Hotline 081331333840
Informasi lebih lanjut?
Home » Religi » Haji » Pembagian DAM dalam Ibadah Haji

 

Dam haji merupakan denda atau sanksi yang harus dibayar saat seseorang menunaikan ibadah haji atau umrah karena alasan yang menyebabkan. Berikut ini penjelasan dan pembagian dam dalam ibadah haji. Menurut buku Tuntunan Super Lengkap Haji dan Umrah karya Ust. A. Solihin As Suhaili (2016: 86), adapun sebab-sebab yang dimaksud yaitu: 

  1. Meninggalkan sesuatu yang diperintahkan. 
  2. Melakukan hal-hal yang dilarang dalam ihram. 
  3. Terhalang dalam perjalanan menuju Mekah karena sakit keras atau adanya peperangan, sehingga tidak bisa melanjutkan ritual haji maupun umrah.

Secara bahasa, dam artinya darah. Sedangkan secara syariah dam artinya menyembelih hewan ternak seperti unta, sapi, atau kambing untuk memenuhi ibadah manasik haji. Dam tidak harus dengan cara menyembelih hewan. Dam bisa juga berapa fidyah dalam bentuk memberi makan fakir miskin, berpuasa, hingga bersedekah.

 

Dalam bukunya berjudul Fiqih Islam Wa Adilatuhu Jilid 3 (2021: 585), Prof Dr. Wahbah Az-Zuhaili) memaparkan, bahwa dam dibagi menjadi tiga macam yaitu:

Dam Nusuk

Dam Nusuk adalah dam yang diwajibkan bagi jamaah haji yang menjalankan manasik dengan cara Tamatu atau Qiran. Jadi, dam ini hanya untuk memenuhi ketentuan ibadah haji Tamatu atau Qiran, bukan karena melakukan pelanggaran.

Tamatu adalah ibadah haji yang dilakukan dengan cara melakukan umrah terlebih dahulu baru dilanjutkan dengan prosesi haji. Denda atau Dam untuk haji ini adalah menyembelih seekor kambing per seorang jamaah haji dan dagingnya dibagikan kepada fakir miskin.

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi dan pendaftaran kunjungi Andalus Travel Batu Malang.

 

Dam Isa’ah

Dam Isa’ah adalah denda yang diwajibkan untuk jamaah yang tidak mengerjakan atau meninggalkan perkara-perkara wajib haji seperti: 

  1. Tidak berihram/niat haji/umrah dari mīqāt; 
  2. Tidak melakukan mabit di Muzdalifah; 
  3. Tidak melakukan mabit di Mina; 
  4. Tidak melontar jumrah; 
  5. Tidak melakukan thawaf wada’. 

Selain itu, dam ini juga diwajibkan bagi jamaah haji atau umrah yang tidak bisa melanjutkan perjalanan ke Mekah karena sebab tertentu seperti sakit atau terhalang peperangan. Dam Isa’ah yang harus dipenuhi seseorang yaitu dengan cara menyembelih seekor kambing.

Dam Kafarat

Berikutnya yang ketiga, Dam kafarat adalah denda bagi jamaah haji atau umrah, apabila ia mengerjakan sesuatu yang diharamkan selama masa ihram. Adapun jenis pelanggaran beserta denda yang harus dibayarkan antara lain: 

  • Melanggar Larangan Ihram  
  • Memakai pakaian yang dijahit (laki-laki)
  • Memakai penutup kepala (laki-laki)
  • Menutup wajah (perempuan) 
  • Memakai kaos tangan (perempuan) 
  • Memakai wewangian pada badan dan pakaian 
  • Memakai minyak rambut baik yang harum atau tidak Mencukur rambut dan bulu pada badan 
  • Memotong kuku atau mencabutnya 

Sebagai tembusan dari jenis pelanggaran di atas, jamaah boleh memilih dam yang harus dibayarkan antara lain: 

  • Membayar dam dengan seekor kambing.
  • Membayar fidyah dengan bersedekah kepada enam fakir miskin. Masing-masing ½ sha’ (2 mid = 1 ½ kg makanan pokok jenis apapun). 
  • Menjalankan puasa tiga hari.

 

Membunuh Binatang Darat

Bila jamah haji atau umrah melakukan pelanggaran ini tetapi benar-benar tidak mampu membayar sesuai penjelasan ayat di atas, maka bisa diganti dengan puasa, dengan perbandingan setiap hari = 1 mud makanan (¾ kg beras).

Melakukan Jima (Berhubungan suami istri)

Berhubungan suami istri masuk dalam kategori pelanggaran berat, bahkan dapat membatalkan ibadah haji seseorang. Apabila pelanggaran ini dilakukan sebelum tahallul awal, bisa membatalkan haji seseorang, dan diwajibkan baginya untuk membayar dam. Selain itu, ia juga wajib meng-qadha’ hajinya di tahun berikutnya. Sedangkan apabila pelanggaran ini dilakukan setelah tahallul awal, ibadah hajinya tidak batal, namun tetap harus membayar dam.

 

Adapun dam yang harus dibayar untuk pelanggaran ini yaitu; Menyembelih satu ekor unta. Jika tidak mampu, bisa diganti dengan seekor sapi. Jika masih belum mampu juga, bisa diganti dengan 7 ekor kambing. Jika masih tidak mampu menyembelih hewan, bisa diganti dengan memberi makan fakir miskin di Mekah senilai seekor unta. Jika masih belum mampu juga, sebagai alternatif terakhir bisa diganti dengan berpuasa yang sepadan, dengan ketentuan satu hari sama dengan 1 mud.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

makanan khas ramadhan

Makanan Khas Ramadhan di Tanah Suci, Simak Baik-baik

5 November 2022 322x Haji, Kuliner, Religi, Travel, Umrah

Bulan puasa menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim karena pada bulan ini banyak pahala dan berkah di dalamnya. Selain itu, ada hal-hal yang menarik selama bulan puasa. Salah satunya adalah momen berbuka puasa yang selalu identik dengan makanan khas ramadhan yang lezat. Setiap negara memiliki menu berbuka atau takjil khas masing-masing, ta... selengkapnya

liburan ke turki saat pandemi

Liburan ke Turki Saat Pandemi

6 Januari 2021 1.136x Travel

Liburan ke Turki Saat Pandemi Hampir satu tahun Pandemi COVID-19 ini berlangsung di Indonesia. Hal tersebut tentunya membuat banyak orang bosan di rumah saja. Namun, saat ini aktivitas wisata atau traveling perlahan kembali bergerak. Sekarang sudah banyak sekali wisatawan yang “berani” untuk traveling di dalam negeri hingga ke luar negeri. Beberapa negar... selengkapnya

Vaksin Meningitis

Arab Saudi Wajibkan Lagi Vaksin Meningitis Untuk Umroh 2024

6 Juli 2024 105x Religi, Tips Haji & Umrah, Umrah

Arab Saudi Wajibkan Lagi Vaksin Meningitis Untuk Umroh 2024 Seiring dengan semakin dekatnya musim Umroh 2024, pemerintah Arab Saudi kembali memberlakukan aturan wajib vaksin meningitis bagi seluruh jamaah yang akan melaksanakan ibadah. Kebijakan ini bertujuan untuk melindungi kesehatan para jamaah dari berbagai negara yang datang ke Tanah Suci. Selain itu un... selengkapnya

Our Office

Dreamholidays.co.id
Jl.Dewi Sartika No.3 Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
E-mail : dreamholidays.co.id@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Minggu (08:00 – 22:00) WIB

PT. Kangmas Global Travelindo

Dreamholidays.co.id merupakan salah satu brand dari biro perjalanan wisata yaitu PT. Kangmas Global Travelindo.

Nomor Induk Berusaha : 9120203100972

Hubungi Kami :

Hot Line :

Admin 1 : 081230661206

Admin 2 : 081331333840

Office : 0341-3381284
email : dreamholidays.co.id@gmail.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.