesempatan terbaik di Raudhah, hingga mereka berlarian. Justru, jangan berlari-lari ya karena akan membuat Askar tidak suka.

 

Meskipun begitu, Raudhah selalu menjadi salah satu tempat yang diperebutkan oleh ribuan jemaah haji dan umroh. Raudhah yang bersebelahan dengan makam Rasulullah SAW di dalam kompleks Masjid Nabawi merupakan tempat yang sangat mustajab untuk berdoa. Dengan berdoa di Raudhah, maka doa pun niscaya akan dikabulkan oleh Allah.

Sunnah di Raudhah

Sangat disunnahkan memperbanyak ibadah di Raudhah. Misalnya sholat, baik wajib maupun sunnah, dzikir juga i’tikaf. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim bersabda:

 

صَلاَةٌ فِي مَسْجِدِي هَذَا خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ، إِلَّا المَسْجِدَ الحَرَام

 

Yang artinya : “Satu shalat di masjid saya (Masjid Nabawi) ini lebih baik daripada seribu shalat di tempat lain, kecuali Masjidil Haram”.

 

Syaikh Abdullah bin Jibrin rahimahullah juga mengatakan: “Raudhah adalah area di sekitar mimbar yang biasa digunakan oleh Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam untuk berkhutbah. Berdasarkan hadits yang telah disebutkan di atas, raudhah ini termasuk dalam taman-taman surga. Oleh karena itu disunnahkan shalat di raudhah baik shalat fardhu maupun shalat sunnah. Demikian juga disunnahkan i’tikaf atau duduk untuk berdzikir atau membaca Al Qur’an di sana. Karena beribadah di sana terdapat pelipat-gandaan pahala”.

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang. Selain haji dan Umrah dreamholidays.co.id juga menyediakan beberapa paket Tour Luar Negeri.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.