Hotline 081331333840
Informasi lebih lanjut?
Home » Religi » Haji » Tokoh Indonesia yang Dimakamkan Di Tanah Suci

“…Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bagian bumi mana dia akan meninggal…” (QS. Luqman : 34)

 

Sangat beruntung bagi seorang hamba yang Allah takdirkan meninggal dunia di Tanah Haram (Makkah dan Madinah). Karena begitu banyak keutamaan Tanah Haram ini, mulai dari berlipat gandanya pahala yang diberikan setiap kita shalat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, hingga Tanah Haram ini akan dijaga Allah dari fitnah Dajjal dan lain-lain. Ada beberapa Tokoh Indonesia yang Dimakamkan Di Tanah Suci.

 

Bagi jamaah haji dan umrah yang meninggal dunia ketika melaksanakan ibadah di Tanah Haram, maka akan dimakamkan di Makkah atau Madinah. Pemerintah Saudi Arabia tidak akan memulangkan jenazah ke negara asalnya ini sebagai bentuk penghargaan kepada para tamu Allah yang meninggal dunia di sana.

 

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang berangkat menunaikan ibadah haji dan mati (di tengah jalan), maka ia akan mendapat pahala haji terus sampai hari kiamat. Barangsiapa berangkat umrah dan mati (di tengah jalan), maka ia akan mendapat pahala umrah sampai hari kiamat. Barangsiapa berangkat berperang di jalan Allah dan mati, maka dia akan mendapat pahala jihad terus sampai hari kiamat.” (HR. Abu Ya’la).

 

Ada beberapa tempat di mana jamaah yang meninggal dunia akan dimakamkan:

  • Soraya (Makkah)

Komplek pemakaman ini berada di pinggiran kota Makkah, sekitar 4 km ke arah Masjid Ja’ronah atau sekitar 20 km utara Makkah. Luasnya sekitar 4 ha persegi dan hanya dikhususkan untuk peruntukkan bagi jenazah asing yang melaksanakan haji dan umrah.

  • Pemakaman Baqi (Madinah)

Pemakaman Baqi ini awalnya bernama Baqi’ Al Gharqad. Berada di sebelah tenggara Masjid Nabawi, Madinah. Pemakaman ini diperuntukkan bagi penduduk Madinah dan jamaah haji atau umrah yang meninggal dunia di Madinah. 

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi dan pendaftaran kunjungi Andalus Travel Batu Malang.

 

Berikut tokoh-tokoh Indonesia yang dimakamkan di Tanah Suci, diantaranya adalah:

Syekh Junaid Al-Betawi

Lahir di Pekojan, Jawa Barat. Hingga akhir hayatnya menjadi guru dan imam di Masjidil Haram, Makkah.

Syekh Nawawi Al-Jawi Al-Bantani

Berasal dari Tanara, Serang. Dimakamkan di Jannatul Mu’alla, sebelah utara Masjidil Haram, Makkah. Jasad beliau utuh ketika pihak pemakaman membongkar dan akan memindahkannya. Akhirnya Pemerintah memutuskan untuk mengubur kembali seperti sediakala. 

Syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi Rahimahullah

Seorag ulama kelahiran Sumatera Barat di Koto Tuo – Agam. Beliau adalah orang Indonesia ketiga yang pernah menjadi Imam Masjidil  Haram. Beliau wafat pada 9 Jumadil Awaltahun 1334 H di Makkah, Saudi Arabia.

Bung Tomo 

Beliau wafat pada saat melaksanakan ibadah haji di Arafah, Arab Saudi pada 7 Oktober 1981. Jenazah beliau pernah dimakamkan di Makkah. Kemudian jenazah beliau dipulangkan ke Indonesia, karena lobi antar pemerintah Indonesia dan Saudi.

 

Sumber:

https://www.ihram.asia/wawasan/dimanakah-jamaah-indonesia-dimakamkan-di-tanah-suci

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Gyeongbok Palace

Gyeongbok Palace

17 Agustus 2019 910x Creative, Korea, Photography

Gyeongbok Palace Gyeongbok Palace (경복궁) adalah sebuah istana yang terletak di sebelah utara Kota Seoul, Korea Selatan. Istana ini termasuk dari lima istana besar dan merupakan yang terbesar yang dibangun oleh Dinasti Joseon. Istana ini juga menjadi simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea. Istana Gyeongbok ini dibangun pada tahun 1395 dan digunakan... selengkapnya

Tips Mengatasi Luka dan Kelelahan Otot Untuk Jamaah Haji

16 September 2022 220x Haji, Religi, Tips Haji & Umrah, Umrah

  Muslim dari seluruh dunia pergi ke Makkah setiap tahun untuk melakukan ibadah haji, salah satunya adalah rukun islam. Setiap muslim dewasa berbadan sehat yang mampu secara finansial membawa perjalanan harus melakukan haji setidaknya sekali seumur hidup. Ratusan ribu jamaah haji sedang mempersiapkan perjalanan haji seumur hidup, untuk menghindari penya... selengkapnya

Arashiyama

Arashiyama

1 Agustus 2019 820x Creative, Ecommerce, Jepang, Photography, Travel

Arashiyama Arashiyama (嵐山) adalah distrik wisata yang terkenal di pinggiran barat Kyoto. Kota Arashiyama ini sering muncul di di acara televisi atau artikel perjalanan. Menurut sejarah daerah ini sudah ada sejak abad ke-8. Penduduk Arashiyama membuka hutan-hutan bambu di tempat ini dan menjadikannya sebagai sawah dan ladang. Kota ini memiliki pemandangan... selengkapnya

Our Office

Dreamholidays.co.id
Jl.Dewi Sartika No.3 Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
E-mail : dreamholidays.co.id@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Minggu (08:00 – 22:00) WIB

PT. Kangmas Global Travelindo

Dreamholidays.co.id merupakan salah satu brand dari biro perjalanan wisata yaitu PT. Kangmas Global Travelindo.

Nomor Induk Berusaha : 9120203100972

Hubungi Kami :

Hot Line :

Admin 1 : 081230661206

Admin 2 : 081331333840

Office : 0341-3381284
email : dreamholidays.co.id@gmail.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.