Hotline 081331333840
Informasi lebih lanjut?
Home » Religi » Haji » Tempat dan Benda Sakral dalam Ibadah Haji
tempat dan benda sakral dalam ibadah haji

Sumber: Photo by Shahbaz Hussain Shah: https://www.pexels.com/photo/pilgrims-around-al-kaba-4744570/

Selain untuk beribadah haji, mengunjungi tanah suci ternyata dapat menjadi daya tarik bagi kita untuk melihat dan menyaksikan secara langsung bagaimana dan dimana tempat sakral dari ibadah haji. Berikut ini tempat dan benda sakral dalam ibadah haji:

  • Kota Makkah

Makkah adalah tanah haram, artinya haram mengambil segala sesuatu yang hidup secara alami, misalnya hewan liar, tumbuh-tumbuhan liar, dan lain-lain. 

  • Ka’bah dan Masjidil Haram

Ka’bah adalah bangunan segi empat yang berada di tengah Masjidil Haram dan dijadikan sebagai pusat peribadatan atau kiblat umat islam. Sedangkan masjidil haram adalah bangunan yang melingkari Ka’bah. Sholat di masjidil haram pahalanya lebih banyak 100 ribu kali lipat dibanding masjid lain. 

  • Padang Arafah

Padang arafah adalah tempat wukuf (rukun utama dari ibadah haji) yang terletak sebelah tenggara masjidil haram kira-kira 22 km dari sana. 

  • Hajar Aswad

Rasulullah SAW bersabda, “Hajar Aswad turun dari surga dengan warna yang lebih putih daripada susu, tapi ia menjadi hitam lantaran dosa-dosa anak Adam.” (HR At-Tirmidzi : 877)

  • Multazam

Multazam adalah sisi antara sudut Hajar Aswad dan pintu ka’bah, jaraknya sekitar 2 meter. Keutamaan dari tempat ini adalah tempat disunnahkannya berdoa dan menempelkan dada, pipi, lengan, dan kedua tangan. 

  • Kota Madinah

Madinah adalah kota tempat hijrahnya Rasulullah SAW dari Makkah. Di sinilah ibu kota negara Islam pertama yang didirikan langsung oleh Nabi Muhammad SAW. 

  • Masjid Nabawi

Masjid ketiga yang dibangun dalam sejarah Islam dan kini menjadi salah satu masjid terbesar di dunia. Masjid ini juga menjadi tempat paling suci kedua dalam agama Islam, setelah Masjidil Haram di Makkah. 

  • Sumur Zam-zam

Sumur zamzam adalah sumur yang digali oleh malaikat atas perintah Allah demi menolong Hajar yang telah berlarian sampai tujuh kali berputar-putar antara bukit Shafa dan Marwah tapi tidak juga mendapatkan air. 

  • Makam Ibrahim

Makam Ibrahim adalah tempat berdiri Nabi Ibrahmi (berbentuk sebongkah batu berpijak) sewaktu membangun ka’bah, bukan kuburannya sebagaimana dikira orang awam. Di tempat inilah Nabi Ibrahim mengumumkan kepada seluruh manusia tentang kewajiban haji. 

  • Hijr Ismail

Hijr Ismail adalah setengah lingkaran berbentuk bulan sabit yang ada dipinggir Ka’bah. Ini adalah tempat di mana Nabi Ibrahim ‘alaihis salam menempatkan istrinya Hajar dan putranya Ismail. Hijr Ismail adalah bagian dari Ka’bah, sehingga ketika Thawaf harus berada di luarnya, tidak boleh menyelanya dengan Ka’bah, karena itu berarti thawaf di dalam Ka’bah dan tidak sah hukumnya.

 

Sumber:

https://www.ihram.asia/wawasan/tempat-dan-benda-sakral-dalam-ibadah-haji

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Masjid Bersejarah dan Cara Masuk Masjidil Haram

Masjid Bersejarah dan Cara Masuk Masjidil Haram

5 September 2022 196x Haji, Religi, Tips Haji & Umrah, Umrah

Masjid Bersejarah bagi Umat Muslim Selain sebagai temoat beribadah bagi umat muslim, masjid-masjid ini menyimpan sejarah dan menjadi tempat yang disucikan bagi umat islam.  Diantaranya adalah: Masjidil Haram Masjid tertua dan tersbesar di dunia ini tidak terlepas dari sejarah pembangunan ka’bah sebagai kiblat umat islam, jauh sebelum Nabi Adam as diciptak... selengkapnya

Sapa, Vietnam: Menggali Keindahan Alam dan Budaya yang Menakjubkan

29 Maret 2024 166x Budaya, Nature, Travel, vietnam

Sapa, sebuah kota pegunungan yang terletak di Provinsi Lao Cai, Vietnam, adalah destinasi yang memukau dengan keindahan alamnya yang spektakuler dan budaya etnis yang kaya. Dikelilingi oleh pegunungan yang hijau dan sawah terasering yang menakjubkan, Sapa menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi para pelancong yang mencari petualangan dan penemu... selengkapnya

Rekomendasi Tempat Wisata

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Madinah

17 November 2022 632x Haji, Religi, Sejarah, Tips Haji & Umrah, Travel, Umrah

Ibadah umroh biasanya dilakukan di dua kota di tanah suci, yaitu Mekkah dan Madinah. Madinah sendiri saat ini baru saja ditetapkan sebagai kota paling sehat di dunia oleh WHO. Kota ini bahkan menjadi destinasi traveler bagi umat muslim yang tengah menunaikan ibadah haji dan umroh. Anda pastinya sudah tidak asing dengan Masjid Nabawi dan Masjid... selengkapnya

Our Office

Dreamholidays.co.id
Jl.Dewi Sartika No.3 Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
E-mail : dreamholidays.co.id@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Minggu (08:00 – 22:00) WIB

PT. Kangmas Global Travelindo

Dreamholidays.co.id merupakan salah satu brand dari biro perjalanan wisata yaitu PT. Kangmas Global Travelindo.

Nomor Induk Berusaha : 9120203100972

Hubungi Kami :

Hot Line :

Admin 1 : 081230661206

Admin 2 : 081331333840

Office : 0341-3381284
email : dreamholidays.co.id@gmail.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.