Hotline 081331333840
Informasi lebih lanjut?

Keistimewaan Hajar Aswad

7 Agustus 2022 324x Haji, Religi, Umrah

Home » Religi » Haji » Keistimewaan Hajar Aswad
Keistimewaan Hajar Aswad

Sumber: https://www.flickr.com/photos/vmwabe/38573476276

Pemerintah Arab Saudi telah merilis foto terbaru Hajar Aswad atau black stone di Ka’bah, Makkah. Ada beberapa keistimewaan dari batu tersebut. Hajar Aswad adalah batu mulia yang berasal dari surga. Nama Hajar Aswad berasal dari bahasa Arab al-Hajaru al-Aswad. Secara harfiah, Hajar berarti batu dan Aswad berarti hitam. Berikut ini merupakan keistimewaan Hajar Aswad:

  • Batu dari surga

Hajar Aswad dibawa dari surga oleh Malaikat Jibril atas perintah Allah SWT. Ketika itu, Allah memerintahkan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS untuk membangun tempat ibadah pertama di dunia. Di bumi, Malaikat Jibril memberikan batu tersebut kepada Nabi Ismail AS dan diletakkan oleh Nabi Ibrahim AS di sudut Ka’bah bagian timur laut. Seringkali disebut sebagai batu paling mulia di dunia karena berasal dari surga. 

  • Berwarna putih dan semakin menghitam

Batu Aswad semula berwarna putih bersih dan bersinar, tetapi batu ini menjadi semakin hitam karena dosa-dosa manusia. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi. 

“Batu hitam turun dari surga dan itu lebih putih dari susu, tetapi dosa anak-anak Adam mengubahnya menjadi hitam,” (HR Tirmidzi).

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi dan pendaftaran kunjungi Andalus Travel Batu Malang.

 

  • Sunah Rasul mencium Hajar Aswad

Mencium batu tersebut merupakan salah satu sunnah Rasul. Nabi Muhammad SAW pernah memberi contoh untuk mencium batu tersebut. Hal ini sesuai dengan cerita dari Umar bin Khattab yang ada dalam hadits riwayat Bukhari. 

“Sungguh, aku tahu, kamu hanya batu. Tidak bisa memberi manfaat atau bahaya apa pun. Andai saja aku ini tak pernah sekalipun melihat Rasulullah SAW menciummu, aku pun enggan menciummu,” (HR Bukhari).

  • Seolah-olah tangan Allah di bumi

Mengutip dari situs Nahdhlatul Ulama, diriwayatkan Abu Ubaid, Rasulullah mengibaratkan batu itu sebagai tangan Allah di bumi. Mengusapnya ibarat sedang bersalaman dengan Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadits riwayat Ibnu Majah. 

“Barangsiapa bersalaman dengannya (Hajar Aswad), seolah-olah ia sedang bersalaman dengan Allah yang Maha Pengasih,” HR Ibnu Majah. 

  • Menjadi saksi di hari kiamat

Allah SWT akan membangkitkan Hajar Aswad di hari Kiamat dam menjadi saksi bagi umat manusia. Hal ini sesuai dengan keterangan Ibnu Abbas RA atas sabda Rasulullah SAW yaitu:

“Demi Alllah, Allah akan mengutus batu tersebut pada hari kiamat dan ia memiliki dua mata yang bisa melihat, memiliki lisan yang bisa berbicara, dan akan menjadi saksi bagi siapa yang benar-benar menyentuhnya.   

 

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

5 Persiapan Mental Sebelum Haji agar Ibadah Berjalan Lancar

5 Persiapan Mental Sebelum Haji agar Ibadah Berjalan Lancar

24 Januari 2024 149x Haji, Religi, Tips Haji & Umrah

5 Persiapan Mental Sebelum Haji agar Ibadah Berjalan Lancar Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim setidaknya sekali seumur hidup. Kegiatan ini melibatkan perjalanan jauh, fisik dan mental yang kuat, serta kesiapan dalam menghadapi berbagai tantangan. Untuk memastikan ibadah berjalan lancar, persiapan mental sebelum ha... selengkapnya

Qatif

Kawasan Kumuh yang Diubah Menjadi Situs Wisata, Inilah Qatif

10 November 2022 213x Haji, Religi

Kawasan kumuh tidak hanya ada di Indonesia saja, melainkan di berbagai negara lainnya termasuk Arab Saudi. Kawasan kumuh di Arab Saudi yang bernama Qatif akan dirombak dan diubah menjadi tempat yang bisa bernilai wisata bagi pemerintah Arab Saudi. Hal ini dilakukan agar kawasan tersebut menjadi lebih rapi, bersih tertata, dan meningkatkan pembangunan.  Qati... selengkapnya

Keistimewahan Umrah di Bulan Ramadhan

Keistimewahan Umrah di Bulan Ramadhan

23 Agustus 2022 167x Haji, Religi

Dalam menjalankan Indah Umrah, Seseorang pernah mengatakan. Rasulullah SAW bersabda, “Melakukan umrah di bulan puasa Ramadhan sama atau menyamai ibadah haji”. Dari Ibnu Abbas RA ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘Umrah di bulan Ramadhan menyamai ibadah haji,’” (HR Ibnu Majah). Sabda Rasulullah SAW ini dengan sangat jelas menunjukkan keutamaa... selengkapnya

Our Office

Dreamholidays.co.id
Jl.Dewi Sartika No.3 Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
E-mail : dreamholidays.co.id@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Minggu (08:00 – 22:00) WIB

PT. Kangmas Global Travelindo

Dreamholidays.co.id merupakan salah satu brand dari biro perjalanan wisata yaitu PT. Kangmas Global Travelindo.

Nomor Induk Berusaha : 9120203100972

Hubungi Kami :

Hot Line :

Admin 1 : 081230661206

Admin 2 : 081331333840

Office : 0341-3381284
email : dreamholidays.co.id@gmail.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.