Hotline 081331333840
Informasi lebih lanjut?
Home » Adventure » Blue Mosque Turkey: Masjid Iconic sejak Tahun 1600-an

Sudah menjadi rahasia umum kalau negara Turki memiliki sejuta keindahan daya tarik wisatanya. Tak hanya budaya, bangunan kuno yang masih berdiri tegak hingga saat ini juga menjadi primadona bagi setiap insan yang pergi ke sana. DI Turki terdapat tempat wisata iconic, yaitu Blue Mosque. Meskipun bangunan tersebut adalah masjid, namun tidak hanya wisatawan muslim saja yang dapat pergi ke sana. Wisatawan non muslim pun juga dapat memanjakan mata mereka untuk melihat keindahan dari masjid yang telah ada sejak tahun 1600-an tersebut.

Blue Mosque Turkey

Masjid Biru atau Blue Mosque ini sudah terkenal sejak lama akan keindahan arsitektur dan interior yang ada di dalamnya. Blue Mosque ini memiliki struktur dasar bangunan yang hampir berbentuk kubus dengan ukuran 53 x  51 meter. Sama seperti Hagia Sophia, masjid ini juga memiliki perpaduan elemen Kristen di era Bizantium serta elemen muslim pada corak arsitekturnya. Bangunan Blue Mosque terdiri dari satu kubah utama, enam menara, dan delapan kubah sekunder. Sedangkan interior di dalam masjid dilapisi dengan lebih dari 20.000 ubin keramik yang bergaya Iznik. Pada elemen terpenting yang ada di dalam masjid, yang tidak lain adalah Mihrab. Terbuat dari marmer yang diukir dan di ukir halus, dengan relung stalaktit dan panel prasasti ganda di atasnya.

Blue Mosque

Masjid ini telah dirancang dengan baik sehingga pada saat masjid sedang sangat ramai, semua orang yang ada di dalam masjid tetap bisa melihat dan  mendengarkan suara imam. Semua arsitektur yang megah dan eksentrik tersebut adalah karya dari arsitek Ottoman yang bernama Sedefkar Mehmed Agha. Ia merupakan arsitek yang berasal dari Albania dan merupakan murid dari Mimar Sinan, yaitu arsitek paling tersohor di Turki pada masanya. Blue Mosque ini merupakan puncak karir dari Mahmed Agha. 

Lokasi Blue Mosque Turkey

Masjid biru ini dahulunya dibangun di atas tanah bekas istana kerajaan Bizantium. Dan terletak tepat di hadapan Hagia Sophia. Sama-sama terletak di Istanbul kedua bangunan ini sering disebut kembar. Jika dilihat sekilas Blue Mosque ini tampak menyaingi Hagia Sophia.

 

Meskipun bangunan ini adalah masjid, area Blue Mosque juga merupakan sebuah kompleks tempat kegiatan sosial masyarakat berlangsung. Pada area ini terdapat madrasah, sekolah dasar, paviliun kerajaan, dan acara bazar tempat dimana para pedagang berjualan souvenir, juga terdapat taman serta makam di area Blue Mosque ini. Untuk para wisatawan tidak perlu khawatir, karena para wisatawan bebas untuk mengunjungi pelataran maupun masuk ke dalam masjid, asalkan mematuhi peraturan yang telah ditetapkan. Pihak pengelola akan menutup sementara kunjungan wisatawan di dalam masjid apabila telah memasuki waktu sholat. setelahnya area masjid akan dibuka kembali. 

 

Yuk segera berlibur ke Turki untuk bisa merasakan pengalaman-pengalaman di atas. Kami menyediakan paket tour ke Turki yang pastinya memiliki harga terjangkau serta destinasi wisata yang sesuai dengan keinginan anda.

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Ko Samui

Ko Samui

31 Agustus 2018 588x Thailand

KO SAMUI Tempat yang satu ini memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Pantai yang berpasir putih, serta pohon kelapa yang menjulang tinggi dan terumbu karang yang indah, sehingga banyak menarik minat wisatawan untuk datang ke pulau ini. Selain itu, Ko Samui sangat disukai bagi para wisatawan dari berbagai belahan dunia yang ingin Menikmati keindaha... selengkapnya

dubai

Tips dan Trik Liburan Hemat di Dubai

17 Oktober 2022 301x Adventure, Travel

Dubai hadir dengan berbagai macam pilihan atraksi wisata. Tentunya wisatawan pun pasti ingin mencoba satu persatu atraksi wisata tersebut. Meskipun banyak atraksi wisata, anda tak perlu khawatir untuk liburan ke Dubai. Dubai memberikan penawaran untuk menikmati beragam atraksi wisata dengan biaya yang lebih hemat. Department of Tourism and Commerce Marketing... selengkapnya

Haji dan Umroh: 9 Keutamaan Menjalankannya

5 November 2022 562x Haji, Religi, Tips Haji & Umrah, Umrah

Terdapat sebuah  kaidah fiqih yang berbunyi “ An-ni’mah bi qadrin niqmah, wan niqmah bi qadrin ni’mah” atau yang berarti “Kadar kenikmatan selalu seimbang dengan sakit, pengorbanan, demikian sebaliknya, sakit pengorbanan akan terbayar kontan oleh kenikmatan”. Kaidah ini merupakan suatu kaidah yang mampu mewakili suara-suara umat muslim yang raji... selengkapnya

Our Office

Dreamholidays.co.id
Jl.Dewi Sartika No.3 Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
E-mail : dreamholidays.co.id@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Minggu (08:00 – 22:00) WIB

PT. Kangmas Global Travelindo

Dreamholidays.co.id merupakan salah satu brand dari biro perjalanan wisata yaitu PT. Kangmas Global Travelindo.

Nomor Induk Berusaha : 9120203100972

Hubungi Kami :

Hot Line :

Admin 1 : 081230661206

Admin 2 : 081331333840

Office : 0341-3381284
email : dreamholidays.co.id@gmail.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.