Sungai Amazon

14 Januari 2020 41x Amerika

Beranda » Amerika » Sungai Amazon

Sungai Amazon

Sungai Amazon adalah sungai yang terpanjang kedua di Dunia setelah Sungai Nill yang berada di Afrika. Sungai yang terletak di Amerika Selatan ini memiliki total aliran terbesar di dunia, aliran yang ada di sungai ini melebihi Aliran Sungai Mississippi, Nill, dan Yangtze digabungkan. Sungai Nill memang yang memiliki gelar terpanjang di dunia, tetapi sungai ini merupakan sungai terkuat dikarenakan jumlah air yang mengalir tiap detiknya mencapai 175.000 m3/detik, bisa mencapai 184.000 m3/detik pada saat musim hujan.

Sungai utamanya mempunyai lebar mulai 1 mil – 6 mil, sehingga dapat dilalui oleh kapal uap sampai ke Kota Manau. Sedangkan untuk kapal kecil bisa mencapai ke Kota Iquitos yang berjarak 3.700 km dari laut. Sungai yang memiliki hulu di Pegunungan Andes ini menampung 1/3 hingga 1/5 jumlah air tawar yang masuk ke laut di seluruh dunia.

Fakta Unik

Hal yang mengejutkan dari sungai terpanjang ke 2 ini adalah sungai ini memiliki sungai kembar yang mengalir di dasar sungainya. Tahun 2011 lalu, para ilmuwan dari India mengonfirmasi adanya Sungai Amazon bawah tanah. Sungai kembar tersebut dinamakan The Hamzah oleh para ilmuwan India itu. The Hamzah mengalir sepanjang 4 km dan hanya memiliki 1/34 volume air dari Sungai yang ada diatasnya. Tetapi perhitungan itu tidak dipercaya karena masyarakat meyakini bahwa The Hamzah 4 kali lebih lebar dari Sungai Amazon. Selain itu sungai ini memiliki anak sungai yang jumlahnya sekitar 1.100 anak sungai. Dari anak sungai tersebut, sekitar 17 anak sungai memiliki panjang 1.500 km.

Seperti halnya Sungai Nill, Sungai Amazon ini juga terkenal dengan keberagaman hayatinya. Sungai tersebut menjadi rumah bagi lebih dari 2.000 spesies ikan dan lebiih dari 400 amfibi. Selain spesies ikan, di sungai ini juga terdapat satwa-satwa liar yang unik seperti Ikan Piranha, Boto (Lumba-lumba sungai), Sloth, dan sejumlah burung yang tak terhitung jumlanya seperti macaw, toucans, dll.

Di Indonesia sendiri memiliki “Amazon” nya sendiri yang berada di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur yaitu Sungai Maron. Sungai Maron memiliki karakteristik yang sangat mirip Sungai Amazon dengan hutan hijau yang mengelilingi pinggiran sungai tersebut.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.