Beranda » Religi » Haji » Tips Menghindari Radang Tenggorokan Untuk Jamaah Haji
Tips Menghindari Radang Tenggorokan Untuk Jamaah Haji

Sumber: https://www.klikdokter.com/

Radang tenggorokan merupakan penyakit atau keluhan jamaah haji yang paling sering terjadi selama berada di tanah suci. Meskipun hal ini termasuk penyakit ringan, namun keluhan ini dapat mengurangi kualitas ibadah jamaah haji selama di Tanah Suci. Dokter spesialis telinga hidung tenggorokan (THT) yaitu dr Farida Muhammad ini menyampaikan beberapa tips menghindari radang tenggorokan in, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. 

Tips Menghindari Radang Tenggorokan Untuk Jamaah Haji

Pertama, menghindari aktivitas di ruang terbuka pada siang sampai sore hari.

Kedua, pakai masker dengan cara yang benar setiap beraktivitas.

Ketiga, sering minum air putih yang hangat dan sebisa mungkin untuk menghindari minuman dingin.

Keempat, perbanyak konsumsi buah yang berwarna.

Kelima, konsumsi vitamin yang mengandung vitamin C secara teratur.

Keenam, cuci hidung secara teratur pagi dan sore. Suhu ekstrim yang saat ini terjadi dan mengganggu fungsi normal selaput lendir mulai dari hidung hingga ke paru-paru. 

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang.

 

Solusi Pencegahan

“Dengan memakai masker maka efek yang buruk akibat paparan suhu udara yang ekstrim ini dapat sedikit dikurangi, selain itu dengan masker ini maka udara yang masuk di hidung dan selanjutnya ke tenggorokan dapat disaring baik debu, bakteri, dan virusnya,” ungkapnya. 

 

Hal ini menurutnya harus ditunjang dengan prosedur cuci hidung di mana kuman, virus, dan debu yang masuk bersama udara tersebut dapat dibersihkan dan fungsi selaput lendir yang terganggu oleh udara panas tadi dapat dipulihkan. Jangan lupa untuk selalu berdoa memohon perlindungan-Nya, kesehatan dan keberkahan-nya. 

Pengobatan Alami

Berikut ini ramuan herbal dari daun sirih untuk mengatasi radang tenggorokan adalah dengan merebus 4 sampai 5 helai daun sirih dengan 2 gelas air. Rebus hingga air tersisa setengahnya, lalu minum air rebusan tersebut secara rutin 2 sampai 3 kali sehari. 

 

Sumber: 

https://ihram.republika.co.id/berita/rdesm3430/tips-hindari-radang-tenggorokan-untuk-jamaah-haji 

Ayuni. 2021. Anda Radang Tenggorokan! Ramuan Herbal Daun Sirih Dapat Mengobatinya: Begini Cara Meramu Aman Dikonsums. https://mediapakuan.pikiran-rakyat.com/beja-ti-batur/pr-633339882/anda-radang-tenggorokan-ramuan-herbal-daun-sirih-dapat-mengobatinya-begini-cara-meramu-aman-dikonsums, diakses pada 27 Agustus 2022 pukul 11.16.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.