Beranda » Uncategorized » Shirakawago Village

Shirakawago Village

Shirakawago Village (白川郷, Desa Shirakawago) terletak di lembah Sungai Shogawa, di lembah Gunung Ryohaku. Desa ini termasuk dalam salah satu situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1995 karena nilai sejarah dan sosialnya yang sangat tinggi. Desa ini sangatlah terkenal di seluruh Jepang maupun dunia karena keindahan alamnya. Pemandangan desa tradisional khas Jepang dipadukan dengan bangunan gassho-zukurinya membuat desa ini banyak dikunjungi para wisatawan.

Desa Shirakawago dan daerah Gunung Gokayama ini sudah terdaftar di situs alam dunia UNESCO lebih dari 20 tahun. Desa ini termasuk desa kecil karena hanya dihuni oleh kurang lebih 1900 jiwa yang tinggal di rumah unik Gassho-zukuri. Perkampungan ini didominasi pegunungan dan bukit yang mencapai 96 persen hanya 0,4 persen saja yang bisa digunakan untuk bercocok tanam. Desa Shirakawago juga memegang predikat hutan salju terbesar di dunia dan tempat paling bersalju di Jepang

Arti dari Gassho-Zukuri sendiri adalah bentuk tangan yang berdoa. Rumah di desa ini memiliki atap yang tinggi dan lancip menyerupai pemuka agama budha yang sedang berdoa. Bentuk atap tersebut sangat menguntungkan pada musim dingin, karena salju langsung jatuh ke bawah tanpa memberatkan atap rumah. Rumah-rumah tersebut dibangun tanpa menggunakan paku.

Kegiatan Wisata di Shirakawago Village

Mengunjungi Rumah Gassho-Zukuri

Gassho Zukuri

Gassho Zukuri

Pada awalnya diperkirakan ada sekitar 300 rumah gassho-zukuri di Shirakawago Village, namun karena beberapa faktor sekarang hanya tersisa 114 rumah saja. Rumah tertua berusia sekitar 300 tahun dan masih ditempari hingga saat ini. Anda dapat melihat keindahan panorama desa dari atas bukit dan mencicipi hidangan khas di sana. Pada saat malam hari, anda dapat menginap di desa ini sambil melihat kegiatan warga Desa Shirakawago.

 

Terdapat rumah tertua yang dapat anda kunjungi di Shirakawago Village, yaitu Rumah Wada (Wada House). Wada House adalah rumah tradisional gassho-zukuri terbesar yang ada di desa ini. Dengan membaayar tiket seharga 300 yen, pengunjung dapat berkeliling dan melihat interior dalam dari bangunan ini.

Iluminasi Musim Dingin Shirakawago Village

Shirakawago Illumination

Shirakawago Illumination

Anda dapat melihat Shirakawago Village dari ketinggian, spot terbaiknya dalah di Shiroyama Tenshukaku Tenbodai. Letaknya ada di sebelah utara dari Wada House. Di spot tersebut pemandangan seluruh desa sangat indah, apalagi jika anda datang pada saat Iluminasi musim dingin Shirakawago.

Waktu paling tepat untuk mengunjungi Shirakawago Village adalah saat musim gugr atau musim dingin. Pada musim gugur daun pepohonan akan berunbah menjadi warna merah, menambah keasrian desa ini. Persawahan padi juga mulai menguning dan siap dipanen. Sedangakan pada musim dingin, hiasan dan lampu-lampu menghasilkan cahaya yang indah.

Pada tahun 2019, Shirakawago Illumination diadakan selama 6 kali :

  • 14 Januari
  • 20 Januari
  • 27 Januari
  • 3 Februari
  • 11 Februari
  • 17 Februari

Tertarik untuk mengunjungi Desa Shirakawago? Silahkan menghubungi kami DreamHolidays.co.id, kami menyediakan berbagai tour ke luar negeri termasuk Jepang dengan harga yang kompetitif

Tour Provider : indonesiaholiday.co.id – indonesiaholiday.id – wisata-batumalang.com – dreamholidays.co.id – batumalangtransco.com – Tourtoindonesia.com

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.