Bukit Shofa dan Marwa

10 Oktober 2022 53x Haji, Religi, Umrah

Beranda » Religi » Haji » Bukit Shofa dan Marwa

Bukit Shofa dan Marwa

Bukit Shafa dan Marwa

Shofa dan Marwa merupakan dua bukit yang berada di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. Tempat ini merupakan tempat dilaksanakannya ibadah sa/i dalam serangkaian ibadah haji dan umrah. Seperti yang kita ketahui, disinilah tempat dimana air zamzam pertama kali muncul. Dahulu kala, Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah SWT untuk meninggalkan anak dan istrinya sebagai bentuk ujian keimanan. Saat perbekalan mulai habis, Siti Hajar kemudian berusaha untuk mencari bentuk, dan meninggalkan bayi ismail sendirian.

Berharap untuk mendapatkan bantuan air. Siti Hajar mulai mendaki bukit Shafa untuk melihat keadaan sekitar apakah terdapat bantuan. Namun nyatanya ia tidak menemukan apapun di sana. Akhirnya ia turun kembali dan pindah ke Bukit Marwah untuk melihat tempat yang lebih luas. Akan tetapi Siti Hajar tidak menemukan apa-apa sehingga ia terus bolak-balik dari Bukit Shofa ke Bukit Marwah sampai 7 kali. Ketika ia kembali ke tempat bayi Ismail, ia melihat sudah ada air di bawa telapak kaki bayi ismail yang sedang menangis.

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang.

 

Munculnya Sumur Zam-Zam

Umat muslim percaya bahwa pada saat itu Allah telah mengutus malaikat Jibril untuk memunculkan air di sana. Pada saat melihat air tersebut muncul Siti Hajar menampung air tersebut di dalam pasir sambil berkata “berkumpullah, berkumpullah” yang jika dalam bahasa Arab disebut “Zam Zam”. Ucapan tersebut diucapkan secara berulang-ulang oleh Siti Hajar saat sedang berupaya mengumpulkan air tersebut. Daerah munculnya air tersebut kemudian berubah menjadi sumur serta dijadikan sebagai tempat beristirahat bagi para khalifah, dan seiring perkembangan zaman tempat tersebut berubah menjadi kota Mekkah. 

Bukit Tempat Melaksankan Sa’i

Di bukit Shofa dan Marwa inilah tempat ibadah Sa’i dilaksanakan. Sa’i sendiri secara bahasa memiliki arti berjuang atau berusaha. Namun Sa’i dapat pula dimaknai sebagai perjuangan hidup yang dilakukan untuk keluarga ataupun masyarakat. Sa’i memiliki makna bahwa dalam menjalani hidup kita harus senantiasa pantang menyerah serta tidak putus asa. Hidup haruslah dijalani dengan penuh tawakal, kesabaran, serta ketaqwaan terhadap Allah SWT. 

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi, pendaftaran dan informasi mengenai haji dan umrah dapat mengunjungi Andalus Travel Batu Malang. Selain haji dan Umrah dreamholidays.co.id juga menyediakan beberapa paket Tour Luar Negeri:

Tunggu apa lagi amankan seat akhir tahunmu bersama dreamholidays.co.id sekarang juga!.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.