Hotline 081331333840
Informasi lebih lanjut?

Keistimewaan Hajar Aswad

1 September 2022 101x Haji, Religi, Umrah

Home » Religi » Haji » Keistimewaan Hajar Aswad
Keistimewaan Hajar Aswad

Sumber: https://www.flickr.com/photos/vmwabe/38573476276

Pemerintah Arab Saudi telah merilis foto terbaru Hajar Aswad atau black stone di Ka’bah, Makkah. Ada beberapa keistimewaan dari Hajar Aswad. Hajar Aswad adalah batu mulia yang berasal dari surga. Nama Hajar Aswad berasal dari bahasa Arab al-Hajaru al-Aswad. Secara harfiah, Hajar berarti batu dan Aswad berarti hitam. Berikut ini merupakan keistimewaan Hajar Aswad:

  • Batu dari surga

Hajar Aswad dibawa dari surga oleh Malaikat Jibril atas perintah Allah SWT. Ketika itu, Allah memerintahkan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS untuk membangun tempat ibadah pertama di dunia. Di bumi, Malaikat Jibril memberikan batu tersebut kepada Nabi Ismail AS dan diletakkan oleh Nabi Ibrahim AS di sudut Ka’bah bagian timur laut. Hajar Aswad disebut sebagai batu paling mulia di dunia karena berasal dari surga. 

  • Berwarna putih dan semakin menghitam

Hajar Aswad semula berwarna putih bersih dan bersinar, tetapi batu ini menjadi semakin hitam karena dosa-dosa manusia. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi. 

“Batu hitam turun dari surga dan itu lebih putih dari susu, tetapi dosa anak-anak Adam mengubahnya menjadi hitam,” (HR Tirmidzi).

 

Paket Umrah Murah Andalus Travel Batu Malang, Konsultasi dan pendaftaran kunjungi Andalus Travel Batu Malang.

 

  • Sunah Rasul mencium Hajar Aswad

Mencium Hajar Aswad merupakan salah satu sunnah Rasul. Nabi Muhammad SAW pernah memberi contoh untuk mencium batu tersebut. Hal ini sesuai dengan cerita dari Umar bin Khattab yang ada dalam hadits riwayat Bukhari. 

“Sungguh, aku tahu, kamu hanya batu. Tidak bisa memberi manfaat atau bahaya apa pun. Andai saja aku ini tak pernah sekalipun melihat Rasulullah SAW menciummu, aku pun enggan menciummu,” (HR Bukhari).

  • Hajar Aswad seolah-olah tangan Allah di bumi

Mengutip dari situs Nahdhlatul Ulama, diriwayatkan Abu Ubaid, Rasulullah mengibaratkan Hajar Aswad sebagai tangan Allah di bumi. Mengusap Hajar Aswad ibarat sedang bersalaman dengan Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadits riwayat Ibnu Majah. 

“Barangsiapa bersalaman dengannya (Hajar Aswad), seolah-olah ia sedang bersalaman dengan Allah yang Maha Pengasih,” HR Ibnu Majah. 

  • Hajar Aswad menjadi saksi di hari kiamat

Allah SWT akan membangkitkan Hajar Aswad di hari Kiamat dam menjadi saksi bagi umat manusia. Hal ini sesuai dengan keterangan Ibnu Abbas RA atas sabda Rasulullah SAW yaitu:

“Demi Alllah, Allah akan mengutus batu tersebut pada hari kiamat dan ia memiliki dua mata yang bisa melihat, memiliki lisan yang bisa berbicara, dan akan menjadi saksi bagi siapa yang benar-benar menyentuhnya.   

 

Sumber:

Prayitno, Niken Ari. 2021. Arab Saudi Rilis Foto Hajar Aswad, Ini Sejarah dan Keistimewaannya. https://www.popbela.com/lifestyle/travel/niken-ari/foto-hajar-aswad-ini-sejarah-dan-keistimewaannya/4, diakses pada 23 Agustus 2022 pukul 11.30.

CNN Indonesia. 2021. 5 Keistimewaan Hajar Aswad, Batu Mulia dari Surga. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210505163926-284-638997/5-keistimewaan-hajar-aswad-batu-mulia-dari-surga/2, diakses pada 23 Agustus 2022 pukul 11.35. 

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Sydney Opera House

Sydney Opera House

21 Agustus 2019 754x Australia, Creative, Photography

Sydney Opera House Sydney Opera House adalah salah satu bangunan abad ke-20 yang paling unik dan terkenal. Gedung ini terletak di Bennelong Point di Sydney Harbour dan dekat dengan Sydney Harbour Bridge. Pemandangan dari kedua landmark tersebut menjadi ikon tersendiri bagi Australia. Mulai dari gaya arsitektur, bangunan ini dikenal unik karena menyerupai can... selengkapnya

Sinheungsa Temple

Sinheungsa Temple

16 Agustus 2019 600x Creative, Korea, Photography, Travel

Sinheungsa Temple Sinheungsa Temple (신흥사) terletak di Seoraksan National Park dan juga berada di jalur penanjakan untuk turis ke puncak Ulsanbawi. Tidak jarang para turis mampir ke kuil ini untuk beristirahat sebentar. Sinheungsa Temple diperkirakan didirikan oleh Master Jajang-yulsa. Ada banyak versi kapan kuil ini dibangun, ada yang percaya kuil ini... selengkapnya

Pullman ZamZam Makkah

Pullman ZamZam Makkah

21 September 2022 305x Haji, Religi, Umrah

Pullman ZamZam Makkah Pullman ZamZam Makkah merupakan salah satu hotel di kota Makkah yang bangunannya berdiri di sekitar kawasan masjidil haram. Jarak hotel ini ke Masjid suci hanya beberapa meter saja. Kamar dan suite yang ditawarkan untuk para tamu juga sangat mewah. Jarak hotel ini ke masjidil haram hanya sekitar 100 meter. sehingga sangat memudahkan... selengkapnya

Our Office

Dreamholidays.co.id
Jl.Dewi Sartika No.3 Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia
E-mail : dreamholidays.co.id@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Minggu (08:00 – 22:00) WIB

PT. Kangmas Global Travelindo

Dreamholidays.co.id merupakan salah satu brand dari biro perjalanan wisata yaitu PT. Kangmas Global Travelindo.

Nomor Induk Berusaha : 9120203100972

Hubungi Kami :

Hot Line :

Admin 1 : 081230661206

Admin 2 : 081331333840

Office : 0341-3381284
email : dreamholidays.co.id@gmail.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.