Hotline 081331333840
Informasi lebih lanjut?
Home » Religi » Haji » Haji dan Umroh: 9 Keutamaan Menjalankannya

Haji dan UmrohTerdapat sebuah  kaidah fiqih yang berbunyi “ An-ni’mah bi qadrin niqmah, wan niqmah bi qadrin ni’mah” atau yang berarti “Kadar kenikmatan selalu seimbang dengan sakit, pengorbanan, demikian sebaliknya, sakit pengorbanan akan terbayar kontan oleh kenikmatan”. Kaidah ini merupakan suatu kaidah yang mampu mewakili suara-suara umat muslim yang rajin melaksanakan ibadah. Termasuk ibadah haji dan umroh.

 

Meskipun umat muslim di seluruh dunia ini lahir dari tanah yang berbeda. Bahkan dengan kultur dan bahasa yang tidak sama, namun mereka tetap memiliki konsep-konsep hidup yang selaras. Setiap umat tentunya ingin jika kebaikan yang dilakukan dapat membuahkan hasil. Baik hasil yang berkaitan dengan urusan duniawi maupun hasil ketika di akhirat nanti. 

 

Ibadah haji dan umroh adalah salah satu ibadah yang akan menghasilkan kebaikan kala umat islam telah melaksanakannya. Allah telah memberikan janji dibalik dilakukannya ibadah umroh. Allah telah menyampaikan janjinya melalui Al-Qur’an serta melalui utusan-utusan-Nya. Sehingga mulai dari kalangan sejarawan, agamawan, bahkan hingga petani, nelayan, artis, semuanya berbondong-bondong ingin beribadah di tanah suci. Pada kesempatan ini kami akan menyampaikan 9 keutamaan ibadah haji dan umroh yang mabrur.

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang.

 

  • Pelaku haji yang taat akan disucikan dari segala noda

 

Dalam Hadist riwayat Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

 

من حج فلم يرفث ولم يفسق رجع كما ولدته أمه

 

Artinya: “Siapapun yang berhaji dan tidak melakukan berkata kotor dan berlaku fasik, maka akan kembali suci sebagaimana saat ia dilahirkan.” (HR Bukhari dan Muslim)

 

  • Ibadah umroh menghapus dosa, ibadah haji menjanjikan surga

 

Pada Riwayat Abu Hurairah, shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

العمرة إلى العمرة كفارة لما بينهما، والحج المبرور ليس له جزاء إلا الجنة

 

Artinya: “Satu ibadah umroh selanjutnya dapat menghapus dosa antara keduanya, dan haji yang mabrur hanya akan diganjar dengan surga.” (HR Riwayat Bukhari dan Muslim)

 

  • Ibadah haji dapat menghapus dosa yang telah dilakukan

 

Pada saat sahabat Amr bin ‘Ash berbaiat kepada Rasulullah, ia ditanya apa yang sebenarnya diinginkan. kemudian Amr bin ‘Ash menjawab, bahwa dirinya hanya meminta 1 syarat. Ia akan sukarela melanjutkan baiat dengan syarat seluruh dosanya diampuni. Kemudian Rasulullah menjawab,

 

أما علمت أن الإسلام يهدم ما كان قبله، وأن الهجرة تهدم ما كان قبلها، وأن الحج يهدم ما كان قبله

 

Artinya: “Apakah kamu tidak tahu bahwa masuk Islam, berhijrah dan menunaikan ibadah haji bisa menghapus dosa masa lalu?” tegas baginda Rasulullah kepada Amr. (HR Muslim)

 

  • Haji mabrur sebagai amal terbaik setelah jihad.

 

Abu Hurairah meriwayatkan ihwal baginda Rasulullah yang pernah ditanya oleh seorang sahabat tentang amal terbaik. Nabi menjawab, amal terbaik adalah beriman kepada Allah dan Rasulullah, lalu dilanjutkan dengan jihad di sabilillah, dan dibawahnya Rasulullah menyebut haji mabrur. (HR Bukhari)

 

  • Haji dan Umrah menghapus kefakiran dan dosa.

 

Dari Abdullah bin Mas’ud, Rasulullah bersabda,

 

تابعوا بين الحج والعمرة؛ فإنهما ينفيان الفقر والذنوب كما ينفي الكير خبث الحديد والذهب والفضة وليس للحج المبرور ثواب إلا الجنة

 

Artinya: “Lakukanlah haji dan umroh secara berturut (entah haji dulu lalu umroh, atau sebaliknya), karena keduanya dapat menghapus kefakiran dan dosa sebagaimana ubub membersihkan besi, emas dan perak, dan haji mabrur hanya akan diganjar dengan surga.” (HR At-Tirmidzi)

 

  • Haji disebut sebagai jihad paling elegan.

 

Di suatu masa, pada saat Sayyidah Aisyah pernah mengadu kepada Rasulullah ihwal jihad yang dikukuhkan sebagai amal terbaik umat, akan tetapi hanya bisa dilakukan oleh kaum laki-laki, dan tidak boleh dilakukan oleh kaum perempuan. Lalu, Aisyah meminta bagaimana agar perempuan juga berjihad. Rasulullah pun menjawab,

 

لَكنَّ أحسن الجهاد وأجمله الحجُّ حجٌّ مبرور

 

Artinya: “Tidak, sebab haji mabrur adalah jihad terbaik dan paling elegan.” (HR Bukhari)

 

Memang benar bahwa jihad adalah amalan terbaik umat muslim, namun yang terbaik di antara jihad-jihad tersebut adalah haji yang mabrur.

 

  • Jamaah haji dan umroh sebagai wakil Allah di dunia.

 

Rasulullah bersabda dalam riwayat Abu Hurairah, 

 

وفد اللَّه ثلاثة: الغازي، والحاج، والمعتمر

 

Artinya: “Wakil Allah di dunia ada tiga; bala tentara pembela agama Allah, jamaah haji dan umroh.”

 

  • Mendapatkan fasilitas doa mustajab

 

Abdullah bin Umar meriwayatkan, Rasulullah bersabda,

 

الغازي في سبيل اللَّه، والحاج، والمعتمر، وفد اللَّه دعاهم فأجابوا وسألوه فأعطاهم

 

Artinya: “Bala tentara fii sabilillah, jamaah haji dan umroh adalah wakil Allah, saat dipanggil mereka akan berduyun-duyun memenuhi panggilan, dan saat mereka meminta, Allah pasti kabulkan”

 

  • Umroh di bulan ramadhan setara dengan haji

 

Baginda Rasulullah sangat mengapresiasi umatnya yang menjalankan ibadah umroh di bulan ramadhan. Dalam sebuah hadist riwayat Abdullah bin Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

عمرة في رمضان تعدل حجة أو حجة معي

 

Artinya: “Umroh di bulan Ramadhan setara dengan ibadah haji, atau setara dengan ibadah haji bersama ku (dalam riwayat yang lain).” (HR Bukhari dan Muslim).

 

Itulah tadi 9 janji Allah bagi umatnya yang menunaikan ibadah haji dan umroh. Semoga bermanfaat.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Keistimewaan Hajar Aswad

Keistimewaan Hajar Aswad

7 Agustus 2022 289x Haji, Religi, Umrah

Pemerintah Arab Saudi telah merilis foto terbaru Hajar Aswad atau black stone di Ka’bah, Makkah. Ada beberapa keistimewaan dari batu tersebut. Hajar Aswad adalah batu mulia yang berasal dari surga. Nama Hajar Aswad berasal dari bahasa Arab al-Hajaru al-Aswad. Secara harfiah, Hajar berarti batu dan Aswad berarti hitam. Berikut ini merupakan keistimewaan Haj... selengkapnya

Asiatique

Asiatique

31 Agustus 2018 499x Photography, Thailand, Travel

ASIATIQUE Asiatique ini dulunya adalah dermaga kapal laut, jadi awal mulanya kalau ga salah pada tahun 1990an Raja Yang berkuasa di daerah ini yaitu Raja Chulalongkorn ( agak sulit nulis namanya) sedang waspada karena ada gerakan invasi dan penjajahan bangsa Eropa ke Siam (Thailand). Raja pun memiliki ide untuk berkerjasama dengan Denmark agar bisa menghadap... selengkapnya

Sapa, Vietnam: Menggali Keindahan Alam dan Budaya yang Menakjubkan

29 Maret 2024 27x Budaya, Nature, Travel, vietnam

Sapa, sebuah kota pegunungan yang terletak di Provinsi Lao Cai, Vietnam, adalah destinasi yang memukau dengan keindahan alamnya yang spektakuler dan budaya etnis yang kaya. Dikelilingi oleh pegunungan yang hijau dan sawah terasering yang menakjubkan, Sapa menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi para pelancong yang mencari petualangan dan penemu... selengkapnya

Our Office

Dreamholidays.co.id
Jl.Dewi Sartika No.3 Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
E-mail : dreamholidays.co.id@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Minggu (08:00 – 22:00) WIB

PT. Kangmas Global Travelindo

Dreamholidays.co.id merupakan salah satu brand dari biro perjalanan wisata yaitu PT. Kangmas Global Travelindo.

Nomor Induk Berusaha : 9120203100972

Hubungi Kami :

Hot Line :

Admin 1 : 081230661206

Admin 2 : 081331333840

Office : 0341-3381284
email : dreamholidays.co.id@gmail.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.