Beranda » Religi » Haji » Pesan Imam Malik Kepada Yang Tidak Bisa Berangkat Haji

Pesan Imam Malik Kepada Yang Tidak Bisa Berangkat Haji

Photo by Abdullah Ghatasheh: https://www.pexels.com/photo/photo-of-person-kneeling-in-front-of-a-book-2608353/

Imam Malik salah satu ulama besar menyampaikan nasihat baik kepada umat islam yang  tidak bisa naik haji tidak perlu berkecil hati dan bersedih. Banyak amalan yang bisa dilakukan dengan pahala yang ternyata setara dengan orang yang beribadah haji. Pesan Imam Malik Kepada Yang Tidak Bisa Berangkat Haji Nasihat yang disampaikannya diantaranya :

“Siapa yang tidak dapat Wuquf (berdiam) di Arafah, maka hendaklah dia Wuquf (berdiam) di batasan-batasan hukum Allah (tidak melanggarnya).”

 

“Siapa yang tak dapat bermalam di Muzdalifah, hendaklah dia bermalam dalam keadaan taat kepada Allah agar ketaatannya dapat menjadi perantara kedekatannya”

 

“Siapa yang tak dapat menyembelih kurbannya di Mina, hendaklah ia menyembelih hawa nafsunya agar tercapai munaa (cita-citanya).”

 

“Siapa yang tak dapat mencapai al-Bait (Ka’bah) karena rumahnya yang jauh, hendaklah ia menuju Rabbul Bait (pemilik Ka’bah yaitu Allah). Sebab Dia lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya sendiri.

 

Dalam kehidupan sehari- hari terdapat amalan lain yang pahalanya dinilai setara dengan ibadah haji, berikut beberapa amalan tersebut:

Berbakti Kepada Orang Tua

Rasul pernah berkata : “Bertakwalah pada Allah dengan berbuat baik pada ibumu. Jika engkau berbuat baik padanya, maka statusnya adalah seperti berhaji, berumrah dan berjihad.” (HR. Ath-Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Ausath 5/234/4463 dan Al-Baihaqi dalam Syu’ab Al-Iman 6/179/7835)

 

Berjalan menuju masjid untuk menunaikan shalat berjamaah

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, Nabi bersabda: “Barangsiapa keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci menuju sholat wajib, maka pahalanya seperti pahala orang yang berhaji. Barangsiapa keluar untuk sholat sunnah Dhuha, yang dia tidak melakukannya kecuali karena itu, maka pahalanya seperti pahala orang yang berumrah. Dan (melakukan) shalat setelah shalat lainnya, tidak melakukan perkara sia-sia antara keduanya, maka pahalanya ditulis di ‘Illiyyin (kitab catatan amal orang-orang shalih).” (HR. Abu Daud, Ahmad)

 

Menunaikan shalat Dhuha

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda:”Barangsiapa yang melaksanakan sholat Subuh secara berjamaah lalu ia duduk sambil berzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan sholat dua rakaat (Isyraq/Dhuha), maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh.” Beliau pun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.” (HR at-Tirmidzi)

 

Menghadiri Majelis Ilmu 

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, Nabi bersabda: “Siapa yang berangkat ke masjid yang ia inginkan hanyalah untuk belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, ia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna hajinya.” (HR. Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Kabir)

itulah beberapa pesan Imam Malik kepada yang tidak bisa berangkat haji serta amalan yang dapat kita kerjakan. Mudah-mudahan kita menjadi golongan orang-orang yang shalih. D an mendapatkan pahala haji dan semoga dapat berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji. Jika kalian ingin berangkat haji atau umroh, silahkan daftar di Andalus Travel Batu Malang, Gratis dan Pasti Berangkat. Atau bisa menghubungi admin kami di (Admin Andalus : +62 811-3056-4888).

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.