Hotline 081331333840
Informasi lebih lanjut?
Home » Religi » Haji » Keistimewaan Melaksanakan Ibadah Umroh di Bulan Ramadhan

UmrohUmroh di Bulan Ramadhan

Ibadah umroh memang memiliki banyak keutamaan. Umroh di bulan ramadhan pun memiliki keutamaan tersendiri dan terasa istimewa jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Melaksanakan ibadah umroh di bulan ramadhan senilai dengan haji bahkan seperti bersama nabi SAW.

Dari Ibnu Abbas RA, beliau berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bertanya kepada seorang wanita, 

 

مَا مَنَعَكِ أَنْ تَحُجِّى مَعَنَا

 

“apa alasanmu sehingga tidak ikut berhaji bersama kami”

 

Kemudian wanita tersebut pun menjawab “aku mempunyai tugas untuk memberi minum pada seekor unta di mana unta tersebut ditunggangi oleh fulan dan anaknya -ditunggangi suami dan anaknya-. Ia meninggalkan unta tadi tanpa diberi minum, lantas kamilah yang bertugas membawakan air pada unta tersebut”. Mendengar hal itu rasulullah kemudian bersabda,

 

فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِى فِيهِ فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ حَجَّةٌ

 

“Jika ramadhan tiba, berumlahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR Bukhari no. 1782 dan Muslim no. 1256)

 

Dalam lafadz Muslim disebutkan,

 

فَإِنَّ عُمْرَةً فِيهِ تَعْدِلُ حَجَّةً

 

“umrah pada bulan Ramadhan senilai dengan haji” (HR Muslim no.1256)

 

Dalam lafazh Bukhari yang lain disebutkan,

 

فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ تَقْضِى حَجَّةً مَعِى

 

“sesungguhnya umrah di Ramadhan seperti haji bersamaku” (HR Bukhari no. 1863). 

 

Bagaimana maksud dari senilai dengan Haji?

 

Imam Nawawi rahimahullah mengatakan “Yang dimaksud adalah umroh Ramadhan mendapati pahala seperti pahala haji”. Meskipun begitu bukan berarti umroh Ramadhan setara dengan haji secara keseluruhan. Sehingga apabila seseorang mempunyai kewajiban haji lalu ia berumrah di bulan Ramadhan maka umrah tersebut tidak bisa menggantikan haji tadi” (Syarh Shahih Muslim, 9:2)

 

Apakah umroh Ramadhan bisa menggantikan haji yang wajib?

 

Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimahullah (Ketua Komisi Fatwa Kerajaan Saudi Arabia di masa silam) pernah menjelaskan maksud umrah Ramadhan seperti berhaji bersama Rasulullah SAW. Beliau mendapatkan pertanyaan “apakah umrah di bulan Ramadhan bisa menggantikan haji berdasarkan sabda Rasulullah SAW, “Barangsiapa berumrah di bulan Ramadhan maka ia seperti haji bersamaku”?”

Kemudian Syaikh Rahimahullah menjawab, “Umrah di bulan Ramadhan tidaklah bisa menggantikan haji, namun umrah di bulan ramadhan mendapatkan keutamaan haji berdasarkan sabda Nabi SAW, ‘umrah ramadhan senilai dengan haji’. Atau dalam riwayat lain disebutkan bahwa umrah ramadhan seperti berhaji bersama nabi SAW, yaitu yang dimaksudkan adalah sama dengan keutamaan dan pahalanya. Dan maknanya pun bukan umrah Ramadhan bisa menggantikan haji. Orang yang berumrah di bulan ramadhan masih punya kewajiban haji walau ia telah melaksanakan umrah ramadhan, demikian pendapat seluruh ulama. Jadi dapat disimpulkan bahwa umrah Ramadhan senilai dengan haji dari sisi keutamaan dan pahala. Namun tetap tidak bisa menggantikan haji yang wajib.”

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang. Selain haji dan Umrah dreamholidays.co.id juga menyediakan beberapa paket Tour Luar Negeri.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Kacang-Kacangan

Rekomendasi Makanan yang Harus Dibawa Selama Umroh

10 Januari 2024 196x Tips Haji & Umrah, Umrah

Melakukan perjalanan umroh adalah pengalaman spiritual yang sangat berarti bagi setiap muslim. Dalam menjalani ibadah tersebut, menjaga kesehatan dan memastikan kenyamanan menjadi hal yang krusial. Salah satu aspek penting adalah pemilihan makanan yang dibawa selama perjalanan. Kita akan membahas rekomendasi makanan yang harus dibawa peserta umroh agar tidak... selengkapnya

taiwan

Ingin Ke Taiwan? Inilah 8 Hal Yang Wajib Dilakukan

25 Oktober 2022 385x Adventure, Backpacker, China, Travel

Jika anda adalah salah satu penggemar street food dan ingin menikmati street food dengan suasana yang berbeda, berkunjung ke Negara Taiwan adalah salah satu solusinya. Banyak opsi yang bisa dilakukan jika anda ingin traveling ke Taiwan. Tempat wisata, atraksi-atraksi, hingga fasilitas-fasilitas lain yang muslim friendly semakin menambah daya tarik wisatawan ... selengkapnya

Fushimi inari

Fushimi Inari Taisha

18 Juli 2019 662x Creative, Jepang, Photography, Travel

Fushimi Inari Taisha Shrine Kuil Fushimi Inari (伏 見 稲 荷 大 社, Fushimi Inari Taisha) adalah kuil Shinto yang penting di Kyoto selatan. Kuil ini terkenal dengan ribuan gerbang toriinya, yang menghiasi sepanjang jalan setapak di belakang bangunan utamanya. Jalan setapak itu mengarah ke hutan kayu Gunung Inari yang sakral, yang berada pada ketinggian.... selengkapnya

Our Office

Dreamholidays.co.id
Jl.Dewi Sartika No.3 Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
E-mail : dreamholidays.co.id@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Minggu (08:00 – 22:00) WIB

PT. Kangmas Global Travelindo

Dreamholidays.co.id merupakan salah satu brand dari biro perjalanan wisata yaitu PT. Kangmas Global Travelindo.

Nomor Induk Berusaha : 9120203100972

Hubungi Kami :

Hot Line :

Admin 1 : 081230661206

Admin 2 : 081331333840

Office : 0341-3381284
email : dreamholidays.co.id@gmail.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.