Beranda » Religi » Simak Manfaat Membaca Surah Al-kahfi di hari Jum’at
Simak Manfaat Membaca Surah Al-kahfi di hari Jum’at

Sumber: Photo by Michael Burrows: https://www.pexels.com/photo/person-holding-a-quran-7129614/

Salah satu amalan baik di hari jumat adalah membaca surah al-kahfi. Hari jumat adalah waktu yang terbaik untuk berdoa dan bermunahajat. Membaca surah al-kahfi dihari jumat merupakan amalan sunnah, surah al-kahfi mengkisahkan tentang ashabul kahfi hingga zulkarnain, yakjuj dan makjuj. Al-kahfi sendiri merupakan surah yang ke-18 dalam urutan mushaf Al-Quran dan ada pada juz 15. Surah ini pertama kali diturunkan di kota Mekkah. Surah Al-Kahfi berarti para penghuni goa. Kala itu, mereka tengah mendapatkan cobaan bertubi-tubi, seperti siksaan badan, kekurangan dari segi material, kelaparan, kehausan, disingkirkan masyarakat, diperangi dalam perdagangan dan pencarian nafkah. 

 

Membaca surat Al-Kahfi di hari jumat memang sangat dianjurkan. Waktu yang sangat pas untuk membaca surat ini adalah dikala malam jumat atau di hari jumat. rasullullah SAW dalam hadist yang diriwayatkan sejumlah sahabatnya menyebutkan beberapa keutamaan bagi orang yang membaca surat Al-Kahfi di setiap hari jumat diantaranya adalah sebagai berikut:

 

  • Mendapat pengampunan dosa

Dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa Rasulul­lah Saw. pernah bersabda: 

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka timbullah cahaya baginya dari telapak kakinya hingga ke langit yang memberikan sinar baginya kelak di hari kiamat, dan diampunilah baginya semua dosa di antara dua hari Jumat. Predikat marfu’ hadis ini masih perlu dipertimbangkan kebenarannya.

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang.

 

  • Diterangkan dengan cahaya hingga Ka’bah

Dari Abu Sa’id Al-Khudri r.a. yang telah mengatakan, “Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka diberikan cahaya baginya yang menerangi antara dia hingga Baitul’ Atiq (Ka’bah).” Demikianlah kedudukan hadis ini yang diriwayatkan secara mauquf. Hal yang sama telah diriwayatkan oleh As-Sauri.

  • Muncul cahaya hingga jumat berikutnya

Dari Abu Hasyim dengan sanad yang sama melalui hadis Abu Sa’id Al-Khudri.” Artinya: Dari Abu Sa’id, dari Nabi Saw. yang telah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka memancarlah cahaya baginya sejak mulai membacanya sampai Jumat berikutnya. Imam Hakim mengatakan bahwa sanad hadis ini sahih. 

  • Surat Al-Kahfi menjadi cahaya ketika hari kiamat

Dari Abu Hasyim bahwa Nabi SAW pernah bersabda: “Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi sebagaimana ia diturunkan, maka surat Al-Kahfi akan menjadi cahaya baginya kelak di hari kiamat. 

  • Dihindarkan dari fitnah Dajjal

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka ia dipelihara selama delapan hari dari segala fitnah; dan jika Dajjal keluar, maka ia dipelihara dari fitnahnya.” Karena itu, umat Islam dianjurkan untuk membaca Surat Al Kahfi, paling tidak 10 ayat pertama surat tersebut agar selamat dari zaman yang penuh fitnah.  

Jadi itulah manfaat dari membaca Surat Al-Kahfi di hari jumat yang mulia, sehingga jangan sampai kita melewatkan untuk membaca surat Al-kahfi di hari jumat ya.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.