Hotline 081331333840
Informasi lebih lanjut?
Home » Religi » Haji » Mengenal Sekilas Hijr Ismail

Hijr IsmailPaket Umroh Murah-Hijr Ismail

Pergi menunaikan ibadah umroh dan haji merupakan impian seluruh umat muslim. Tidak hanya beribadah, berkunjung ke Tanah Suci juga membuat para jamaah haji dan umroh akan mendapatkan banyak pengalaman baru. Pengalaman baru tersebut banyak didapat ketika seseorang mengunjungi tempat-tempat religius yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Hijr Ismail. 

 

Di sekitar Ka’bah terdapat bangunan seperti pagar setengah lingkaran yang ada di sebelah utara Ka’bah. Lingkaran pagar tersebut berdiri setinggi 1,3 meter dan panjang kurang lebih 21,5 meter. Area di dalam pagar inilah yang disebut sebagai Hijr Ismail. 

Hijr Ismail

Hijr Ismail merupakan tempat favorit para jamaah karena penuh berkah dan mustajabnya doa yang dipanjatkan di dalamnya. Ketika pandemi kemarin, area Hijr Ismail merupakan tempat yang tidak lagi bisa bebas diakses dan disentuh oleh jamaah selain Ka’bah, Hajar Aswad, dan Multazam (dinding antara Hajar Aswad dan pintu Ka’bah). Pada saat kondisi normal, ribuah jamaah akan berebut untuk masuk ke Hijr Ismail melalui dua pintu yang berada di sebelah timur dan barat area. Para jamaah akan rela berdesak-desakan untuk dapat masuk dan melaksanakan shalat dan berdoa di dalamnya. 

 

Ketika berada di dalam para jamaah akan sulit untuk melaksanakan shalat secara sempurna. Hal ini dikarenakan kapasitas jamaah yang membludak dan dibatasi waktu karena banyak jamaah lain yang menunggu untuk masuk ke dalam. Sebagian dari Hijr Ismail sendiri merupakan bagian dari Ka’bah. Sehingga masuk ke dalamnya sama saja dengan berada di dalam Ka’bah. 

 

Dikisahkan ketika Siti Aisyah ingin masuk ke dalam Ka’bah, Rasulullah bersabda yang diriwayatkan oleh Abu Daud: Sayyidah Aisyah berkata: Aku sangat ingin memasuki Ka’bah untuk melakukan shalat di dalamnya. Rasulullah  membawa Siti Aisyah ke dalam Hijir Ismail dan berkata: Shalatlah kamu di sini jika kamu ingin shalat di dalam Ka’bah, karena termasuk sebagian dari Ka’bah. 

Riwayat Nabi

Berbagai riwayat menyebutkan bahwa awal adanya Hijir Ismail adalah bekas kamar Ismail bersama ibunya, Siti Hajar. Tempat yang awalnya hanya pondasi batu dan ditutup atapnya dengan dedaunan ini menjadi lokasi Ismail dan Siti Hajar beristirahat. Pada tahun 606 Masehi, Kaum Quraisy melakukan pemugaran Ka’bah ketika Nabi Muhammad berumur 35 tahun. Karena kekurangan biaya untuk memugar, akhirnya tembok sisi barat dan timur dikurangi sekitar 3 meter. Pengurangan dinding Ka’bah ini secara otomatis menambah luas Hijir Ismail dari yang awalnya 5,5 meter menjadi 8,5 meter. 

 

Kisah ini juga tersebut dalam hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Aisyah: Tahukah engkau bahwa ketika kaummu membangun Ka’bah, mereka telah mengurangi dasar-dasar yang dibangun Nabi Ibrahim. 

 

Adapun keutamaan beribadah di dalam Hijr Ismail di antaranya adalah adanya sejumlah malaikat yang berada di pintu masuk. Para malaikat ini selalu mengatakan kepada setiap orang yang masuk dan shalat dua rakaat di Hijr Ismail bahwa mereka telah diampuni dosa-dosanya.

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Isi Visa Umroh

13 September 2022 348x Religi, Umrah

    Visa merupakan salah satu dokumen penting bagi seseorang yang pergi ke suatu negara termasuk umrah. Ibadah umrah sudah menjadi bagian dari umat muslim dunia, termasuk Indonesia. Setelah diguncang pandemi, Arab Saudi akhirnya membuka kembali gelombang umrah ke Tanah Suci. Menurut laman Kementerian Agama, pengajuan visa umrah sudah dibuka per 14 ... selengkapnya

garden of morning calm

Garden of Morning Calm

13 Agustus 2019 410x Creative, Korea, Photography, Travel

Garden of Morning Calm Garden of Morning Calm (아침 고요 수목원) adalah arboretum yang terletak di sebelah timur Seoul, di distrik Gapyeong, Korea Selatan. Taman ini memiliki luas sekitar 300.000 m², taman ini juga berisi lebih dari 5.000 spesies tanaman. Beberapa tanaman yang ada termasuk tanaman langka atau terancam punah. Taman ini juga menarik 60... selengkapnya

wisata kuliner kuala lumpur

Wisata Kuliner Kuala Lumpur yang Wajib Dicoba

2 Maret 2023 459x Kuliner, Malaysia

Wisata kuliner merupakan salah satu kegiatan yang disukai oleh sebagian besar orang, mulai dari remaja, orang dewasa, maupun anak-anak. Dengan berwisata kuliner, kamu dapat menikmati berbagai makanan mulai dari yang asam, manis, gurih, hingga pedas. Salah satu kuliner yang wajib di coba adalah kuliner dari Negara tetangga yaitu Kuala Lumpur karena memiliki j... selengkapnya

Our Office

Dreamholidays.co.id
Jl.Dewi Sartika No.3 Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
E-mail : dreamholidays.co.id@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Minggu (08:00 – 22:00) WIB

PT. Kangmas Global Travelindo

Dreamholidays.co.id merupakan salah satu brand dari biro perjalanan wisata yaitu PT. Kangmas Global Travelindo.

Nomor Induk Berusaha : 9120203100972

Hubungi Kami :

Hot Line :

Admin 1 : 081230661206

Admin 2 : 081331333840

Office : 0341-3381284
email : dreamholidays.co.id@gmail.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.