Beranda » Religi » Haji » Jenis-Jenis Kurma Asli Tanah Suci

Jenis-Jenis Kurma Asli Tanah Suci

Kurma merupakan salah satu buah yang cukup populer di Arab Saudi. Saat bulan Ramadhan, buah ini menjadi sangat populer hingga tersebar di seluruh belahan dunia. Kurma ada beragam jenisnya. Namun, hanya ada beberapa kurma yang cukup terkenal di Arab Saudi. Berikut ini daftar jenis-jenis kurma asli Tanah Suci diantaranya adalah:

  • Kurma Ajwa

Kurma ajwa atau kurma Madinah adalah kurma yang paling terkenal di Arab Saudi. Kurma ini berwarna gelap, memiliki tekstur yang lembut dan kering, rasanya juga manis. Tak hanya enak, kurma ajwa juga dipercaya bisa melawan beberapa jenis penyakit. 

  • Kurma Khalasah

Kurma ini banyak tumbuh di Huffuf dan Qatif bagian Timur Arab Saudi. Tingkat kemanisan yang pas di lidah membuat kurma ini banyak disukai. 

  • Kurma Sukkari

Kurma Sukkari dibudidayakan di wilayah Al Qaseem. Kurma ini memiliki tekstur yang renyah dan rasanya benar-benar manis. Manfaat yang didapatkan adalah dapat menurunkan kolesterol, mencegah kerusakan gigi, dan sangat bergizi, serta menghilangkan kelelahan. 

  • Kurma Anbara

Kurma Anbara cukup terkenal. Orang suka dengan kurma ini karena bijinya yang kecil dan berdaging tebal. Kurma ini berwarna coklat. Rasa manisnya tidak terlalu kuat, jadi sangat cocok untuk yang tidak terlalu suka manis. Kurma ini juga mengandung protein yang tinggi. 

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi dan pendaftaran kunjungi Andalus Travel Batu Malang.

 

  • Kurma Safawi

Kurma ini dibudidayakan di Madinah. Kurma Safawi berwarna hitam dan bertekstur lembut. Kurma ini berdaging tebal dan rasanya manis. Dan mengandung banyak mineral yang baik untuk tubuh. Serta juga dapat melawan cacing perut yang jahat, jika dikonsumsi saat perut kosong. 

  • Kurma Barhi

Kurma ini berwarna coklat kekuningan. Teksturnya renyah dan rasanya manis. Kurma matang rasanya seperti karamel dan gula merah. Kurma jenis ini biasanya dijual dengan batang yang masih menempel. Kurma ini merupakan kurma musiman, dapat dibekukan dan disimpan selama berbulan-bulan. 

  • Kurma Saghai

Kurma Saghai biasanya dibudidayakan di wilayah Riyadh. Kurma ini memiliki tekstur yang renyah dan berwarna kuning keemasan hingga kecoklatan. Bagian luar kurma ini memang selalu tampak kusut tapi tidak mengelupas, namun rasanya tetap enak. 

  • Kurma Khudri

Kurma khudri merupakan kurma terbaik yang sering di ekspor. Kurma ini kulitnya keriput baik besar maupun kecil, berwarna coklat gelap, kering dan rasanya manis. Kurma ini bisa ditemui di Indonesia. 

  • Kurma Zahidi

Kurma zahidi biasanya berwarna emas dan berbentuk oval. Kulitnya cukup tebal dengan tekstur yang kering. Namun, kurma ini mengandung serat yang cukup tinggi. Kurma ini kurang manis, sangat cocok untuk yang kurang suka manis. Kurma ini juga memiliki rasa pedas. 

  • Kurma Kholas

Kurma ini memiliki kulit longgar. Kurma ini memiliki rasa karamel ketika matang. Teksturnya lengket ketika segar dan biasanya dikonsumsi dengan kopi Arab. Berasal dari Al-qassem dan al-kharj wilayah negara Arab Saudi. 

  • Kurma Medjool

Kurma medjool sering disebut ratunya kurma karena ukurannya besar. Rasanya juga kuat dan teksturnya lembut. Kurma ini biasanya dijadikan salah satu bahan untuk membuat smoothie. 

Sumber:

Widiana, Willa. 2018. 10 Jenis Kurma yang Terkenal di Arab Saudi, Pernah Mencicipinya?. https://bobo.grid.id/read/08707028/10-jenis-kurma-yang-terkenal-di-arab-saudi-pernah-mencicipinya?page=all, diakses pada 26 Agustus 2022 pukul 13.12. 

https://www.ihram.asia/wawasan/jenis-jenis-kurma-asli-tanah-suci

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.