Penang Hill

31 Agustus 2018 120x Malaysia

Beranda » Malaysia » Penang Hill

PENANG HILL

Negara bagian Penang di Malaysia menyimpan banyak tempat wisata. Terlebih wisata alamnya. Negara bagian yang mayoritas wilayahnya berada di Pulau Penang tersebut punya keindahan alam yang bakal membuat takjub. Dan para wisatawan yang berkunjung ke Penang, tempat yang tak boleh dilewatkan tentunya adalah Penang Hill.

Berada di dataran tinggi, membuat Penang Hill menjadi destinasi wisata yang banyak diminati di Penang. Tempat ini berada di ketinggian 735 meter di atas permukaan laut. Udara di sini pun kerap terasa sejuk. Bahkan sejak saat Malaysia diduduki oleh Kolonial Inggris, Penang Hill pun menjadi tempat favorit para pejabat.

Tidak mengherankan kalau tempat ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan asing ataupun lokal. Pada saat berada di puncak Penang Hill, bakal terasa kenyamanan dan keindahan tempat ini. Rata-rata suhu di sini berkisar di angka 20 hingga 25 derajat Celcius. Jadi sangat tepat untuk dijadikan lokasi refreshing.

Penang Hill yang juga dikenal dengan nama Bukit Bendera ini terletak di Air Itam. Lokasinya berada sekitar 6 kilometer dari pusat kota George Town yang merupakan ibukota negara bagian Penang. Karena tidak terlalu jauh dari George Town, akses transportasi yang bisa digunakan untuk menuju ke tempat ini pun tidak sulit. Bahkan bisa dibilang cukup mudah. Terdapat bus yang menghubungkan George Town dengan Air Itam.

Sebagai sebuah daerah wisata alam favorit di Penang, tempat ini pun menjanjikan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan. Aktivitas terpopuler yang biasa dilakukan oleh wisatawan saat berada di Penang Hill ini adalah penjelajahan hutan. Salah satu rute yang bisa dilalui rute yang diawali dari Botanical Garden Penang. Jalur ini mempunyai panjang sekitar 5 km. Kira-kira memakan waktu sekitar 2 atau 3 jam lah.

Namun tentu saja, kalau ingin melakukan aktivitas trekking di bukit ini, kondisi tubuh juga harus diperhatikan. Kalaupun capek, ada rest area di tengah jalur yang bisa dijadikan lokasi pemberhentian. Namun jalur trekking di sini juga bisa dikatakan tidak terlalu sulit. Karena jalurnya mudah ditengarai, jadi tidak akan tersesat di tengah hutan.

Kalau ingin cara yang lebih mudah untuk mencapai puncak Penang Hill, tentu juga ada. Terlebih bagi yang mempunyai waktu terbatas saat berkunjung ke Penang. Caranya adalah dengan menggunakan kereta yang berangkat setiap 15 menit sekali. Dengan cara ini, traveler pun bisa mencapai puncak Penang Hill dalam waktu hanya lima menit.

Jalur kereta di Penang Hill ini sudah beroperasi sejak lama. Pertama kali dibuat oleh Pemerintah Kolonial Inggris pada tahun 1923. Dan kereta yang digunakan pun telah dirombak pada tahun 2010 lalu, dan kini punya desain yang lebih modern buatan Swiss. Selain itu kereta ini telah dilengkapi AC dan mampu menampung hingga 100 penumpang sekali jalan.

Untuk tiketnya sendiri, para wisatawan asing dikenakan biaya 30 ringgit sementara anak-anak dapat diskon 50 persen. Dan selama berada di kereta, para penumpang juga tetap bisa menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan dengan puas. Terlebih lagi kereta di Penang Hill Railway ini juga tidak terlalu cepat, yakni sebesar 10 meter per detik

Kereta di Penang Hill Railway ini berangkat paling pagi pukul 6:30. Sementara untuk kereta paling malam bisa dijumpai pada pukul 23:00. Dan kereta terakhir yang diberangkatkan tentunya adalah kereta yang datang dari stasiun atas. Jadi masih cukup sempat kalau ingin menghabiskan waktu di malam hari. Terlebih untuk menyaksikan pemandangan sunset.

Sesampainya di puncak Penang Hill, pemandangan yang disuguhkan pun bakal sangat indah. Terlebih dari sini wisatawan bisa memandang area di sekitar Penang Hill. Termasuk tentunya adalah pemandangan kota George Town. Dan karena kereta paling malam berangkat dari stasiun atas pukul 23:00, maka wisatawan tetap bisa menyaksikan keindahan malam di puncak Penang Hill.

TIPS BERWISATA

  1. Jangan buang sampah sembarangan.
  2. Bawalah kamera yang bagus sebab spot fotonya bagus
  3. Bawa air minum biar praktis
  4. Jaga stamina dan tetap berhati-hati

FASILITAS

  1. Toilet
  2. Area parkir
  3. Kereta yang akan mengantar wisatawan ke puncak penang hill
  4. Masjid
  5. Kuil
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.