Beranda » Religi » Haji » Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Diperbolehkan?

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menerbitkan surat edaran tentang larangan mengambil gambar di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Surat edaran tersebut termasuk aturan tentang Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Larangan ini ditujukan kepada seluruh negara pengirim jamaah haji dan umrah. Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Setjen Kemenag Mastuki membenarkan adanya surat edaran itu. Setelah ini, Mastuki akan menyampaikan isi dari surat edaran ini kepada penyelenggara haji dan umrah di seluruh Indonesia.

 

Kedua masjid yang berada di Makkah dan Madinah ini adalah tempat suci bagi umat islam. Setiap orang yang tidak bisa mengikuti aturan yang telah dipertimbangkan terkena tuduhan pelanggaran berat. Aturan serupa diterapkan di seluruh tempat suci yang berada di Arab Saudi. 

Alasan Aturan Larangan Mengambil Gambar

Dikutip dari The Saudi Expat dari laporan resmi, pengunjung tidak boleh mengambil gambar dalam atau sekitar masjid. Petugas keamanan akan memastikan seluruh pengunjung menaati aturan yang ada. 

 

“Menurut rencana rinci, larangan itu menyiratkan ke semua tempat suci di seluruh negeri untuk menjaga kehormatan dan martabat tempat-tempat tersebut,” seperti diberitakan The Saudi Expat.

 

Bagi pengunjung yang nekat mengambil foto, selfie, dan video dianggap telah melakukan pelanggaran. Petugas keamanan tidak akan segan mengambil dan menahan ponsel, kamera, atau gadget lain yang digunakan untuk mengambil gambar. 

 

Pemerintah Arab Saudi menjelaskan alasan resmi melarang hal tersebut dikarenakan pada tahun 2017 lalu pengunjung masuk masjid suci dan mengupload fotonya di Facebook. Unggahan tersebut mendapat komentar negatif. Hal ini membuat Pemerintah Arab Saudi mencegah kejadian serupa terulang kembali dengan terus menjaga kehormatan berbagai tempat suci. 

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang.

 

“Kebanyakan jamaah saat ini menghabiskan waktu dengan ambil foto dan video daripada beribadah. Tindakan ini tak hanya tidak menghormati tempat suci tapi juga mengganggu ibadah jamaah lain,” tulis pemerintah Saudi.

Aturan Larangan Mengambil Gambar 

Aturan ini diharapkan dapat terus menjaga kehormatan dan kebesaran tiap holy site di Arab Saudi termasuk Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Langkah yang dilakukan pemerintah Arab Saudi ini banyak mendapat tanggapan positif. 

 

Mastuki menjelaskan, larangan mengambil gambar di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi sebenarnya sudah disampaikan kepada jamaah haji saat manasik. Tapi, masih ada saja jamaah yang tidak memperhatikan larangan itu.

 

“Kemenag sebenarnya sudah melakukan sosialisasi tentang larangan ini sejak tahun lalu, terutama saat manasik. Sosialisasi ini disampaikan bersamaan dengan informasi larangan-larangan lainnya yang ditetapkan Saudi, seperti membawa makanan yang menyengat, rokok, atau barang yang dilarang dalam penerbangan,” ucap Mastuki.

 

Larangan ambil foto, video, dan selfie juga dapat membantu para jamaah untuk fokus dan memahami pentingnya ibadah serta kesempatan besar yang diberikan oleh Allah SWT. 

 

Sumber:

Widiyani, Rosmha. 2021. Arab Saudi Larang Selfie, Foto, Video di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5824832/arab-saudi-larang-selfie-foto-video-di-masjidil-haram-dan-masjid-nabawi, diakses pada 01 September 2022 pukul 13.02.

https://kumparan.com/kumparannews/tak-boleh-lagi-selfie-di-masjidil-haram-dan-masjid-nabawi

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.